Saturday, April 9, 2016

RESEP AYAM PANGGANG PAPRIKA, MUDAH DAN CEPAT


Saya sedang mencari resep-resep mudah yang beda dari biasanya dan saya senang banget dapat resep Ayam Panggang dengan Paprika dari Tori Avey yang bahannya nggak ribet dan bisa jadi alternatif yang enak tanpa butuh waktu lama, jadi cocok banget lah untuk dieksekusi pada saat kita sedang malas memasak. Oh ya sebenarnya resep asli memakai paprika panggang namun daripada harus ke supermarket lagi mendingan pakai yang versi bubuk paprika dulu deh. Berikut ini resepnya

Bahan-bahan :
2 buah paha atau dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit
2 sendok makan paprika panggang atau bubuk paprika
1 sendok makan dan 1 sendok teh bawang putih dan garam atau jika kita menghindari garam maka pakai sedikit saja, secukupnya atau diganti dengan satu sendok teh parsley kering dan sedikit garam juga bawang putih
3 sendok makan minyak zaitun, bisa lebih jika dibutuhkan, sesuai selera saja. Minyak zaitun ini untuk digunakan pada dada ayam saja

Yang kita butuhkan :
Baking sheet dan loyang. Jika menggunakan ayam bagian dada, kita akan membutuhkan tatakan potong, plastik pembungkus, ulekan untuk memukul-mukul daging dan kuas untuk mengoles

Waktu persiapan : 2 menit
Waktu memasak : 14 menit
Total waktu yang dibutuhkan 16 menit untuk 4-6 hidangan.

Untuk ayam bagian paha yang tanpa kulit dan tanpa tulang
Panaskan ayam dengan api besar kemudian atur rak di oven minimal sebanyak 4 inci di bawah api. Jika kita menempatkan rak tepat di bawah api, maka ayam akan terbakar di bagian luarnya tanpa matang di bagian dalam dari daging ayam tersebut.

Lapisi loyang dengan baking sheet dan letakkan bagian paha ayam kemudian atur posisinya. Taburi setiap sisi dengan garam dan bawang putih serta bubuk paprika. Jika jumlah tersebut terasa kurang mencukupi, maka tambah lagi sampai dirasa cukup. Jangan menghemat garam dan bawang putih bahkan jika kita orang yang menghindari garam karena masalah diet garam atau hal yang lain. Garam yang kita gunakan masih akan lebih sedikit dibandingkan dengan garam yang dibubuhkan dalam hidangan restoran kok.

Panggang ayam selama sekitar 7 menit di setiap sisinya hingga paha matang kecoklatan tanpa gosong. Ayam cenderung terpanggang dalam kondisi yang bervariasi tergantung dari kekuatannya, jika ayam yang kita panggang terbakar dengan cepat sehingga aktivitas masak jadi terlalu cepat maka pindah raknya ke bawah. Jika ayam sudah matang dalam temperatur 160 derajat F, segera sajikan.

Untuk dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit
Di mangkuk kecil, campurkan bubuk paprika, garam dan bawang putih beserta 3 sendok makan minyak zaitun hingga tercampur lembut dan rata.

Letakkan plastik pembungkus berukuran besar di papan tatakan potong. Letakkan dada ayam di atas plastik pembungkus dengan beberapa inci jarak antara masing-masing dada. Letakkan plastik pembungkus lain di atas dada ayam.

Pakai ulekan untuk memukul daging secara lembut hingga daging dada berkurang ketebalannya dan besarnya sudah mencapai satu setengah kali dari besar awal.

Letakkan rak sekitar 4 inci pada ayam dan panaskan dada ayam tersebut. Letakkan di atas Loyang yang dialasi baking sheet. Letakkan ayam di bawah broiler dan biarkan sekitar 7 menit hingga lapisan luarnya mengeras matang. Jika ayam kita terlalu cepat matang atau ada indikasi gosong, pindah rak pemanggang kebawah terlebih dahulu.

Setelahnya balik dada ayam dan jika dada ayam terlihat kering ketika kita membaliknya maka olesi lagi dengan sedikit minyak zaitun kemudian masak hingga matang sekitar 5-7 menit dalam temperatur 160 derajat F.

Angkat setelah matang, angin-anginkan sebentar dan sajikan. Mudah dan sederhana bukan? Untuk memukul daging sebenarnya memakai palu daging, sederhananya sih pakai ulekan ya… hehe. Untuk paprika panggangnya bisa kita ganti jadi bubuk paprika kalau malas beli ke supermarket atau lebih pengin bahan instan tanpa harus khawatir busuk.

.

1 comment:

  1. Aku belum pernah manggang ayam nind, kmaren bikin baceman tapi di panggang di teflon biasa aja. Duh skrg mah praktis bgt, ada bumbu paprika yaa

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...