Monday, August 2, 2010

MENCOBA MENGERTI



(taken from random)

Ramadhan is coming.... iya kita berjumpa lagi dengan bulan penggodokan ini lagi. Bulan yang mestinya dapat memperkuat iman kita, membersihkan hati kita dari segala macam penyakit hati, dari semua yang ngga disukai Allah..

Kemarin saya membaca status seorang teman SMA yang sangat berbahagia.. :

beasiswa turun, Alhamdulillah... KKN di Sidoarjo, Alhamdulillah... Masih bisa tetep ngelesi, Alhamdulillah... Allah emang paling ngertiin aku. he he he...

Wah.. pikir saya betapa beruntungnya dia.. betapa bahagianya dia sampai diakhir statusnya dia menyelipkan kalimat : Allah memang paling ngerti aku...

Saya terhenti disitu dan berpikir. Ketika kita dalam detik sesadar itu mengakui betapa Allah sangat mengerti kita, apakah terlintas dalam kepala kita : sudahkah kita mengerti Allah? 
Kita mengerti ngga sih kalau Allah maunya kita puasa terutama pas bulan Ramadhan ya mestinya kita puasa bukannya bolong-bolong tanpa alasan yang jelas, kita mengerti ngga sih kalau Allah maunya kita ngga boleh kurang 5 waktu sholatnya ya mestinya jangan kurang lah apalagi ngga sama sekali, kita mengerti ngga sih kalau Allah ngga mau kita mengumpat ya seharusnya jangan mengumpat dong.

Kenapa sih kita ini egois, hidup kita milik Allah.. kepadaNya kita meminta perlindungan, minta macem-macem minta ke Allah... kita jadi mau dimengertiiiii terus... maunya yang kita minta dikasih, do'a yang kita panjatkan dikabulkan. Duh coba sekali-sekali melihat diri kita yang begitu egoisnya itu, apakah pengertian yang kita minta pada Allah sudah seimbang belum dengan kemengertian kita pada Allah? Tentu belum kan...

Maka sambil meningkatkan kemengertian kita akan apa yang Allah ingin kita lakukan... tetaplah bersyukur, tapi semestinya syukur kita bukan hanya sekedar syukur... syukur kita akan lebih indah ketika kita mau berbagi nikmat yang Allah berikan kepada kita, bukannya disimpen buat diri sendiri nganggep sepi yang lain :) Selain mencoba mengerti Allah kan kita juga harus mengerti saudara kita yang tidak seberuntung kita.

Wah maksudnya apa ya? :)
Ya mencoba untuk mengerti dan peka akan banyak orang disekeliling kita, misal seorang pemulung yang setiap harinya memungut sampah kita, petugas kebersihan, penjual sandal yang sudah tua... iya mereka itulah orang-orang yang membutuhkan tapi tidak terlalu kelihatan membutuhkan karena mereka juga mandiri, ngga hanya menadahkan tangan setiap harinya... pernah ngga sih mempunyai pikiran untuk memberi mereka sedikit roti kita, atau mi instan yang berbungkus-bungkus di dapur? Hayo.. Kadang kita terpaku dengan pandangan orang yang ngga mampu ya mereka yang meminta-minta, jadi pekakan diri kita.. pada sekitar.. pada orang-orang ini. 

Bagilah sedikit untuk mereka dengan ikhlas... karena ucapan alhamdulillah saja tidak cukup, dan dengan begitu insyaALLAH pengertian Allah, pengabulan Allah terhadap apa mau kita juga akan semakin besar. Siapa coba yang ngga mau? :)

Jadikan setiap ucapan alhamdulillah dan perasaan bersyukur sebagai media kita untuk lebih melangkah dalam kebaikan, untuh menjadi pribadi yang lebih.. lebih baik lagi dimataNya. Semoga :)

49 comments:

  1. Lama tidak berjumpa, lama pula tak berkata, namun persaudaraan yang ada diantara kita begitu indah kita rasakan. Dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan, kami mengucapkan SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH SHAUM MOHON MA’AF LAHIR dan BATHIN

    ReplyDelete
  2. sebagai manusia kita kadang sulit menerima apa adanya apa yang Allah beri,dan solusinya memang kita harus belajar mengerti atau memahami kehendak Allah :) tq dah berbagi :)

    ReplyDelete
  3. Allah selalu mengerti kita
    hanya kita yg banyak gmau tau tentang-NYA, melaksanakan perintah-NYA, dll

    ReplyDelete
  4. waduh kalimatnya, buat rancu dik..
    sebaiknya ditulis,

    "Sudahkah kita mengerti Allah?"

    What do you think?

    ReplyDelete
  5. Allah selalu mengerti, tapi kita terlalu banyak kemauan dan berpikir DIA tidak mau mengerti ☺

    ReplyDelete
  6. nice blog! please follow nd komen yax di blogku...

    ReplyDelete
  7. wah rame2... ramein blogku juga dunx....

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah ramadhan datang sebantar lagi.

    ReplyDelete
  9. hmm..ALLAH SWT selalu mengerti hambanya :)

    ReplyDelete
  10. Allah akan memberikan apa yang kita butuhkan, karena Dia maha tau. begitupun sebaLiknya kita harus bersyukur dengan apa yang teLah bisa kita nikmati.

    ReplyDelete
  11. salam sobat
    sabar ya,,untuk mencoba mengerti.
    pasti akhirnya akan tahu.

    ReplyDelete
  12. Ujian Allah muncul dalam 2 bentuk : kesulitan dan kemudahan. Sangat mudah bagi kita utk mengingatNYA saat dalam kesulitan, tapi terkadang manusia lupa kepadaNYA saat dalam kemudahan.
    Memang benar, akan lebih indah lagi jika kita tak hanya menuntut kepadaNYA, namun kita juga mengikuti segala perintah dan aturanNYA.

    ReplyDelete
  13. Allah paling tahu dan paling mengerti kebutuhan makhlukNya
    tapi kita yang malah kadang kelewatan ya, T.T

    ReplyDelete
  14. Marhaban ya Ramadhan Mubarok. Bulan yg penuh Grand prize pahala dari Allah SWT bagi hambanya yg beriman.
    Salam sobat :)

    ReplyDelete
  15. mohon maap lahir bathin ya Anyin...

    dan selamat menunaikan ibadah puasa...

    ReplyDelete
  16. yuk belajar terus untuk kenal dan ngerti Allah..

    ReplyDelete
  17. Lama Tak Kunjungi..
    Moga kamu mengerti y!

    ReplyDelete
  18. AllAh selalu memberikan semua yang terbaik buat umatnya, kita semua hanya saja kenapa kita tidak pernah memberikan yang terbaik pula kepadaNYA, astagfirullah...

    ReplyDelete
  19. Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin!

    ReplyDelete
  20. Untuk semuanya Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin!

    ReplyDelete
  21. Anyiiiin...kuangeeeeen... Kangen ramadhan..kangen smuanya..:-)

    ReplyDelete
  22. maaf baru berkunjung membaca tulisan-tulisan bagusnya neng

    ReplyDelete
  23. semua cobaan itu pelajaran bagi kita untuk menjalani hidup yang lebih baiklagi salam ba semoga mba sehat selalu bersama adik dan keluarga mba maaf baru berkujung kembali mba

    ReplyDelete
  24. Tentang roti, oh yang itu ya Nyin? Jika sampai saat ini, aku masih di sini, merasakan udara memasuki paru-ku,memberi kesegaran di tiap-tiap alveolus, aku tahu bahwa aku mendapat cinta-Nya. Pasti masih banyak, dan bahkan tak terhingga bukti cinta-Nya, hanya keterbatasanku saja aku tak mampu mengungkapkan semuanya. Apakah aku mampu memahami keseluruhan Sang Khalik..Penciptaku? Yah, aku menyadari keinginanku, keterbatasanku..,dan syukurku atas tiap-tiap pengertian tentang-Nya, yang terjadi semata-mata anugerah-Nya, inilah aku dan biarlah Dia yang mengisi sesuai kehendak-Nya. Aku mengalir dan percaya Dia Sang Bijaksana yang akan menganugerahkan kebaikan bagi umat-Nya, Dia yang akan mengaruniakan segala sesuatunya pada waktu yang ditentukanNya oleh karena Dia yang Maha Mengetahui hati, doa dan harapan dalam keseluruhan kehidupan setiap umatNya.

    ReplyDelete
  25. hai, hadir disni menyapamu, pa kabar sob?
    tukeran link yok..
    link kamu sdh terpasang rapi di blog ku, silahkan dicek..
    di tunggu kehadirannya.. makasih :D
    oh, ya sob.. follow jg yah, ntar q follow blik deh.. lmyn bwt ngerame'in blog newbie ini..he3

    ReplyDelete
  26. sudah berbagi.. an hari ni? ;)
    oia..kebiasaan di sekolah ponakan adalah mengajarkan berbagi jd bw bekal lebih untuk kasih temen yg g bw bekal..kata ustadzanya "hayooo sapa yg mau dapat pahala hari ni?" ;)
    hayuk bnyak berbagi..

    ReplyDelete
  27. itulah manusia. Gk perlu heran ama yg kayak gtu.

    ReplyDelete
  28. sebagai hamba-Nya kita memang wajib untuk selalu bersyukur, Allah memang paling mengerti

    ReplyDelete
  29. sungguh saya blum mengerti

    ReplyDelete
  30. semoga kita akan selalu mengerti :)
    nice one, thank you nyin :D

    ReplyDelete
  31. astagfirullah...
    bener bnget tu...
    trnyata slama ini kita jarang mau mngerti ALLAH...

    ReplyDelete
  32. subhanallah.. semoga dengan momen ramadhan 1431 H ini kita semakin peka denagn lingkungan sekitar ya dek.. selamat menunaikan ibadah puasa (^_^)

    ReplyDelete
  33. ikhlas itu kata kuncinya agar tercipta saling pengertian di antara kita ya, nyin...
    slmt berpuasa ya... :)

    ReplyDelete
  34. Akhirnya bisa mampir... Mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa.

    ReplyDelete
  35. benar sekali mbak ninda
    harus berubah kita kalo bulan sebelumnya kita banyak kekeliruan
    hendaknya di bulan ini kita harus bisa memperbaiki
    dan makin mengerti dengan allah swt....
    selamat menunaikan ibadah puasa hari ketiga...

    ReplyDelete
  36. halo mbak pakabar
    Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

    ReplyDelete
  37. Cara kerja Allah memang tidak kita mengerti ya..

    ReplyDelete
  38. hay mbak ikutan gabung ya...
    makasih

    ReplyDelete
  39. semoga kita bisa menjalankan dengan lancar ya.
    salam

    ReplyDelete
  40. maaf atas kesalahan kata mba selamat menunaikan ibadah puasa

    ReplyDelete
  41. selamat berburu pahala di bulan Ramadhan :)

    ReplyDelete
  42. wuiiiiiih, bunganya bagus!!!!
    kuning dan putih

    ReplyDelete
  43. Dija juga minta maaf ya Tante..
    selamat puasa

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...