Tuesday, May 13, 2014

{Book Review} Bumi - Tere Liye


Ini mungkin novel science fiction dari Tere Liye yang pertama atau mungkin ini yang pertama kali saya baca. Tere Liye bahasanya selalu khas dengan kesederhanaan dan mudah dimengerti pembaca, kaya dengan sisipan nasehat juga.

Namun untuk science fiction karya beliau yang pertama kali, saya rasa buku ini sangat menarik dan layak dibaca.

Bercerita mengenai Ra, anak perempuan berumur 15 tahun yang bisa menghilang hanya dengan menangkupkan kedua tangan ke wajahnya. Karena suatu hal, salah seorang teman sekolahnya yang super bandel namun sesungguhnya sangat jenius bernama Ali menyimpulkan mengenai kekuatan Ra dan mencoba memata-matainya dengan alat-alat sederhana tertentu yang dia pasang dimana-mana di lingkungan Ra.

Banyak hal aneh terjadi sejak saat itu. Lelaki yang sepintas menyapanya, penampakan lelaki itu dalam cermin dan kucing kembarnya si hitam dan si putih yang misterius. Ketika si hitam hilang Ra menyadari bahwa seisi rumahnya selama ini ternyata hanya mengetahui kalau kucingnya cuma ada satu, si putih. Ra bingung, apakah si hitam benar-benar ada atau cuma khayalannya.

Siapa sangka kegiatan memata-matai Ali yang begitu tidak disukai Ra malah bisa menyelamatkannya dan Seli sahabatnya dari bahaya. Peristiwa penyelamatan itu ternyata berbuntut panjang karena tiba-tiba mereka bertiga berpindah tempat ke dunia lain. Dunia yang tidak pernah mereka kenal, di dalam rumah Ilo seorang perancang busana di dunia Bayangan tempat tinggal para klan Bulan.
"Aku mengenal kontur kota kita dengan detail," Ali tersenyum meneliti pemandangan kota dari tempat tinggi.
"aku rasa kita sebenarnya berada di kota kita sendiri namun di dunia yang berbeda," jelas Ali.
Ra dan Seli terkejut. Lantas bagaimana mereka bisa pulang?

Buku Tere Liye yang ini adalah trilogi. Meskpun di bagian satu ini banyak hal yang menyisakan pertanyaan di benak saya namun buku ini seperti bukunya yang lain, berhasil membuat saya tidak bisa berhenti membaca. Petualangannya seru dan menstimulasi imajinasi. Saya beneran menunggu seri kedua dari buku ini: Bulan. Dan semoga buku berikutnya mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan saya.
 

 ~

2 comments:

  1. Waaa aku udah megang2 buku ini, tapi karena trilogi jadinya masuk waiting list dulu ahahha kalo baca sekarang takut penasaran.

    ReplyDelete
  2. Kalau di buat film bagus nih... btw apa kabar mbak..

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...