Thursday, April 14, 2016

{ RESEP } PISANG GORENG CRISPY KEJU

OH THAT MELTED CHEESE!

Pisang goreng crispy keju adalah salah satu makanan favorit saya sewaktu masih kuliah, dulu sampek rela jalan jauh-jauh cuma untuk beli si pisang goreng keju ini. Kalau masak sendiri sayang soalnya beli pisangnya pasti nggak boleh barang sebiji dua biji, jadi bakalan kebanyakan saya juga nggak sanggup ngabisin sendiri dan jatuhnya mahal pula kan. Pisang crispy isi keju sebijinya dulu 3,500 rupiah, nggak tahu sekarang masih ada atau enggak.

Karena kangen sama makanan ini saya beli di sekitar rumah pisang keju juga, kebetulan banyak gerobak pisang keju yang buka dekat rumah tapi ternyata pisang keju versi sekitar rumah beda sama yang saya pengenin. Jadi bentuknya pisang crispy panjang-panjang pakai tepung dengan topping keju, padahal saya penginnya yang filling keju. Jadi ya sudah bikin sendiri. 

Bahan :
Bahan 1
Pisang
Tepung terigu
Sedikit maizena
Gula pasir sesuai selera
Air
Minyak goreng

Bahan 2
Tepung terigu secukupnya
Telur
Susu kental manis / gula pasir
Tepung roti
Keju lembaran
Sedikit air

Cara membuat :
1. Buat adonan satu dari pisang, tepung terigu, air dan gula pasir sesuai selera. Tambahkan sedikit tepung maizena goreng di wajan dengan minyak panas dan tiriskan hingga mendingin.
2. Buat adonan dua berupa telur, sedikit air, susu kental manis / gula pasir dan tepung terigu secukupnya
3. Iris bagian samping pisang goreng ke tengah dan isi dengan keju lembaran yang sudah diiris atau dilipat kecil pada sela irisan pisang goreng. Keju blok pun tidak masalah, namun keju lembaran lebih cepat lumer dan lembut sehingga untuk filling pisang crispy saya lebih suka memakai keju lembaran.
4. Celupkan pisang goreng yang sudah di filling keju ke adonan dua hingga merata, setelah merata gulingkan ke tepung roti hingga semua permukaannya tertutup
5. Goreng kembali dengan minyak panas
6. Sajikan

Ini gampang banget dan nggak butuh waktu lama, selagi anget kalau dibelah kejunya melted lembut. Buat anak kos yang suka nagih resep gampang murah tanpa repot, pisang goreng ala langkah satunya bisa beli di tukang gorengan terdekat yang jual pisang goreng ya terus tinggal diolah pakai langkah 2. Kalau ada sih, soalnya dulu juga susah buat saya nyari tukang gorengan yang jual pisang goreng polos, biasanya jualnya molen. Hehe. Buat yang lebih suka manis-manis bisa diganti filling selai cokelat, cokelatnya bakal melted enak kalau sudah jadi. 

Suka pisang goreng crispy juga? Share resep favorit mantemans dong :)

.

6 comments:

  1. Wah goreng pisang pake tepung panir, kayak pisang pasir pontianak ni rasanya

    ReplyDelete
  2. WAh penasaran sama rasanya nih mbak :D

    ReplyDelete
  3. belum pernah nyobain model gini, karena duo krucil suka pisang goreng biasa... dan sepertinya kalau dimasak model gini yang suka adiknya doank, kakaknya keju sukanya digado hahaha

    ReplyDelete
  4. Suka pisang goreng, ada piscok moncrot isi coklat beli di abang2 waktu itu.. klo di LN apel yaaq, tapi kynya masi enakan pisang digoreng deh

    ReplyDelete
  5. Aku doyan pisang goreng, tapi ya gitu2 aja. Males divariasiin *males mulu ya?!*
    Kalo aku bikin pisgor, pisangnya di belah memanjang, diagonal. Trus dibelah lagi ke arah lebar, jadi kecil2 gitu. Jadi pisgor gimbal. Gitu aja enak, tinggal lep lep lep *kata iklan sosis yak
    Huahahaha

    ReplyDelete
  6. aku suka banget pisang gorenggggggg, versiku pisang goreng kipas yang crispy2 itu jd favorit. tapi yang isi keju ini aku baru tau, keliatannya enak banget:3


    emaputeri.blogspot.com

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...