Thursday, June 26, 2014

Masa Akhir Jabatan Presiden

Sudah dua masa jabatan tampuk kepresidenan dipegang oleh orang yang sama. Iya sudah 10 tahun, cepat banget nggak terasa. Saya mengingat pertama kali bapak itu kampanye dengan kampanye yang oke dan menimbulkan semangat ternyata sudah lama juga, sekitar tahun 2004 ya kalau tidak salah. Yang jelas saya masih pelajar SMA kelas 1.

Dan meskipun banyak sekali koaran yang memojokkan beliau, saya rasa beliau sudah melakukan segala hal yang terbaik. Karena tahu kan maksudnya, sebaik apapun atasan pasti akan terasa menyebalkan bagi bawahannya. Sebagaimanapun kinerja seorang presiden pasti koaran celaan tetap saja banyak. Kurang disini kurang disana.

Jangankan begitu sebagaimana makhluk sosial lainnya, kita pun secara individu tidak dapat memaksa semua orang untuk menyukai kita. Akan selalu ada orang yang tidak suka. Akan selalu ada orang yang iri, meskipun pada kenyataannya ada hal-hal yang menjadi rezeki kita namun ada hal-hal penting lain yang menjauh.
Banyak juga perubahan fisik beliau dalam 10 tahun terakhir, entah karena usia, masalah pribadi atau embanan tugas.
Saya nggak tahu secara jelas juga.

Tapi yang saya tahu, pasti tidak mudah mengurus negara seluas Indonesia dengan segala macam permasalahannya. Jangankan seluas itu, kebijakan untuk suatu hal yang diberlakukan pada sekelompok orang pun dapat saja menyebalkan bagi beberapa orang di dalamnya. Banyak kekurangan yang terekspos, dan entah berapa banyak kebaikan semasa pemerintahan yang luput di mata publik.

Jadi berhubung tahun ini tahun terakhir beliau menjadi presiden, saya harap beliau dapat tenang menjalani masa tua. Berhenti dari berbagai tekanan batin dari embanan tugas.

Dan segala kebaikan serta kekurangan beliau semasa menjabat, biarlah Allah sebaik-baik penilai dan pengembali atas segala hal.




~


1 comment:

  1. Siapapun itu, selalu ada 2 sisi. Disukai dan dibenci.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...