Tuesday, March 3, 2015

Kok Masih Blogging Aja?

http://www.polyvore.com/cgi/img-thing?.out=jpg&size=l&tid=80957646
pic from here
Sudah lebih dari lima tahun saya menulis disini, jadi berganti-gantian teman blogger yang datang ada diantaranya yang masih saling mengunjungi sampai sekarang, ada yang terlalu sibuk sampai tidak punya waktu balas berkunjung dan melakukannya sesekali meskipun masih posting. Ada yang berhenti mengunjungi karena berhenti juga posting.

Saya tipikal orang yang selalu berusaha membalas kunjungan kapanpun saya merasa punya waktu yang cukup untuk demikian. Karena blogging dan saling berkunjung adalah cara lain untuk berteman sangat erat karena kita bisa saling membaca isi pikiran meskipun tidak bertemu muka. That's why kadang terasa sudah lama kenal meskipun nggak pernah bertemu. Terasa sudah sangat mengenal padahal hanya berbalas sapa dan komentar isi postingannya.

Hai, masih rajin blogging ternyata?
Adalah komentar yang sering nyangkut di blog saya, di post kan oleh teman-teman blogger lama yang dulunya sering saling berkunjung ketika awal-awal saya memasuki dunia blog.
Kebanyakan mereka sudah berhenti rutin mengisi blognya, ada yang cuma sesekali kadang malah berhenti sama sekali.

Iya kenapa saya masih betah blogging sampai sekarang?
Sejujurnya saya juga bingung mau jawab apa. Yang jelas saya selalu menyempatkan posting meskipun menggunakan ponsel dan harus numpuk draft, baru bisa di post satu per satu. Nggak ngejar deadline sih, tapi saya senang ketika saya memposting banyak dalam waktu sebulan. Banyak hal-hal yang berhasil dicurahkan dalam jendela ini.

Entah bagaimana ada yang terasa selesai, ada yang terasa terlepas dari pikiran saya setiap kali selesai menulis dan meng-click publish. Segalanya jadi terasa lebih ringan.

Ada rasa senang ketika mengunjungi teman blog baru dan membaca curahan hati mereka. Berbagi dengan cara lain.

Lebih dari semua itu, segalanya adalah dokumentasi, yang kelak mungkin akan menghadirkan tawa atau penyesalan atau apapun ketika dibaca ulang. Catatan saya ketika berproses, catatan saya ketika dalam perjalanan hidup saya menemukan banyak hal dan melalui banyak hal. Rasa yang tercampur-campur pahit-manis itu adalah dokumentasi yang suatu hari nanti akan kita baca ulang ketika kita sedang ingin bernostalgia atau ingin mengambil keputusan dari sesuatu yang membimbangkan, barangkali ada sesuatu yang kita pertimbangkan dari masa lalu yang tercatat.

Jadi kenapa saya masih blogging?
Jawaban simple, karena suka :))




14 comments:

  1. Sudah berapa lama Mbak Ninda aktif blogging? :)
    Apa Mbak Ninda pernah ngerasa bosan? Kehilangan ide? atau bahkan punya ide yang terlalu banyak tapi sulit menuliskannya? :D
    Saya selalu ingin aktif menulis, tapi selalu tertunda gara-gara tumpukan tugas kuliah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lima tahun kurang lebih aktif blogging
      bosan sih enggak, kalau kehilangan ide kadang, yang sering terlalu banyak dan bingung manajemen waktu untuk nulisnya...
      heheh... lebih gampangnya kamu bisa bikin draft di file kamu atau download aplikasi blogger biar bisa tulis-tulis
      tulisan nggak harus bagus, selama kamu menikmatinya. selama yang ingin kamu sampaikan tersampaikan :)

      Delete
    2. hehehe.. iyaa Mbak.. kemarin udah sempat download tapi belum tak manfaatin gara-gara dikejar DL tugas sama UTS :D

      Delete
    3. heheh semoga semangat ya ngeblognya eh rastri kenapa susah banget ya mau komen di blog kamu? saya gagal terus login untuk komentar. mungkin bisa diganti setting standar aja? :)

      Delete
    4. ia lho Ninda, susah komen langsung di blognya Rezka :D
      jadi bisanya komen di g+

      Delete
    5. Mbak Ninda : iyaa Mbak :D
      walaupun isi tulisannya masih campur aduk, sering labil gara-gara lagi ada di masa remaja akhir (kata dosenku).. aku tetep semangat buat lebih baik lagi nulisnya :D
      Iya Mbak, aku sendiri aja juga susah kok balas komennya langsung dari blog :D

      Mbak Dina : hehehe.. maaf maaf.. masih minim ilmuku tentang otak-atik blog Mbak jadi ya kaya gitu, tauku sih nulisnya aja :D

      Delete
  2. Iyaa mbaa... Kalo baca ulang postingan2 terdahlu tu kadang geli sendiri, sedih, terharu, bahkan nyesel..

    ReplyDelete
  3. Hai, ternyata kamu masih rajin ngeblog yah, Nin? Nggak nyangka aja deh, aku kira kamu udah berhenti ngeblog.

    Wakakaka...

    Becanda.

    Kalau aku mah, masih ngeblog, yah karena tuntutan profesi juga. Nggak ngeblog, nggak nulis, yah nggak makan. Hahaha. -_-

    ReplyDelete
  4. menulis memang nyenengin ya, nin apalagi kalo punya passion. bisa buat dokumentasi kita kalo lg senang atau sedih. sarana curhat jg..hehehe. btw, anin apa kbr? salut nih msh tetap ngeblog sampe skrg. aku udah lama gak blogging, baca ini jd semangat mau nulis lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. miss you mbak vany
      yaampun lama banget gak baca post mu mbak
      semoga semangat yaa

      Delete
  5. kalo saya mood blogging pasang surut. Jadi ya gitu deeeh, sering ngilang berbulan-bulan. hahahahahahaha... *nundukmalu

    ReplyDelete
  6. hello,saya hadir disini setelah sekian lama

    ReplyDelete
  7. Memang ada kesenangan tersendiri saat kita menulis lalu kita mempostingnya di blog. Inilah mungkin yang namanya menulis dengan hati, bukan karena materi, juga bukan untuk popularitas.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...