Friday, May 27, 2016

CERMAT SEBELUM MEMBELI ASURANSI KESEHATAN DI INDONESIA

Orang bilang, hanya orang kaya yang boleh sakit. Sering banget saya dengar kalimat itu. Padahal nggak gitu juga lho, penting banget untuk sedia payung sebelum hujan terhadap apapun yang akan terjadi di masa depan. Bukan berarti berharap akan sakit ya... Namun setidaknya kita sudah tenang karena biaya kesehatan keluarga sudah ada pihak yang berkompeten untuk mengurus, itulah alasan mengapa kita perlu mempertimbangkan untuk membeli polis asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan di Indonesia sangat diperlukan untuk menanggung biaya kesehatan yang semakin tinggi, ya harga obat ya tariff rawat inap. Asuransi ini dapat menjamin biaya yang diperlukan ketika kita sakit. Setiap asuransi memiliki jaminan, ini merupakan faktor penting yang harus diketahui oleh kita sebagai calon pemegang polis asuransi. Jaminan yang ada di asuransi kesehatan sangat berpengaruh terhadap keputusan kita untuk membeli sebuah asuransi atau tidak.

Pada dasarnya sih setiap pembeli pasti memiliki pemikiran yang sama yaitu agar asuransi yang telah dibeli dapat memenuhi kebutuhannya. Artinya produk asuransi tersebut diharapkan dapat melindungi kita dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan yang bisa muncul kapan saja.





Kita juga harus banget mengetahui risiko seperti apa yang akan dijamin oleh produk asuransi. Kita harus memperhatikan apa terdapat batasan usia maksimal yang dijamin oleh produk asuransi tersebut? Berapa banyak jumlah anggota keluarga yang bisa ditanggung oleh pihak asuransi juga harus menjadi bahan pertimbangan. Poin lainnya adalah berapa rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak asuransi tersebut. Semakin banyak jumlah rumah sakit yang bisa kita pilih, maka produk asuransi tersebut semakin bagus.

Produk asuransi akan lebih oke lagi ketika dapat diterima di semua rumah sakit. Kita jadi tenang karena bisa mengandalkan produk asuransi tersebut jika berobat dimanapun, asik ya? Kita juga akan merasa nyaman ketika menggunakan asuransi tersebut untuk menjalani pengobatan. Cuma tinggal menunjukkan kartu asuransi saja dan berbagai masalah kesehatan sudah bisa diselesaikan. Metode seperti ini disebut dengan cashless. Artinya biaya rumah sakit tidak perlu dibayar karena sudah ditanggung oleh produk asuransi kita.

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah memastikan tentang adanya sistem reimbursements atau tidak. Sistem ini mengharuskan kita untuk membayar biaya pengobatan terlebih dahulu dan setelah kita mengajukan klaim, pihak asuransi akan mengganti biaya tersebut kepada kita. Jika pihak asuransi menggunakan sistem ini, maka kita harus membawa resep obat dan formulir diagnosis yang sudah ditandatangani oleh dokter.

Poin yang terakhir adalah premi. Poin ini berhubungan dengan kapasitas keuangan yang kita miliki. Kita harus tahu berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar asuransi tersebut. Apakah pembayaran dilakukan per tahun, per semester atau per bulan. Tetapi yang paling penting adalah berapa lama jangka pembayaran tersebut?

Pihak asuransi biasanya malah jarang memberikan informasi ini. Jadi ya kita harus aktif bertanya dan memastikan. Ada asuransi yang cukup membayar selama 10 tahun tapi kita bisa menikmati manfaat asuransi tersebut sampai meninggal dunia, ada juga jenis asuransi yang mengharuskan kita untuk melakukan pembayaran seumur hidup. Jadi saat sedang memilih asuransi yang pas, pastikan ini sudah jelas berikut dengan detailnya sehingga kita bisa mendapatkan polis asuransi yang terbaik dari asuransi kesehatan di Indonesia.


1 comment:

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...