Wednesday, April 27, 2016

TIPS AGAR SUSU IBU MENYUSUI BERLIMPAH


Banyak ibu baru yang menjadi stress karena masalah air susu, sebagian diantaranya karena khawatir tidak mampu mencukupi asupan gizi bayi mereka dengan susu ibu menyusui yang berlimpah. Padahal ibu menyusui justru harus selalu happy dan tidak stress agar air susunya juga lancar, dari berbagai sumber keterangan teman-teman saya menyebutkan bahwa stress justru mempengaruhi produksi air susu ibu malah menjadi berkurang atau lebih sedikit ketimbang produksi normalnya.

Bagaimana cara untuk meningkatkan produksi asi ibu? Berikut ini tips yang saya rangkum dari keterangan teman-teman :

Tips pertama : Jangan terpaku pada jam tertentu untuk menyusui
Menyusui bayi tidak sama seperti jam makan balita atau orang dewasa. Bayi biasanya menangis ketika merasa lapar, tangisan bisa menjadi alarm bagi kita untuk memberikan air susu ibu. Memang kita tidak tahu mengapa dia menangis apakah karena lapar atau yang lain, namun setiap ragu tawarkan ASI pada bayi untuk mengetahui apakah tangisannya karena lapar atau karena ingin dipeluk. Semakin sering menyusui membuat semakin banyak pula air susu yang dapat kita produksi.

Tips kedua : Hindari empeng dan botol susu kecuali jika memang diperlukan
Penggunaan empeng atau botol susu yang terlalu sering dapat menyebabkan produksi ASI kita berkurang. Hal ini karena semakin sedikit kontak bayi menyusui langsung kepada ibu maka semakin sedikit pula ASI terstimulasi untuk berproduksi dan menghasilkan air susu ibu menyusui yang berlimpah. Jadi, jauhkan bayi dari empeng dan botol susu sebisa mungkin jika memungkinkan.

Tips ketiga : Jadikan kebutuhan bayi melalui tangisannya sebagai alarm, bukan jam
Bayi kita tahu apa yang dia butuhkan, termasuk ketika lapar maka dia akan mulai rewel atau menangis. Berbeda dengan jam yang terpacu oleh waktu. Maka setiap kali dia ingin, berikanlah ASI sebanyak yang dia butuh. Namun jika dia tidak sedang lapar dan tidak menginginkan air susu maka tunggu saja, jangan hanya karena jam yang kita patok untuk memberi makan bayi maka kita memaksanya untuk minum. Jangan pula memberi batasan agar dia minum ASI jam sekian sesuai jadwal yang kita atur.

Tips keempat : Pastikan agar kita selalu makan makanan sehat yang seimbang
Ibu menyusui butuh nutrisi yang cukup untuk menghasilkan ASI yang berlimpah tentunya. Maka selalu pastikan agar kita memakan cukup makanan yang bernutrisi untuk mendukung produksi ASI. Pada saat dalam masa menyusui tidak direkomendasikan untuk berdiet kecuali jenis diet yang kita pakai ramah untuk masa menyusui. Ibu menyusui selain butuh nutrisi dan gizi yang bagus melalui makanan, ibu menyusui juga membutuhkan kalori yang lebih tinggi dari wanita yang tidak sedang menyusui. Dapatkan nutrisi yang cukup dari sayuran, lemak baik yang terkandung dalam buah alpukat, ikan salmon, telur dan chia seeds, protein, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sedikit gula mungkin akan menaikkan mood kita, namun usahakan untuk tetap minimal dalam pengkonsumsian gula karena tentu nutrisinya tidak kaya, namun berpotensi untuk menaikkan berat badan dalam waktu relatif singkat.

Tips kelima : Banyak minum air putih
Minum banyak air putih direkomendasikan untuk kesehatan kita pada umumnya, apalagi untuk ibu menyusui. Susu ibu menyusui dapat dipengaruhi oleh konsumsi air putih karena aktivitas menyusui akan membuat kita cepat haus sementara tubuh kita akan berproses kurang baik jika kita tidak minum banyak air putih. Ketika kita tidak minum air putih yang cukup kita juga akan mendapati bahwa energi, fokus dan konsentrasi kita akan berkurang pula.

Demikian tips-tips untuk ibu menyusui agar dapat memproduksi ASI dengan maksimal, yang paling penting memang sih harus selalu happy agar susu ibu menyusuinya lancar. Ada tips lain yang belum ada di daftar? Silakan share ya :)

.

5 comments:

  1. Tips pertama : Jangan terpaku pada rutinitas menyusui.......

    Padahal...
    Semakin sering menyusui membuat semakin banyak pula air susu yang dapat kita produksi.

    Jadi apa yg harus dilakukan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya pak... maaf kalimatnya ambigu. sudah saya perbaiki.
      semoga menjelaskan maksudnya ya :)

      Delete
  2. wah asikk ni dapet ilmu baru
    biasanya orang jaman dulu nyaraninnya lebih ke katuk gitu ya
    padahal ada korelasi juga sama stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi aku juga. secara ya belum jadi busui

      Delete
  3. Makan booster ASI. Ga harus teh ASI dsb dsb, ya makanan yg bikin hati busui senang aja juga buat booster asi

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...