Sunday, January 1, 2012

Saya dan Kawat Gigi

saya, dengan kawat gigi

Hai!
Ini awal tahun, kawan... Saya nggak kemana-mana. Saya melakukan aktivitas sama dengan hari-hari kemarin yakni mendownload serial drama dan menontonnya lama-lama. Lidah saya terasa sakit ketika saya bangun dari tidur kemarin. Saya bukan main susah makan, bahkan meskipun makanan yang lembut seperti nasi yang agak lembek dan mi goreng yang baru saya coba bikin dengan cara yang berbeda dengan perlakuan saya yang biasanya.

Lidah saya tambah sakit lagi hari ini, sepertinya saya salah posisi tidur sehingga lidah saya tergigit tanpa sengaja. Ini penderitaan pemakai kawat gigi. Saya heran mengapa orang-orang yang giginya sudah cukup rapi malah mau merasakan penderitaan yang sama.

Alasan saya dikawat adalah bukan cuma karena gigi saya tidak rapi, tapi karena juga saya sering sakit gigi dulu. Pertama kali saya mengajukan niat untuk memakai kawat gigi adalah sudah sejak kelas 1 SMA, karena saya capek sering sakit gigi. Gigi saya juga cepat numbuh lagi karangnya, kata Kakak sepupu saya itu karena kandungan air ludah dan gigi saya yang tidak rapi dan bertumpuk jadi mendorong tersimpannya kotoran yang tidak terjangkau sikat gigi. Saya mesti rajin ke dokter gigi agar karang gigi saya bersih, nggak sampai membuat gigi saya renggang dan gusinya benjol-benjol.

Akhirnya sewaktu kuliah mendekati semester akhir, saya baru diperbolehkan memasang kawat gigi. Sampai saat ini saya sudah memakai itu nyaris 2 tahun. Sekarang kawat gigi semakin trend, ada juga yang cuma berupa hiasan bentuk kawat gigi buat gaya-gayaan saja. Saya nggak tahu kenapa barang yang kalau di luar negeri merupakan atribut jenis manusia cupu macam saya jadi trend yang berkembang.
Saya nggak paham.

Sampai waktu saya cerita sudah cepat-cepat pengin kawat gigi saya dilepas, teman saya bilang: Yah kan baru musim, Nin... malah kamu pengin lepas.

Saya ketawa dan bilang, mereka yang menganggap ini bagian dari trend pasti nggak tahu sengsaranya memakai behel.

Yang saya kaget juga adalah mereka-mereka yang main anggap saja bahwa kawat gigi ini haram karena merubah ciptaan.
Kalau anda ada diposisi saya pasti anda tidak akan mengklaim asal seperti demikian. Merapikan gigi, bagi saya sangat membantu kesehatan. Saya bisa lebih mudah membersihkan gigi karena sekarang gigi saya juga sudah jauh lebih rapi ketimbang dulu, karang gigi jarang menumpuk karena saya membersihkan sampai sela kawatnya juga. Sudah tidak pernah sakit gigi lagi kecuali pertumbuhan gigi dewasa dibagian paling belakang dari deret gigi saya.

Sebelum saya merapikan gigi dengan kawat gigi, saya juga sudah membrowsing Fiqih Ahkam atau Hukum Fiqih soal ini, dan memang diperbolehkan. Bahkan gigi palsu dari emas sekiranya lebih baik bagi pemakainya, bukan untuk pamer Rasulullah mengizinkan.

Kemudian bagaimana dengan sewaktu kaki saya harus dioperasi dan dipasangi alat untuk membantu perekatan kaki saya dan mengembalikan fungsinya setelah saya mengalami kecelakaan kendaraan bermotor? Apakah saya harus tidak menjalankan operasi karena sama halnya dengan saya menentang takdir? Apakah saya harus berjalan dipapah atau dengan tongkat, dengan kursi roda terus-menerus selama hidup saya?
Saya mengambil pilihan dioperasi itu meskipun saya takut dengan apapun yang berhubungan dengan rumah sakit, kemudian sekarang saya sehat-sehat saja. Bisa menghadiri berbagai interview kerja diluar kota meskipun tanpa diantar, tanpa perlu memboroskan tenaga dan waktu orang lain.
Ada pilihan yang lebih tepat untuk menilai situasi, yaitu melihat latar belakang kondisi bukannya langsung menclaim benar salah setelah melihat sepintas.

Jadi masih mau memposisikan kawat gigi sebagai sesuatu yang haramkah, kawan?

22 comments:

  1. Selamat tahun baru 2012 !! Moga sukses ya di tahun ini :D

    duh kawat gigi yah hhi, lg ngetrend sih skrg
    btw blog saya di www.volverhank.net

    (buka dong pilihan option comment yang bisa nulis blog selain di blogspot ama openid.huhuh)

    ReplyDelete
  2. ya merawat gigi memang harus dan kita butuh itu. seperti adek saya dong pake behel. senyum lebih berani sekarang. semoga tahun ini semua sehat2 saja

    ReplyDelete
  3. hehe..iyah aku jg masih heran knp kawat gigi bisa jadi trend, org indonesia suka aneh yah o_O

    ReplyDelete
  4. ih maak ngamuk... mak ngamuk... *peyuuk* :D

    ReplyDelete
  5. nggak kalo menurut saya, coba bayangin aja, kawat gigi kan buat ngelurusin gigi, apanya yang haram?,

    sama aja, potong rambut, buat ngerapihin penampilan, dan kalo merubah ciptaan itu haram, berarti potong rambut itu haram donk?,

    biarin aja, yg ngomong itu ngiri kali, hehehe.. :P

    ReplyDelete
  6. terlihat geulis teh, pake kawat gigi atuh fotonya yang berdua sama teh anes hehe

    itu banyak efek sampignya ya teh? ^^

    ReplyDelete
  7. sama,pertama kali suami pakai behel aku jadi ikutan menderita,ga bisa makan,tersiksanya minta ampun,,,,

    klo menurut aku pasang behel kan untuk kesehatan,jadi ga nentang takdir,...

    ReplyDelete
  8. hihihi, kawatnya warna ijo-ijo euy.. kayak lumutan (Lah?)

    aah, kalo ada yang bilang itu haram sepertinya balik ke tujuannya deh. kawat gigi kan untuk merapikan gigi (tujuan semulanya) sedangkan Allah cinta keindahan.

    jadi, kalo kawat gigi dipake buat mencekik orang.. baruu haram :P

    ReplyDelete
  9. hoho.... mukanya keliatan dikit doang.. XD

    ReplyDelete
  10. Lucu rasanya kalau menilai segala sesuatu tanpa menempatkan diri kita di posisi org lain, memahami kondisinya,berprasangka baik terhadap siapapun.

    Lanjutkan dik,... apalagi nanti setelah dilepas gigi ninda tampak lebih rapi :d

    yg heran adalah yg pake behel untuk gaya??? saya jg gak habis fikir @_@

    ReplyDelete
  11. aku cie kagak terlalu pusingin tentang kawat gigi haram atau kagak,tapi justru apakah memakai kawat gigi itu membuat kita menjadi lebih percaya diri ? itu yang terpenting
    soalnya haram itu urusan Tuhan bukan manusia

    ReplyDelete
  12. ada yang bilang, pasang kawat gigi biar senyumnya tambah manis. bahkan ada yang kawat giginya dikasi berlian segala...

    aku ngerti gimana sakitnya pasang kawat gigi. Adikku pernah tuh, aku sih gak pernah, hehehee...

    Semangat terus ya nyin
    berjuang melawan sakitnya kawat gigi

    ReplyDelete
  13. wah, saya malah baru tahu jika ada yg menganggap kawat gigi itu haram? selama itu (tdk berlebihan..bukan utk pamer ria )memang utk kebutuhan dan utk memperbaiki sesuatu yg mengalami kondisi kurang baik...bukankah kita memang perlu merawat dan menjaga kesehatan?

    ReplyDelete
  14. yah sama kayak kacamata, behel juga alat bantu. gak sepatutnya itu bikin citra kita jadi culun. dan juga gak baik juga malah jadi tren

    :(

    ReplyDelete
  15. tetap manis senyumnya lho meski pake kawat gigi

    ReplyDelete
  16. saya malah baru tau ada pendapat bhw penggunaan kawat gigi haram.... ada2 aja ya? kawat gigi kan untuk kesehatan si gigi, gusi dan mulut itu sendiri, plus estetika.... eneng2 wae ya orang2...

    met tahun baru ya dek...

    ReplyDelete
  17. Hahahahaha akhirnya ada juga foto Ninda di blog ini. Biasanya kan gak mengumbar foto. Atau jangan-jangan itu foto orang lain? :D

    Ah, ada2 aja tuh yang bilang behel haram. Lha wong manfaat yang didapat besar sekali kok, meski rasa repot dan sakit yang besar juga. Gigi lebih rapi, mulut lebih sehat. Coba, mana mungkin haram? Itu kan sama aja dengan "mengobati".

    Dan memang ya, seperti kata orang banyak, behel itu awal2nya menyusahkan, menderita. Tapi nanti manfaatnya besar sekali. ^^

    Oh ya, semoga di tahun masehi yang baru ini kita semua tetap diberi kesehatan, tetap bisa berkumpul bersama keluarga, semoga segala urusan pekerjaan maupun akademis kita dilancarkan, dan kita berharap semoga di tahun 2012 ini umur kita selalu diberkahi oleh Allah SWT. Aamiin!

    ReplyDelete
  18. tergantung niatnya, ninda. Kalau niatnya untuk kesehatan aku rasa tak haram kok

    ReplyDelete
  19. pemakaian kawat gigi justru menambah kesehatan,berarti membawa kebaikan,bukan kemaksiatan,be happy aja,anjing menggonggong kafilah berlalu...@*_^

    ReplyDelete
  20. aha...aku baru 1 bulan pake behel, meski ad juga yg ngelarang karna mereka bilang mengubah ciptaan tuhan, aku pikir aku pake untuk kesehatan, jadi gak papalah..

    ReplyDelete
  21. hihi,, klo yg saya tahu. Kawat gigi gak haram deh mba. Kecuali bukan untuk merapikan tapi cuma buat gaya2an.

    Saya juga pengen dikawat buat ngeratain gigi saya. krna kan kadang klo tdur tuh mangapnya agak lebar hihi.. (buka aib)

    kecuali di pangkur gtuh mba gak boleh. org pake gigi palsu aja boleh mba. Asal tuk kesehatan bkan main2 hihi..nice post

    ReplyDelete
  22. kenapa fotonya cuman sampe kawat doang?
    aku pengen pakeeee, tapi gigi masih belum terlalu berantakan..
    hehe

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...