Sunday, January 3, 2010

TIDUR


Tidur bagi saya adalah mekanisme pelampiasan marah, sedih, dan berbagai macam emosi lain.

Ketika saya sedang bersedih, kenyataannya menangis tidak terlalu banyak membantu untuk melampiaskan kesedihan. Setelah menangis dan membuat satu PR tambahan menjemur bantal dan mencuci sarung bantalnya, saya masih tetap merasa kacau dan berantakan. Di dalam maupun di luar.


Begitu juga dengan saat saya marah, mungkin pada seseorang. Kalau saya mengungkapkan marah saya dengan ngomel berbagai macam ke orangnya, telepon atau sms marah-marah hal ini juga tidak akan banyak membantu menyelesaikan masalah. Seringkali rasa marah yang berlebihan malah berujung ke rasa malu.

"Ngapain sih saya tadi bilang begitu sama dia? Ya ampunn.. kemana otak saya saat mengucapkan atau mengetik semua kemarahan itu? Bisa-bisanya.. berbuat bodoh begitu,"

Pernah ngga teman Blogger merasa seperti itu setelah melampiaskan kekesalan pada seseorang, dan baru memikirkan ulang serta menyesali apa saja yang barusan diucapkan setelah marahnya reda?

Karena itu saya berusaha mengalihkan semua perasaan negatif itu dengan tidur. Kalau saya sedih, marah.. setelah melampiaskan kekesalan sendirian.. saya akan menahan diri untuk tidak dulu langsung membuat orang tersebut tahu apa yang saya rasakan, dan yang dia lakukan sangat membuat saya tidak nyaman.

Tidur.

Ya, saya akan tidur. Tergantung seberapa banyak rasa kesal dan sedih yang saya derita, segitulah jam tidur yang saya rasa cukup untuk meredam semuanya. Ketika bangun, entah kenapa saya selalu merasa membaik banyak. Pulih banyak dari rasa marah, atau sedih. Dan yang timbul tinggal pikiran : Ah, tadi itu ngapain sih saya semarah itu? Sesedih itu? Kan keadaan juga ngga segitu parahnya..

Setelah pikiran saya lebih jernih seperti itu, saya baru memikirkan cara terbaik untuk memberi tahu orang yang membuat saya kesal itu. Dengan cara yang netral, yang mungkin akan membuat dia minta maaf, dan saya juga langsung siap memaafkan.

Pernah ketika sedih sekali akan suatu hal, saya tidur berjam-jam di hari libur. Dimulai ketika tidur malam hari sampai nyaris tengah hari, cuma kepotong waktu Shubuh. Entah bagaimana, tapi tidur selalu berhasil membuat pikiran saya lebih jernih dari berbagai macam emosi yang mengontaminasi untuk saya bisa merasakan hal-hal negatif.

Sekalian posting award dari Rizki, Kang Sugeng dan Mas Aulawi.. MAKASIH BANYAK YA! Maaf telat banget nge-postnya.. dari tahun lalu juga huhuhu..

48 comments:

  1. pernah banget nin..
    memang klo lagi marah yg ada bawaannya emosi, so yg keluar dari mulut itu bukan dari akal sehat tapi dari semua emosi..so' pas agak tenang n dipikir2 lagi..ternyata malu2in bgt ya sikap aku..hohoho..

    ^_^

    n than tidur memang obat paling ampuh..kalo bisa sih, abis bangun aku pinginnya kejadian yg menimpa itu terkubur bersama mimpi..^_^

    ReplyDelete
  2. wakakakkak. emang bener banget tuh!!
    kalo marah, kenyang, emosi, sedih kalo dbawa tidur pasti ilang semua dah! canggih banget tuh!

    ReplyDelete
  3. bener, Nyin
    kalo marah dan maki" orang malah ngerasa malu sendiri. tapi kalo aku mgkn bukan dengan tidur, melainkan menyendiri dan denger lagu lalu nyanyi"
    tapi apa pun caranya, yg penting berhasil ngeredem emosi kan? hehehehe

    ReplyDelete
  4. wah,tp kadang2 kalo lg emosi jiwa trus dibawa tidur...tidurnya malah jadi ngos-ngosan :))

    ReplyDelete
  5. yawda,,,mari kita tidur...
    udah malem juga...
    hehehehehe

    ReplyDelete
  6. Kali ini saya dapat nasehat dari non anyin, tapi tidurnya jangan lama-lama!

    Enakkan saya kalau lagi marah, diam dan cuek lingkungan, membuat lingkungan saya pada salah tingkah!

    ReplyDelete
  7. wah kalo saya lagi marah ato emosi malah kagak bisa tidur tuh nyin!?!?!!?

    tapi saya juga bukan tipikal orang yg bisa meledak didepan orang (sampai saat ini belum pernah)...........

    ReplyDelete
  8. kalo saya malah gak bisa tidur tuh kalo lagi sebel ato bete.

    btw, selamat utk awardnya ya.

    ReplyDelete
  9. wah nanti kalau dah married, pas marahan ma suami ditinggal tidur dong, bisa kelayapan tuh suaminya hihihihi, btw tq dah dipajang kadoku :)

    ReplyDelete
  10. WOW.....AQ JUGA DAPET AWARD YANG ITU...BTW KLO KM MARAHNYA BUANGET BUANGET.....TYUS KAMU TIDURNYA JUGA GA BANGUN2 DONG??????

    ReplyDelete
  11. hahaha... lha wong lagi nggrundel koq malah dipake tidur, apa ndak malah tambah pusing Nin?

    Makasih ya udah pajang award dari saya.

    ReplyDelete
  12. saya bisa tidur dalam kondisi apapun,,
    kecuali pas mrogram di kantor,hahaha.

    dalam kondisi bt-pun bisa tidur,
    sayang pas bangun rasanya tetep ga enak,,kikikiki

    *salam kenal yah*

    ReplyDelete
  13. wah... solusinya bisa dipraktekin juga nih mbak.... thanks banget...

    ReplyDelete
  14. Hebat ya ngatasi stress dgn tidur, eh iya blog olahan minorya mana

    ReplyDelete
  15. saat marah emang kita sering lepas kontrol. Nomong-ngomong sekarang berjilbab nih. Keren.

    ReplyDelete
  16. O ya Met tahun baru ya ? (sory terlambat)
    Coz inet yang udah lemot sekarang ditambah kompinya rusak lagi. Hiks...

    ReplyDelete
  17. salam sobat
    benar mba ANIN,,dengan tidur bisa melupakan semua yang bikin stress,
    selamat atas AWARDnya.

    ReplyDelete
  18. wkwkwkwkwkwk
    bener bngt kk :ok
    tdr adalah solusi terakhir dan terbaik buat menyelesaikan mslh yg pelik

    selamatnya kk atas awardnya :B)

    ReplyDelete
  19. tidur bukan sekedar kebutuhan badan yang untuk melepaskan rasa penat dan rasa capek yang menggerogoti semua badan. akan tetapi tidur juga menjadi senjata ampuh untuk tatap semangat melakukan hal-hal bermanfaat lainnya di masa yang akan dihadapi

    ReplyDelete
  20. :# bagus juga tuh kalo tidur adalah pelampiasan hehehe

    ReplyDelete
  21. Aneh juga ya, kamu ... hihi ... tidur bisa jadi obat mujarab.
    BTW selamat atas awardnya, ya. Jadi inget utang posting award nih

    ReplyDelete
  22. Tidur juga mencegah perbuatan keji dan munkar...

    kalau saja para penjahat doyan tidur kayak anyin,, pasti sepi kriminal...
    hehehehe

    bukan begitu..??
    */lemparin phonank dengan bata...!!/*
    huehuehuehuehueue

    ReplyDelete
  23. Phonank beda lagi..

    klo lagi kesal, sebel...
    palinagn manyun depa cermin ...

    ngliatin diri sendiri, betapa ancurnya nih muka klo lagi BETE,, wkwkwkwkw...
    Bete gak bete sama ancurnya padahal,, hueheuheuheuehu

    ReplyDelete
  24. wheeheh
    cerminan orang pemalas...
    melampiasakan dengan tiduuur

    (aku juga kog :D)

    ReplyDelete
  25. bener bangeeet... :ok
    zZzt... ZzZ... zZZzz.... (tidur)

    ReplyDelete
  26. benar sekali..bahkan dalam islam pun... kita juga disarankan untuk begitu. kalo kamu sedang marah dalam keadaan berdiri, maka duduklah...
    jika kamu masih emosi, berbaringlah...

    ReplyDelete
  27. kalo lagi marah tidur apa nanti tidak bisa tidur sahabat

    ReplyDelete
  28. tosss, nin. sayah juga lebih milih tidur kalo udah BT banget :).
    btw, sayah ketinggalan cerita ya? udah cantik ajah pake jilbabnya :)
    congrats ya sis :)

    ReplyDelete
  29. salam sejahtera
    memang tidur yang paling ampuh..
    tapi boleh tidak saya kasih saran
    Bagaimana kalo dengan mengaji (membaca Al Qur'an) atau mencurahkan semua rasa kekesalan kita pada Allah dengan berdo'a?
    lalu lihat apa yang terjadi?

    ReplyDelete
  30. Setuju, Nyin. Tidur dulu, biar jernih. Jadi bisa berpikir lebih jernih.
    sama, aku dulu juga pernah melakukan kebodohan saat marah-marah. jadi nyesel. mending bobok aja ya

    ReplyDelete
  31. trima kasih y nindy, moga tambah sukses

    ReplyDelete
  32. tidur memang istirahat terbaik nyin... :-)
    selamat awardnya ea...

    ReplyDelete
  33. Kalo saya biasanya tarik nafas panjang, lalu istiqfar.. Tapi terkadang menahan kemarahan memang sulit. Tapi semua bisa karena dibiasakan kok.
    Selamat untuk awardnya yach Nin..

    ReplyDelete
  34. waahh,, kalo lagi sebel ato sedih malah ga bisa tidur tuh nin,, ga nyenyak banget malaahh...

    ReplyDelete
  35. kok tidur mbak anyin..hehehe
    saya kasih award buat anda semoga berkenan

    ReplyDelete
  36. met ya atas awardnya dan jangan bersedih lagi

    ReplyDelete
  37. tidur ....artikel ini unik dan menarik tidur sebagai bentuk pelampiasan emosi sptnya bagus juga

    ReplyDelete
  38. Wah..kalau lagi marah kayaknya bang Pendi malah susah tidur non, kesannya malah melarikan diri dari masalah....

    Selamat ya atas awardnya....

    ReplyDelete
  39. Nindya sayang.... selamat tahun baru ya. Semoga tahun ini segala sesuatunya lebih baik... dan sukses terus ya....

    ReplyDelete
  40. kalau lagi marah... ambil air wudhu neng, lalu shalat.
    pasti dah dijamin marahnya bakalan ilang.

    selamat atas awardnya.

    ReplyDelete
  41. Mantap mbak..meredam amarahnya dgn tidur...btw selamat ya atas awardnya

    ReplyDelete
  42. Ngilangin marah? hmm...aku orgnya terlalu cuek sih, jd kalo marah jarang sampe lama. Untungnya ga terpengaruh sampe tidur segala sih..
    Btw, selamat buat award2nya ya, cantik2 tuh..

    ReplyDelete
  43. yup
    banyak cara untuk mengalirkan dan membuang rasa negatif
    tapi
    bagiku tidur adalah untuk menghilangkan segala penat di badan

    :#

    zzzz..z.zz...zzzzzzzz...zzzzz groook....

    ReplyDelete
  44. BANGUN TIDUR ADALAH HAL YANG MENYEBALKAN BAGI ANDA?

    Kami dari PT. Piranhamas Group yang menggunakan bahan baku murni dari PT HILON Indonesia memiliki inovasi baru yang dapat membantu Anda, Bantal dan Guling kami terbuat dari kapas sintetis yang mengandung silikon!!
    Manfaat yang bisa Anda dapatkan :
    -mencegah asma
    -mencegah sesak nafas
    -tidak membuat Anda bersin
    -mencegah kaku pada leher Anda
    -anti alergi

    Bila Anda berminat,
    Hubungi segera, http://grosirbantalguling.wordpress.com
    Silvia Eka S
    Telepon 0341 5475454
    GSM 081 282 47389

    ReplyDelete
  45. wehehe... mari kita tidur... komen di atasku ini udah nawarin bantal guling...
    TIPS: kalo habis nangis jangan langsung tidur, pas bangun matanya bengkak bok...

    ReplyDelete
  46. sama nyin, tidur dimalam hari bagikut peristirahatan ut jasmani dan rohani, kalau bad mud, biasanya abis tidur esok paginya uda baikan kok.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...