Thursday, April 14, 2016

CARA SEDERHANA MENGHEMAT ENERGI SAAT HARUS SERING MENYALAKAN AC



Tanpa AC memang lebih menyenangkan, kulit berpotensi lembab tanpa kering dan lebih segar di badan juga. Tapi akhir-akhir ini cuaca sedang sering panas tanpa pandang bulu. Panasnya terik sekaligus gerah jadi saat sedang di jalan kita bisa merasakan terik matahari yang membuat jalanan terlapis fatamorgana juga baju yang begitu sampai di tempat tujuan sudah lembab sekali terkena keringat, sehingga membuat kita merasa malas beraktivitas di luar ruangan yang menggunakan air conditioner (AC).

Saat di rumah pun tidak jauh berbeda setelah kegiatan seperti memasak, menyetrika bahkan menyelesaikan pekerjaan dari kantor dengan laptop bisa membuat kita merasa harus ganti baju dan mandi lagi karena baju yang dipakai jadi benar-benar basah.

Iya sih bisa pakai AC, namun kan bukan berarti juga kita akan memakainya terus menerus mengingat biaya listrik dari AC juga tidak bisa dibilang rendah.

Ada beberapa cara-cara mudah berhemat energi yang bisa kita terapkan di rumah jika kita sedang tidak bisa jauh dari air conditioner alias AC ini :

Turunkan suhu AC pada saat malam hari
Baik kita memang tidak bisa jauh dari AC dan mematikannya saat siang karena pengaruh dari udara yang panas di rumah dan kita jadi kurang nyaman beraktivitas tanpa AC dengan suhu rendah. Namun tidak ada salahnya jika saat malam hari dimana suhu menjadi lebih dingin dan tidak terlalu gerah maka kita menurunkan suhu dari AC kita untuk menghemat energi.

Matikan lampu
Memang kedengarannya sepele namun mematikan lampu dapat mengurangi udara panas di dalam ruangan terutama ruangan dimana cahaya tidak terlalu diperlukan. Untuk menggantikan cahaya di dalam ruangan kita bisa membuka tirai atau membuka jendela, menggunakan lampu yang lebih redup atau jika sangat diperlukan maka hanya gunakan lampu dalam ruangan dimana kita benar-benar memerlukannya.

Service AC secara berkala
Bila AC kita terasa tidak sedingin biasanya meskipun dalam suhu yang sama, kita jadi terbiasa menurunkan suhunya dari suhu yang biasa kita gunakan padahal mungkin ini waktunya kita menggunakan bantuan dari penyedia jasa service AC. AC memang harus di service secara berkala untuk menjaganya tetap awet dan sesuai fungsi awal saat kita membelinya. 

Jika kita kesulitan mencari jasa service AC di sekitar tempat tinggal kita, maka kita bisa download melalui ponsel android kita aplikasi tukang.id. Tukang id memudahkan kita untuk mendapatkan jasa rumah tangga seperti pengantaran galon air mineral dan gas, service AC serta cleaning service, untuk jasa pertukangan juga akan dirilis secepatnya. Aplikasinya user friendly dan sangat mudah digunakan, jika kita order saat jam tutup pun kita akan mendapatkan informasi dan bisa dialihkan untuk order hari berikutnya jika kita bersedia.








Aplikasi tukang.id saat ini hanya bisa didownload dan digunakan di ponsel android, wilayah service-nya masih di Jakarta Barat dan harga dari servicenya pun cukup terjangkau untuk ukuran ibukota. Dengan menggunakan aplikasi ini untuk order jasa service kita juga tahu kemana harus mengajukan complain jika terjadi ketidakpuasan.

.


4 comments:

  1. Aaaa lalu teringat tagihan listrik ac yang 400 ribu sendiri
    #secara dipanjer malem

    ReplyDelete
  2. Aku total listrik per bulan kurleb 400. Klo siang biasanya ngga pake sih nind biar Kaina ngga kebiasa ac mlulu, tapiiiii uda 3 minggu ini cuaca panas bgt, ngga kuat,kasian Kaina jg, jadi siang malem pake..
    Klo dsana gmn? Siang panas bgt ngga

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...