Tuesday, June 7, 2016

PERTEMANAN SEIMBANG



"Mbak, blogger favoritmu siapa sih? Lagi mau blogwalking nih, butuh referensi lain di luar yang biasa dikunjungi," tanya seorang teman blog, lewat obrolan kami via chat.
Pertanyaan simple sebenarnya tapi kok bikin saya lumayan bingung juga jawabnya.
Blogger favorit?
Ngomongin favorit, berarti kan jajaran blogger yang paling saya suka diantara yang lainnya. Bisa yang paling saya suka, bisa yang beberapa yang paling saya suka sampai-sampai saya selalu meluangkan waktu mampir ke blognya.
Masalahnya, saya nggak memiliki daftar wajib kunjungi tertentu.
Terus kalau ngomongin blogger favorit kayaknya bakalan lama karena yang menjadi favorit saya buanyak. Lebih dari satu, bahkan sepuluh juga kayaknya lebih deh.

Buat saya, semuanya yang mampir dan nimbrung di jendela saya adalah teman-teman favorit yang spesial dengan diri mereka masing-masing. Yah selama nggak doyan komen jehong sajah lah ya :)))
Iya, teman-teman yang membaca tulisan ini termasuk dalam daftar favorit saya. Ada orang-orang yang follow dan membaca tulisan saya tanpa menyapa, ada yang tidak lupa meninggalkan komentar sebagai sapaan. Saya anggap sapaan itu sebagai undangan, undangan untuk saling mengenal. Sebagai blogger jadul yang mungkin dibilang orang konvensional, saya menikmati bagaimana dalam blogwalking saya jadi mengenal seseorang. Bagaimana saya merasa akrab dengan mereka meskipun jarang atau bahkan tidak pernah berbincang dalam chat.

Saya menyukai interaksi antar blogger, atau bahkan dengan pembaca jendela saya karena saya lebih suka banyak teman daripada banyak fans. Heheh. Kesannya keGRan banget yaa... Tapi bener. Pun saya juga lebih suka interaksi yang seimbang antar blogger, saling sapa dan saling kenal dibanding terus-terusan mampir searah gitu. Karena itu saya berusaha mampir balik, meskipun waktunya nggak selalu ada. Tapi selagi bisa, ya saya lakukan.

Ada yang berbeda pandangan pastinya, karena kesibukan orang beda-beda. Wajar saja kok. Orang hidup sendiri-sendiri dengan caranya masing-masing.

Tapi kalau saya, lebih suka hubungan pertemanan yang berimbang. Disapa ya dibalas. Kalau ikut lomba terus dianya dukung kita, ya kita dukung balik kalau teman kita ikut lomba. Biarpun ikut lomba yang sama. Heheh.

Pola hidup sehat menurut saya bukan hanya soal menjaga kondisi agar tubuh tidak kelelahan, sakit atau menjaga makanan yang kita konsumsi tetap sehat dan gerak tubuh yang menimbulkan keringat tapi juga pola pertemanan yang sehat. Yang 'saling'. Yang tidak memperlakukan kita seolah kita fansnya, yang tidak pula kita perlakukan sebagai fans. Pun juga saling menghadiahi kebaikan berupa apapun. Karena pertemanan yang tidak seimbang cenderung kurang melekat. Setidaknya menurut saya.

Bahkan saling memberikan hadiah ada aturannya yang dianjurkan dalam agama, saling memberikan hadiah dapat membuat dua orang teman saling 'mencintai'. Hadiah bisa apa saja, anyway review blog teman juga bisa jadi hadiah yang touchy lho serius :) Jadi, nggak mesti yang punya label harga juga.

Pertemanan yang sehat juga sangat penting untuk menjaga mood kita agar jauh dari stress. Nggak bikin gerundel, dst dst. Pertemanan yang sehat juga bikin kita belajar banyak, belajar apapun. Nggak harus punya teman dengan pendidikan tinggi untuk bisa belajar banyak dari dia, teman yang ibadahnya rajin juga memberi kita pelajaran bahwa kita masih segitu kurang dalam beribadah. Teman yang nggak mikir buat banyak sedekah juga bisa memberikan kita pelajaran yang besar dan muhasabah, bahwa mungkin kita lebih sering berharap rezekinya banyak nambah tapi makin ditambah rezekinya sama Allah kok sedekahnya malah jadi makin perhitungan.

Yang terpenting, teman yang baik membuat kita menjadi lebih baik dengan mengenal dia. Ini sih menurut saya. Kalau menurut teman-teman bagaimana? :)


17 comments:

  1. Gak baca ah, biar gak jadi favoritnya listeninda :D

    ReplyDelete
  2. Seimbang kaya manisnya gula jagung itu ya. Ahahahahaha.
    Aku fansmu lohhh. Mana ketua fans clubnya?

    ReplyDelete
  3. Pada dasarnya seorang Teman itu pasti baik, kalau nggak baik mana pantas disebut baik Nin...

    ReplyDelete
  4. ....Maksudnya disebut sebagai seorang teman...

    ReplyDelete
  5. Terserah saja mau jadiin favorit atau tidak, yg paling penting saling berkunjung. Itu bagus kan nind, asal ada waktu.

    ReplyDelete
  6. Sip sip sip saya suka dengan kutipan ini:

    “Pola hidup sehat menurut saya bukan hanya soal menjaga kondisi agar tubuh tidak kelelahan, sakit atau menjaga makanan yang kita konsumsi tetap sehat dan gerak tubuh yang menimbulkan keringat tapi juga pola pertemanan yang sehat. Yang 'saling'. Yang tidak memperlakukan kita seolah kita fansnya, yang tidak pula kita perlakukan sebagai fans. Pun juga saling menghadiahi kebaikan berupa apapun. Karena pertemanan yang tidak seimbang cenderung kurang melekat. “

    ReplyDelete
  7. Enakan punya banyak teman ternyata memang. Jadi lebih berwarna yak. Interaksi dua arah. Salam kenal.

    ReplyDelete
  8. kalau menurut saya temen yang baik tuh yang selalu senang mendengarkan cerita kita...

    salam hangat kak nindaaa :)

    ReplyDelete
  9. Berteman dg banyak blogger dg niche yg beragam, aku suka
    Tapi aku paling suka sama temen yg baca artikelku dari awal sampe akhir paragraf, jadi nyambung sama komennya :D

    ReplyDelete
  10. Mbak ninda mah keren, istiqomah kunjungan baliknya.. gak kayak aku -_-

    ReplyDelete
  11. Jadi inget blogger lama yang sekarang banyak yang udah nggak ngeblog lagi... Rasanya dulu tanpa ada komunitas bla bla bla... Silahturahmi dengan berbalas komen rasanya sudah seneng banget... Hehe, rada oot yak...

    ReplyDelete
  12. teman yg seimbang itu ada di saat kita ada dan tiada :D
    ga cuma dateng pas butuh aja ^^

    ReplyDelete
  13. Temen yg baik, hmmm.. Jadi kangen temen2
    Yg bisa ngingetin juga selain have fun bareng :)

    ReplyDelete
  14. Kayak kita ya mbak, saling mendukung dalam lomba yg sama, dan sama-sama kalahnya.. hahah

    ReplyDelete
  15. saya nggak nyapa, saya cuma komen, eh

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Klo yang sepihak pedih banget ya hihi
    Brasa jadi fans
    Uda sana duluan yang ngeadd tapi cuma modus cuma dijadikeun barisan fans
    Menuhi kuota follower biar dijadikeun buzzer, mungkin....
    Interaksi pun jangan harap ada
    Hahahahahah

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...