Friday, June 10, 2016

{ RESEP } BOLU JADUL KEJU - CEPAT DAN MUDAH

Saya sedang suka makan bolu jadul, eh sudah lama juga ding sukanya. Sewaktu masih di Jakarta saya senang banget kue ini, bolu jadul keju dengan kuantitas keju yang melimpah ruah dengan kemasan yang apik dan terkesan eksklusif sehingga pantas untuk dijadikan hadiah. Kue bolu jadul milik sebuah brand terkenal yang menjadi pioneer kue ini jadi cemilan hits kembali. Tapi toko kuenya hanya melayani pengiriman di Jakarta. Pun harganya juga lumayan banget sih, satu kotak kecil 100,000 belum biaya kurir sementara yang besar 250,000 kalau nggak salah inget, belum biaya kurir juga. Yang sekotak gede lebih murah memang, tapi karena di Jakarta saya tinggal sendiri jadi ya bisa sampek seminggu makan itu buat sarapan.

Nah akhir-akhir ini saya sedang suka follow beberapa akun media sosial masak memasak. Di salah satu media sosial sedang populer resep bolu jadul ini, saya jadi penasaran. Selain doyan juga karena di rumah sedang krisis cemilan. Sementara bahannya juga gampang, sudah ada semua nggak perlu beli lagi di toko kue. Ini resep aslinya saya ambil dari instagram @doyanbaking namun dengan modifikasi. Aslinya di panggang, tapi karena saya malas ngurusin oven tangkring alias otang dari mulai nurunin dari rak, bersihin debu sampai beresin habis dicuci jadi pakai kukusan aja yang sedang siap sedia di pakai.


RESEP BOLU JADUL KEJU




Bahan-bahan:
Bolu
4 butir telor ayam negeri (resep asli 4 kuning telor, 2 putih telor)
Tepung terigu protein sedang 7 sendok makan (resep asli memakai ukuran gram)
Gula 7 sendok makan
Vanili 1/2 sendok teh
Butter atau mentega 4 sendok makan

Butter cream:
Mentega/butter
Susu kental manis

Alat yang saya pakai:
Mixer
Kukusan

Cara Membuat:
  1. Lelehkan butter atau mentega hingga mencair, biarkan hingga dingin
  2. Panaskan kukusan dengan api kecil
  3. Siapkan loyang, lapisi bagian dalam loyang dengan mentega
  4. Mixer 4 butir telor ayam negeri bersama dengan 7 sendok makan gula pasir dan vanili hingga mengembang dan kaku kira-kira 10-15 menit
  5. Masukkan butter atau mentega cair dengan cara bertahap, aduk dengan cara dibalik-balik dengan spatula
  6. Masukkan tepung terigu protein sedang sebanyak 7 sendok makan dengan cara diayak, aduk balik kembali dengan spatula hingga merata
  7. Tuang ke dalam loyang dan kukus selama kurang lebih 15 menit
  8. Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi untuk memeriksa kematangan kue, jika sudah angkat dari kukusan dan diamkan sejenak
  9. Keluarkan kue dari kukusan dan lepaskan dari loyang, diamkan hingga kue dingin
  10. Sambil menunggu kue dingin, mixer mentega kemudian campurkan susu kental manis dan mixer kembali hingga tercampur rata berbentuk krim
  11. Oleskan butter cream di kue yang mendingin, parut keju atau cokelat blok sesuai selera di atasnya

Resepnya gampang banget dan nggak membutuhkan waktu lama untuk eksekusinya. Dan enak. Oh ya kue ini bisa mengembang tanpa memakai SP atau baking soda sehingga tidak perlu menambahkan keduanya juga tidak masalah. Kue tanpa pemakaian SP dan baking soda lebih aman dan sesuai dengan pola hidup sehat untuk dikonsumsi anak-anak atau balita.

Sudah pernah bikin bolu jadul seperti ini juga? Share dong :)

5 comments:

  1. Jadi itu lope lope yg warna warni itu apa?

    ReplyDelete
  2. Coba aaaaah... Buat menu buka puasa besok...

    ReplyDelete
  3. Udah biasa bikin kue ya Ninda, aku mah rada takut modif resep kue (kecuali yg udah bbrp kali kubuat) kuatirnya bantat
    Iya bagusnya emang tanpa sp & bp/bs ya, kebetulan lagi nyari resep yg kayak gini nih :)

    ReplyDelete
  4. Gampang, tapi aku gak due mixer wkwkwkw

    ReplyDelete
  5. Kamyu rajin sekali bikin kue. Hihii
    Mantu idaman mertua :)

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...