Monday, February 15, 2016

Kelengkapan Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dipersiapkan



Ketika melakukan pendakian gunung yang wajib di perhatikan adalah perlengkapan naik gunung yang akan kita bawa. Untuk mengurangi peralatan yang berlebih sehingga, harus dipilih peralatan yang tepat guna. Menyesuaikan dengan kebutuhan dan membawa barang secukupnya. Dalam menyiapkan perlengkapan mendaki kita tidak harus membeli baru. Jika peralatan khusus bisa meminjam atau menyewa di tempat persewaan peralatan outdoor dan pendakian. Meskipun untuk
para pendaki sendiri sudah sering mendaki gunung mungkin mencoba untuk selalu hati-hati adalah
hal yang utama.


Inti dari hobi pendakian gunung untuk menemukan dan mensyukuri kebaikan alam dan tidak merusak juga menyakiti gunung tersebut, sehingga alam dan diri kita saling mendukung. Menikmati
keindahan juga panorama alam yang begitu melimpah merupakan karunia yang patut kita syukuri. Mendaki gunung adalah salah satu kegemaran yang semakin hari semakin marak juga banyak disukai.
Kegiatan ini sebenarnya sama dengan kegiatan pada alam bebas yang lainnya, namun bedanya
disini selalu penuh dengan berbagai petualangan menantang, juga terkadang menakutkan. Kegiatan
ini sangat cocok untuk anda dengan jiwa petualang sejati yang selalu haus akan tantangan dan
tentunya ini adalah bagian dari hidup mereka.

Membawa semua peralatan yang dibutuhkan tentu sangat penting, untuk menyiapkan itu semua juga memerlukan ketelitian. Berikut ini merupakan uraian singkat perlengkapan naik gunung yang lengkap:
  1. Tenda : Tenda adalah perlengkapan tim yang wajib dibawa. Tenda banyak sekali jenisnya, mulai dari merk yang bagus hingga yang kelas menengah, dan memiliki ukuran yang bervariasi meliputi ukuran dengan kapasitas 2 orang, 4 orang dan lebih. Jika Anda belum memiliki tenda maka kami sarankan untuk membeli tenda yang bagus, berkualitas dan awet.
  2. Logistik : Jangan lupa keperluan logistik seperti roti, mie instan, kopi, susu, sayur, telur, buah buahan, dan makanan fast food lainnya.
  3. Peralatan komunikasi seperti handy talkie, dll.
  4. Peralatan memasak seperti kompor, korek api, spirtus, panci dan ceret.
  5. Mendaki gunung memungkinkan kita jauh dari perkampungan. Jadi kita harus benar-benar menyiapkan segala sesuatunya. Berikut merupakan persiapkan untuk keperluan pribadi kita yang bisa kita bawa yaitu :
 Tas Gunung
 Jaket Gunung,
 Sepatu atau sandal gunung,
 Sleeping bag,
 Pakaian Outdoor,
 Matras,
 Senter atau headlamp,
 Sarung tangan,
 Tongkat gunung,
 Kacamata,
 Jam tangan,
 Jas hujan,
 Masker,
 Peralatan mandi,
 Peralatan makan,
 Peralatan navigasi,
 Peralatan make up.

Satu hal lagi perlengkapan naik gunung yang penting adalah P3K seperti kapas, obat alergi, paracetamol, tisu, Alkohol, obat mata, kain kassa, plester, oralit, minyak kayu putih, betadine, dan sunblock.

.

7 comments:

  1. Suka naik gunung juga ya mba,,, :D
    Harus teliti saat membuat list perlengkapan sebelum berangkat. Pengalaman pribadi saat ndaki, bawa rombongan pula lupa bawa nesting (alat masak). Padahal vital banget,, bisa2 tidak makan kami.
    Untungnya saja dibantuin sama porternya.

    Thanks sharenya mba...

    Mampir juga ya ke blog saya agussalim.net

    ReplyDelete
  2. halo mbak anyin, aku baru cek komentar di blogspot nih. hihihi,, aku dah balik ke indo kok dari bbrp bulan lalu. mbak ninda apkbr?? mau naik gunung mana mbak?

    ReplyDelete
  3. Ketika baca postingan ini langsung batin, "Ini seriusan mba Anyin yang nulis?" :D
    Anak gunung euy :D

    ReplyDelete
  4. Aku ga suka naik gunung. Aku suka nunggu di penginapan aja, hihihi

    ReplyDelete
  5. Wah banyak bgt ada make upnya juga..hehe..jng lupa camilan nya :)

    ReplyDelete
  6. wah, aku sebetulnya mau banget naik gunung. Tapi ga dikasih izin melulu sama orang tua nih.. pasti ada kenikmatan tersendiri ya pas udah di puncak gunung setelah capek-capek ^_^ hehe

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...