Saturday, April 16, 2016

WASPADA PAYPAL PHISHING!

Siang tadi, ada seorang teman yang mengeluh karena dia mendapatkan email dari Ebay, salah satu e commerce yang dia terdaftar disitu dan menginformasikan akan adanya pembelian ponsel seharga $ 375 yang telah disetujui.

Dia bingung soalnya merasa nggak pernah membeli ponsel itu, jangankan membeli mikir-mikir beli atau bidding saja enggak. Susahnya akun paypal itu connected sama card-nya dia. Jadi ya dia panik menghubungi layanan customer service bank yang dia pakai.

Bayangin lah $ 375 kaliin sama kurs sekarang yang kira-kira 13,000 IDR per dollarnya terus yang nerima orang lain dan si temen ini yang bayar tagihannya? Apa hati nggak mak krenyes gitu biarpun masih dalam tahap membayangkan?

Saya ngusulin dia cek emailnya, apa ada yang aneh dari email itu? Apa bener dari Paypal atau jebakan kejahatan dunia maya berupa phishing

Ngomong-ngomong soal jebakan saya jadi inget tahun lalu sewaktu saya dapat email palsu dari Paypal. Sudah lama tapi ternyata saya masih ada dokumen screenshootnya dari ponsel. Sekalian saya share ya biar bisa menjadi referensi bareng :

Ada yang pernah terima email seperti ini?


Panik? 
Pastinya sih waktu saya baca ini. Isi email-nya aja sudah gitu, ya bawaan paniklah berhubung saya sudah pernah kena email Paypal yang mendadak dibekukan karena sebuah alasan keamanan pas masih awal-awal blogging dulu. Jadi ada hawa-hawa kuatir terulang kembali gitu.

Nah sepanik-paniknya kita kalau menerima email sejenis jangan buru-buru action klik email sana-sini ya, salah langkah malah efek sampingnya serem nanti. Pertama tarik napas dulu biar paniknya berkurang, nah pelan-pelan lihat dan cek dulu pengirimnya:


Kalau pengirimnya seperti ini, bukan dari alamat resminya Paypal nah kemungkinan besar ini email bohongan atau malah jebakan untuk mengakses email kita. 

Langsung hapus aja emailnya mendingan deh. Soalnya kalau kena ya yang bersangkutan bisa mengambil alih email kita beserta isinya juga seluruh jejaring sosial dan akun-akun lain yang memakai email itu. Ngeri banget kan.

Tapi kalau masih penasaran ya hubungi langung via layanan pelanggannya Paypal, mereka welcome banget dan mau jawabin tanya-tanya kita kok. Biar lebih jelas gitu bener nggaknya email dari mereka tersebut.

Jadi, tetap tenang dan waspada ya mantemans.

.

4 comments:

  1. wah jadi ini yang namanya phising
    kok bisa ya mereka ngubek email targetnya huhu
    jadi kudu waspada ni

    e gugle talknya aku jawab di email ya nind....:D :D
    tadi aku email kamu :)

    ReplyDelete
  2. Duhh seremm bgt ya Nin... waspada akhh krn byk bgt email spam yg masuk nih

    ReplyDelete
  3. Duhh seremm bgt ya Nin... waspada akhh krn byk bgt email spam yg masuk nih

    ReplyDelete
  4. Iya aku jg sering dpt imel gituan. Untungnya PayPal ora ono isinya. Huahahahha

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...