Thursday, April 21, 2016

KOMENTAR YANG TIDAK TERBALAS


Kemarin waktu main ke blog teman, saya baca postingan mengenai komen dengan balasan dan enggak. Tentang jika terkadang empunya blog yang kadang-kadang pilih-pilih balesin komen, ada yang nggak dibalas ada yang dibalas.

Saya juga main ke blog teman lainnya yang dalam postingannya dia cerita, kalau tiap dia berkunjung dan kasih komen ke blog seseorang dia akan balik lagi ke postingan yang dia komenin itu untuk baca balasannya yang punya blog.

Baca dua posting itu bikin saya mikir tentang betapa jarangnya saya balas komen yang diberikan ke postingan saya. Saya jarang banget bales komentar teman yang membaca tulisan saya, saya cuma bales kalau ada yang nanya dipostingan saya dan berpotensi bikin pengunjung lain nanya hal yang sama juga kalau nggak saya balas.

Alasan saya untuk jarang-jarang bales komen dan cenderung selektif sih ada beberapa :

Bukan pertanyaan yang butuh jawaban
Ada tipe-tipe komentar yang masuk yang membuat saya nggak membalas ini karena komentarnya bukan tipe komentar pertanyaan, jadi lebih ke tanggapan dan sharing dari persepsinya. Saya baca dan saya hargai sekali. Tapi karena bukan pertanyaan yang kayaknya butuh jawaban ya saya nggak balas. Kadang malah saya nggak tahu lho harus dijawab apa :D
apalagi kalau komentarnya : NICE INPOH, GAN!
Lah terus saya nanggepin gimana?
Mungkin dia capek, dikiranya saya ganteng :p

Lebih suka berkunjung balik
Setiap komentator disini, jujur sih saya lebih suka berkunjung balik ke 'halamannya' di banding jawab komentarnya disini, sering saya jawab dan ngasih respon komentarnya sambil komentar di postingan orang tersebut. Jadi ngasih komentar soal postingannya juga ngelampirin tanggepan soal sharingnya di kotak komentar saya. Maksud saya sih biar dia nggak miss, soalnya saya mikirnya gini... saya juga nggak bakal balik ke postingan seorang teman untuk kedua kali (saya lebih suka baca posting yang lebih update), makanya saya cenderung balesin sambil main-main ke blog orang yang komentar tersebut.

Jadi... kalau mantemans melihat saya jarang balesin komentar disini, bukan berarti saya males dikomenin atau jawab komen dari semua yang baca kok. Namun memang saya tipe orang yang lebih suka menghargai komentar dengan melakukan kunjungan balasan. Gitu :)

Ehm ngomong-ngomong judul postingan ini kok kayak FTV Misteri gini ya? Haha.

Nah menurut mantemans gimana? 
Atau ada yang merasa pertanyaannya ke saya belum terjawab? Mohon maaf ya... :)

.

36 comments:

  1. Awalnya aku juga suka gitu, kak. Gak usah bales, seng penting komentar balik. Tapi... Terkadang pembaca yg ninggalin komentar suka ngecek lagi udah dibales apa belom. Dan... sering akhir2 kemaren ditegur. "Kok pangeran sombong banget, ya. Komentarku gk pernah dibales."

    Ya, demi menjaga kedekatan dengan pembaca dan sebenarnya gak cuman itu, sih. Lebih kepada personalitinya itu dapet. Karena blog Personal, membalas menurutku perlu. Tapi gak wajib. :)

    Bener kak, tumben ni, FTV banget. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm *mikir*
      Layak dipertimbangkan sih :)

      Delete
  2. lebih sakit cinta yang tak terbalas dari pada komentar yang tak terbalas... :D
    itu yang komen nice inpoh gan siapa ? penasaran... wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. Suka dengan tulisannya mba Ninda: jujur.

    ReplyDelete
  4. Aku baca ini kesannya, "kalau kaga komentar yang konotasinya bertanya, kaga dijawab" entahlah aku pagi ini agak geser kayaknya, haha :D

    Aku dulu juga sempet sih mikir, "Mba Anyin ini kok tiap komentar masuk kaga dijawab ya, padahal difilter juga lho" tapi waktu lihat komentar yang lainnya juga ndak dijawab, ya jadinya biasa aja. Percaya banget deh sama kata-kata, "saya tipe orang yang lebih suka menghargai komentar dengan melakukan kunjungan balasan. Gitu :)" :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa jadi minta banget dibales nih :D
      Halah komenan kamu udah aku bales semua di blogmu sendiri gitu loh

      Delete
    2. Eh lagi mood bales-balesin nih :D

      Iya-iya Mba Anyinnnn percayaaa :D

      Delete
  5. kadang saya jg gitu, mengomentari komentar yg hanya butuh jawaban. tp kalo ada wkt luang, komentar tanggapun pun saya balasa biar ramein blog sendiri hehe. tergatnung sikon sih saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh juga ya mbak diterapin, kalo lagi lowong waktunya oke juga dipake balesin komen di blog sendiri :)

      Delete
  6. Seharusnya nice inpoh gan diganti jadi nice inpoh sis
    Biar dikiranya cantik y?

    ReplyDelete
  7. Saya biasanya membalas komentar di blog saya. Mungkin segera atau beberapa saat setelahnya. Tergantung kesibukan di daratan.
    Sebaliknya saya tidak selalu mengharapkan komentar saya dibalas karena memahami keadaan blogger yang bersangkutan.
    Terima kasih artikelnya.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  8. Xixixi dah tayang juga ni postingan nind
    Yang pertanyaan liwat emailku yg tentang lomba ntuh gimana nin??? Kukepo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah aku bales nit, cek di inbox yah ;)

      Delete
  9. aku kalo komen di blog orang hampir ga pernah ngecek ulang komentarku dibalas apa enggak mbak, haha... jadi misal ga dibalas pun ya aku cuek, ga tersinggung apa gimana.
    kalo untuk komentar yg masuk ke blogku, aku berusaha bales sih, meskipun kadang mikir... ah, paling ga dibaca juga balesanku. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga nggak ngecek balik habis komen di blog orang :)

      Delete
  10. apalagi kalo komentarnya pertamax. Rasanya pengin langsung balas, gue masih pakai subsidi. Hehe

    ReplyDelete
  11. Kalo aku malah rajin bales-balesin komen, tapi jarang blogwalking haha :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha disesuaiin sama kesibukan aja mbak gamasalah jg kok :)

      Delete
  12. kalo..aku.. setiap komentar jika ada waktu di bales... :), nyambut tamu lah... biar diblog juga ada interaksinya..

    ReplyDelete
  13. Kalau aku terkendala pulsa internet. Inginnya pengen membalas semuanya...apa boleh buat kuota terbatas. Sebenarnya paling enak itu blog wordpres,kita bisa mengetahui komentar balasan tanpa harus berkunjung balik. Beda dengan blogspot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bang, tapi aku lebih suka blogspot sih :) loading enteng

      Delete
  14. loh loh lohhhhhh mbak aku br nyadar sesuatu, blog mu ada 2 yah?
    btw aku juga jarang2 balesin komen orang, apalagi yg komennya cuma "nice post gan ijin share ya" hahahaha tapi seriously aku heran deh sm org2 yg sampe satu per satu buat balesin komen pdhl komennya cuma komen2 yg cuma numpang nampang doang gitu lho. Mungkin supaya komennya keliatan banyak kali ya mbak hahahaha

    trus, aku sih jarang juga sengaja berkunjung 2x untuk cuma ngeliat balasan dr si yg empunya blog. Kecualiiiii, emang komenku yg mengandung pertanyaan dan aku nunggu jawabannya, atauuuu emg pas kebetulan aku lagi berkunjung kesana buat ngecek tulisan baru trus tbtb iseng kepengen ngecek komenku yg sebelumnya dibalas apa sama dianya.
    Untung aja yah kalo sama mbak nin pasti aja pertanyaanku dijawabnya di postingan aku sendiri heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih dari satuu :))) tapi ngisinya keteteran, lebih sering disindang sih

      Delete
  15. Nice share, sis.. haha

    Aku biasanya balik kok mbak, kalo gak aku centang notify me biar muncul balesannya di email..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijin share ya sis menarik nih artikelnya :D

      Delete
  16. kalau di wordpress emang ada notifnya sih, jadi nggak perlu balik ke blog tempat kita komen. Nggak ada keharusan sih bales komentar, silakan yang doyan aja *kayak saya gitu :D*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lagi doyan jadi dibalesin semuanya yang komen :))

      Delete
  17. Poin kedua saya setuju tapi mbak ada baiknya juga sebisa mungkin balaslah komentar teman,karena meski pertanyaannya aneh atau gak nyambung sebisa mungkin sebagai pemilik blog tetap menjaga silaturahmi dengan teman blog lainnya.Jangan sampai karena tidak ditanggapi mereka akan malas lagi balik ke blog mbak. Intinya berbuat baiklah seperti mbak ingin dibuat baik oleh orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas mas.... Coba dibaca tulisannya ya biar nggak salah sangka :)

      Maaf, sejauh ini saya selalu balesin komentar secara personal lewat blognya pengkomentar. Jadi bukan lewat sini. Sama kayak saya berkunjung balik ke blog masnya :)

      Sori, konteksnya media buat membalas aja yang nggak sama. Semuanya dibalas cuma gak semuanya dibalas disini. Gitu :)

      Delete
  18. Komen ah...gapapa ga dibales..wong insyaAllah kamu sll main k blog akuh heheh (ini tipe komen yang ga perlu balesan)

    ReplyDelete
  19. Nah intinya itu sih,, kagak penting juga di bales,, kalau sekedar komentar basa basi dan bukan kalimat pertanyaan ngapain di bales mba,, ngabisin kouta aja,,,hahahha...
    yah masih mending komentar yang tak terbalas, coba kalau cinta yang tak terbalas... ??? duuuh itu yang sakitmah... jhahahah :D

    ReplyDelete
  20. kalo saya, komen yang awal-awal masuk dalam satu blogpost biasanya akan saya balas walau komennya bukan dalam bentuk pertanyaan. sedangkan bila sudah ada tulisan yang lebih baru yang saya posting, komentar yang masuk di tulisan lama gak akan saya balas lagi :)

    jadi intinya saya akan membalas komentar yang masuk pada postingan baru saya. Tapi itu gak berarti komen ditulisan lama gak saya baca loh :)

    dan sebisa mungkin saya akan BW balik ke blog teman-teman yang komen di blogq sebagai tanda penghargaan kepada mereka :)

    ReplyDelete
  21. Sya gag pernah 'nice inpoh' ya @Nind.. :D

    ReplyDelete
  22. iya, saya juga lebih suka kalo ada kunjungan balik ke halaman saya :p

    ReplyDelete
  23. Kalau aku, pada prinsipnya suka balas komen dan berkunjung balik, selama aku punya waktu. kalau pas rempong banget, ya jangan sampai merasa menyesal atau gimana gegara ga sempet bales komen. Ha..ha... jadi ga asik lagi ntar ngeblognya kalao terlalu kudu gini gitu.

    Salam.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...