Friday, April 17, 2009

KEHEBATAN WAKTU

Tanpa sengaja saya menemukan catatan lama saat sedang membereskan kamar, diantara tumpukan buku-buku lama. Catatan yang tidak pernah terpikir akan saya temukan saat itu. Benar-benar sudah lama tidak lagi saya gunakan untuk menjejakkan apa saja yang ada dalam pikiran. Catatan yang ada mulai saya tengah menjalani bimbingan belajar praSPMB, turut serta ketika kuliah semester satu sekaligus merangkap catatan dimana uneg-uneg saya berjejak.

Saya baru sadar ketika membuka-buka halamannya bahwa saya tidak hanya menuliskan pikiran saya disitu, tapi juga perasaan. Bukti-bukti valid jika waktu itu saya sedang terjebak dalam kegilaan parah. Mendapati tapak-tapak kaki sisa masa lalu. Rasa yang bulat satu serta ceceran kekaguman yang tak hanya sepercik. Saya tertawa sendiri membacanya (tanda-tanda idiot ringan). Oh ya ampun, itu tentang saya… dia,dia dan dia.

Saya merasa begitu aneh membaca apa saja yang telah saya tulis dan lama tidak dibaca. Betapa waktu bisa menyembuhkan luka, betapa waktu bisa merubah segala. Betapa semuanya indah pada akhirnya, ketika kita menengok ke belakang dan mendapati diri kita sudah jadi satu sosok yang berbeda. Lebih…lebih bisa mengerti dan memahami makna.

Saya ingat bagaimana saya sering terbangun dan menangis pada malam gelap, lelah menyapu ingus dan air mata yang berleleran jadi satu. Bingung meredakan rasa sakit yang membuncah dan menyebar pecah di seluruh serat tubuh. Karena dia….

Membayangkan apa salah saya sepanjang waktu, sepanjang hari. Merusak hari-hari saya yang seharusnya indah. Membuat mendung selalu tak henti bernaung diatas kepala saya.

Dan sekarang, saya bisa dengan entengnya melihat dia dan menyapa dengan wajar seperti : “oh hai…! Kamu toh ternyata?” sambil ketawa tanpa beban.

Pernah, ketika sedang membagi rasa dengan salah seorang teman… tentang betapa saya tidak melihat salah seorang mantan tidak sama seperti dulu lagi, saat saya berkubang dalam kebodohan berkelanjutan. Teman saya tertawa sambil bilang, “tuh kan… dulu kamu bilang mission impossible akan bisa meninggalkan perasaan-perasaan bodoh itu. Sekarang apa?” dan saya menanggapinya dengan cengiran lebar.

Saya kagum, oleh waktu yang telah berhasil merubah saya. Yang telah berhasil merubah perasaan saya. segala kesakitan tentang melupakan dan dilupakan memang tidak mudah untuk dilewati. Namun seperti biasa, waktu akan mampu menyembuhkan dan menambali luka yang pernah muncul. Memang akan ada bekas yang bisa kita rasa. Tapi, dengan bekas yang terasa itu…. Tidakkah kita melihat segala hal yang kita miliki dengan ‘sembuh’ akan lebih indah?


P.S. award dari mba ana. makasih mba... ini aku pasang :)

11 comments:

  1. bener sekali, dulu sedih karena CINTA, eh sekarang jadi menertawai kebodohan saya di masa lalu. Yang kayak gituh kok disedihi.
    Kata temen saya : Positive thinking, Tuhan tau yang terbaik. Itu mujarab lho.

    BTW awardnya bukan yang itu lho hehehe , awardnya yang warna biru :D

    ReplyDelete
  2. waktu memang mampu merubah...
    ketika waktu berlalu dalam hitungan detik, menit, jam, hari, kadang perubahan itu tidak terlalu kita rasakan...padahal tetep ada yang berubah...

    ketika waktu menginjak bulan, tahun, maka akumulasi perubahan baru terasa....

    btw, bagus deh award dah di pasang... yang dipasang itu aja juga gpp... hehehehe

    ReplyDelete
  3. yak, betul. waktu bisa merubah segalanya, dan itu seperti jalan hidup, seakan semuanya sudah diatur untuk dijauhkan

    tpi masa waktu belum terlewati itu benar benar menyebalkan >.<

    ReplyDelete
  4. ayo posting yang banyak....

    ReplyDelete
  5. time is the best healing. I've been there, sis. And now, i'm just fine :)

    ReplyDelete
  6. waktu memang tidak bisa kita halangi. dia datang dan pergi secepat kedipan mata. tak terasa tapi dia sungguh ada.

    ReplyDelete
  7. memang waktu adalah penyembuh yang paling mujarab.

    ReplyDelete
  8. biar gak buang waktu, aku kasih kabar nih. ada award utkmu. cek AWARD ELEGAN DARI RENI.

    ReplyDelete
  9. Waktu emang bgitu kak, kadang ada saatnya kita terlena oleh waktu, kadang kita menyesali waktu yang berlalu begitu cepat atau berlalu lambat, hehehehehehe........

    Nah, kan kakak sering mampir ke blog yang pertama, sekarang mampir ke blog yang satunya: skylinespictureblog.blogspot.com . Isinya foto2 waktu saya ke Klaten (ga sempet mampir ke jogja nie, hahahahahahaha.......)..

    Jangan lupa ninggalin komen ya!!!!!

    ReplyDelete
  10. selamat hari kartini nyiin... semoga kamu bertambah kuat dan perkasa seperti dia...

    ReplyDelete
  11. tak terasa waktu cepat berlalu begitu saja
    biarlah sang waku memikirkan..hehehe nyambung gk sehh

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar tanpa link hidup ya... Komentar dengan link hidup akan dihapus :)

Previous Page Next Page Home