Saturday, December 17, 2011

Assalamualaikum, apa?

Tolong hargai kami.
pic taken from random googling (file lama)

Kapan kemarin itu saya menemani teman saya nyari sepatu formal berhak tinggi, nampaknya dia kepingin sewaktu saya pakai itu untuk foto kerja bersama dia. Iya saya foto kerja lagi. Foto terakhir saya sudah lama sekali, dan ketembaman pipi saya sudah berkurang cukup banyak sejak saat itu. Err... mungkin karena kebanyakan makan tempe.
Nah teman saya ini foto kerja lagi karena dia beberapa bulan lalu telah memakai kerudung (semoga awet terus. amin. :)).

Saya bantuin dia nyari di salah satu department store yang menyatu dengan pasar besar di Malang. Siapa tahu kan nemu barang bagus dan diskonan. Saat mau naik ke eskalator ada abang-abang yang bilang Assalamualaikum. Saya diam. Saya pikir dia menyapa temannya atau apa.

Kemudian dia pegang pangkal tangan saya terus ngomong: "Heh, Assalamualaikum..."
Saya kaget, spontan saya kibaskan cepat kemudian saya tegur: "Apa sih... orang gak kenal juga! Eh, jangan bikin main-mainan ucapan salam ya!"
Teman saya ketika sampai di lantai atas ketawa dan bilang: "Sabar... sabar..."
"Lah dianya sudah pegang-pegang..."
Sejujurnya saya paling kesal dengan orang-orang yang berniat menggoda cewek lewat, namun karena dia berkerudung jadi yang dibilang bukan suit suit cewek... tapi diganti dengan: Assalamualaikum.
Nah terus kalau kitanya nggak jawab suka kayak terus diulang-ulang, nah kemudian dianya nyinyir... ih kok dia gitu sih, masa orang salam nggak dijawab...

Kalau saya, bukannya saya nggak mau jawab salam. Cuma saya sebal banget dengan kemuliaan salam itu yang dibuat mainan seenak hati dan sebagai kalimat ganti dari: SUIT SUIT CEWEK...! Ya pastinya kalimat itu diucapkan dengan niatan yang sudah tidak baik pula.

Assalamualaikum itu do'a lho, jadi jangan sembarangan melontarkannya untuk menggoda cewek lewat didekat kalian dong... kaum lelaki!

17 comments:

  1. Apakah ini pertokoan Mitra yang deket Alun-alun Jalan Merdeka itu?

    Memang mengerikan sih pelecehan seksual di tempat rame gitu, pake acara ngomong Assalamu'alaikum segala. Kalo saya sih udah saya hajar tangannya di muka umum. Tak ada orang mau mengeroyok cewek yang menghajar pria, Nin. :D

    Sudahlah, Nin, jangan ke sana lagi.

    ReplyDelete
  2. ^__^...kaum lelaki!....iya mba..kali lain saya ga lagi...janji..!

    ReplyDelete
  3. tidak semua laki-lakiiiii*nyanyi dengan suara pales* hehehe, sabarr mbak..emang sekarang ini kata2 kayak assalamu'alaikum, alhamdulillah, insya allah, dsb udah pindah makna jadi bahasa gaul..

    ReplyDelete
  4. Bener bgd tuh mbak...

    ada juga yang naksir karena tiap hari lewat jalan itu dan berusaha kasih salam,,, ya saya jawab juga karena dia tidak berusaha menggoda, hanya saja saya menunduk tanpa menoleh....
    ya kadang juga gak jawab karna spti itu, tapi Alahmdulillah belum pernah ampe pemaksaan di pegang spti mbk ehe... sabar mba. klo perlu dinasehatin orangnya.

    Pernah saya kan lagi bercanda tuh org gak kenal tahu2 pegang hidung saya, saya langsung kaget dan marah. bukan muhrim mas! hehe

    ReplyDelete
  5. oh ya tuh gamabrnya bagus bgd mba....
    suka bgddd *______________*

    ReplyDelete
  6. ih!! parah banget sih tu orang, kacau ya, menggunakan kata-kata yang bersifat religi untuk hal-hal cemen dan norak kaya gitu >.<

    ReplyDelete
  7. saya untungnya tidak pandai menggoda, oh ia emang bener, ucapan salamitu gak boleh dimainkan :D

    ReplyDelete
  8. Setuju mbak, kdang keusilan kaum lelaki mnimbulkan kreatifas yg ndak pantas spt mgubah 'psttt..cewek' jd 'assalamualaikum'
    salam knal mbak :)

    ReplyDelete
  9. wah itu kurang ajar namanya, An. masa main pegang tangan orang gak kenal. mesti dijudesin yg kayak gitu.

    Itu sudah masuk pelecehan tuh.

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum (yang ini tulus loh)
    TKPnya sering saya datangi ketika belanja, memang daerah itu seperti terlalu ruwet dengn buanyaknya 'bakul' yang bikin kita kurang nyaman kalo mau naik ke lanti atas.
    Begitulah terkadang orang-orang tidak menyadari bahwa assalamu'alaikum hanya sekedar ucapan tanpa makna bahkan cenderung untuk permainan. Saya juga pernah dengar yang serupa.
    Semoga Alloh membukakan pintu hati mereka agar tersadar atas ucapannya

    ReplyDelete
  11. wah ninda kebanyakan su udzon.. hihihi... seburuk apapun cara pengucapan salam... kan kita tetep dapat pahala jika menjawabnya dengan ikhlas...

    ReplyDelete
  12. eh emang kalo banyak makan tempe bikin tembem..?
    payah dong disini tempe termasuk barang langka
    padahal aku lagi pengen menggemukan badan....

    ReplyDelete
  13. hah? emang ada ya yg kayak gitu? :O

    lah, saya gak pernah liat kalau kata assalamualaikum dipake buat gitu...

    dan emang saya sering liat cowok di mall yg goda cewek.. tp palingan ya itu tadi.. "suit-suit"

    yampun.. koq ada ya yg kurang ajar sama do'a.. juga sama mbak.. :D

    ReplyDelete
  14. perempuan memang sebaiknya ditemani muhrimnya saat berpergian

    ada kisah blogmu yang bikin aku repot sejak jumat malam loh :D

    http://catatan-r10.blogspot.com/2011/12/akun-google-r10-disabled-sekarang-telah.html

    ReplyDelete
  15. @Rangga, errr rangga... nampaknya kamu kudu jadi cewek dulu untuk tahu rasanya digoda2in pakai ucapan salam. they just so annoying. dan membalas itu gak akan menghentikan usaha mereka yang mintanya memang disahutin.

    saya paling males menuruti kemauan orang2 gak penting. jadi dengan tidak menjawab saya punya kepenginan kalau mereka tidak akan mengulangi pelecehan seperti itu. kalau dijawab terus merekanya seneng dan suka ngulang2 kelakuan yg gak penting kayak gitu.


    Rangga, semulia apapun ucapan kalau niatnya gak bagus jatuhnya juga gakbagus. Wallahualam bishowab.

    ReplyDelete
  16. aku pikir mereka pengin denger suaranya cewek itu makanya mereka bilang salam. biar cewek itu juga njawab.

    jadi bagiku menjawab balik tidak bisa dijadikan penyelesaian masalah. kamu jawab salam saja sudah cukup bagi mereka untuk mendapatkan apa yg mereka mau: dengar suaramu.

    karena apa sebab, mereka sudah tahu kalau mereka memanggil dengan mbak..mbak atau apa kamu gak akan menyahut.

    (yah ini untuk kalian para wanita)

    ReplyDelete
Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...