Sunday, June 24, 2012

Lah Sinetron...

Saya sedang streaming nonton sebuah sinetron via kolaborasi laptop dan modem saya. Ada adegan anak cewek dengan ibunya lagi duduk di taman dan ngobrol, kemudian si anak protes minta uang sakunya dinaikkan karena jajanan di kantin mahal. Ibunya bilang oke mau naikkan uang jajan si anak kemudian mereka ketawa-tawa bareng-bareng.
Barangkali itu profil kedekatan orang tua dan anak yang bagus sih... Tapi bagi saya nampaknya bukan jenis kebijakan yang bagus ya...
Si anak ngapain aja disekolah, apa dia membuat prestasi yang bagus soal sekolahnya atau niatnya cuma ngeband dan main doang?
Mengabulkan sesuatu tanpa kompensasi saya pikir jadi mendidik seseorang untuk terbiasa manja. Saya masih merasa sistem reward and punishment sangat bagus.
Misalnya nih adik saya lagi pengen beli sepatu merk tertentu, saya bilang oke.. Tapi kamu jebolin dulu universitas negeri yang bagus :))

Untung ya yang jadi si tokoh ibu itu bukan saya, karena kalau saya pasti bilangnya gini sama si anak cewek itu: ya udah nak kamu gak usah jajan aja di kantin daripada kamu kemahalan, bawa bekal aja dari rumah! Cabe deh... mama ajah ke kantor bawa bekal.

*smirk*


Powered by Telkomsel BlackBerry®

10 comments:

  1. saya setuju banget dengan sistem reward and punishment ini, mendidik gitu loh. Jadi kalau ada kemauan harus ada konsekuensinya, aku mau katakan ke anak cewek itu gini "segala sesuatu butuh perjuangan neng.."

    ReplyDelete
  2. hehehe..iyah tuh mbak, kiat ke kantor sj bawa bekal ya? masak anak-anaknya jajan sey? hehehe..

    ReplyDelete
  3. hahahhaha, iya juga ya. emang enakan bawa bekel dari pada jajan. Belum tentu juga enak jajanan nya :)

    ReplyDelete
  4. mak aku sudah jebol univ negeri terus udah lulus juga... aku dibeliin sepatu juga ga mak? (sepatu kuda, jawab si emak) ngoooookkkkkk

    ReplyDelete
  5. weeeew ini mosting pake bebeh ya

    ReplyDelete
  6. aduh lagi liburan ga dapet duit jajan nih huhuhu.

    ReplyDelete
  7. ah.. mbak ninda... :D

    hei mbak.. minta foto yg waktu itu tea ya.. yg waktu di jco :D

    ReplyDelete
  8. hahhaha...irit beb,,,ckcckkc.. betul ka.. sebaiknya anak diajarkan untuk lebih pintar dan bijak sedari kecil.. supaya nanti kalo dah gede sdh terbiasa :)
    kk.. minta pin'a dunn... :) bleh tak???

    ReplyDelete
  9. hihihi si ka Ninda ada-ada aja. Lha wong namanya juga sinetron. Yah pasti begitu..hehehe :P

    ReplyDelete
  10. ya, kadangkala sistem reward itu penting banget ya
    agar memacu anak untuk lebih baik lagi yaa

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...