Sunday, July 17, 2016

KUE LEBARAN TAHUN INI

Saya penggemar berat kastengel. 
Lebaran-lebaran tahun lalu setiap menjelang lebaran saya selalu beli beberapa toples besar kastengel ini untuk diri sendiri. Ada teman dari kantor sebelah yang jualan kue lebaran buatan sendiri dan kuenya enak, kastengelnya pakai keju tua dan rasa dan wanginya keju banget. Template pesanan kue saya tiap tahun sama-sama aja kastengel 3 toples, chocolate corn flake dan kacang mede pedas masing-masing satu toples. Buat suguhan kalau teman atau adek sedang main ke kos tapi terutama buat cemilan sendiri sih. Hahaha. Pantes gitu jarum timbangan gerakannya ke kanan terus.

Lebaran tahun ini
Tahun ini ketika di rumah, ada dapur dan oven tangkring yang siap dipakai... chocolate corn flake sih bikinnya gampang banget tapi belum tercapai juga bikin kastengel sendiri. Saya masih beli dari seorang teman yang menerima pesanan kue lebaran. Enak juga sih, wangi kejunya kecium dan enaknya juga keju banget, bukan jenis kastengel yang rasa asin gurihnya dari garam dan kaldu bubuk semata yang banyak di pasaran dengan bandrolan harga yang jauh lebih murah.

Cari-cari resep kastengel di mesin pencari mengenai cara membuat kue kering sih sudah ya. Yang bikin belum tercapai adalah peralatan yang kurang lengkap, belum punya rolling pin, sarung tangan tahan panas dan loyang cookies. Rolling pin dan sarung tangan tahan panas sih barusan saja beli, tapi loyang cookies masih belum punya. Coming soon, sedang survey harga dulu saat ini. Iya saya tahu lebaran udah kelar, jadi agak ketinggalan masa hits gitu kalau bikin kastengelnya bulan depan.

Tapi kastengel adalah salah satu cemilan all time favorit saya, bukan hanya cemilan lebaran seperti image-nya bagi kebanyakan orang :D Jadi nggak masalah lah ya kalau bikinnya pas bukan suasana menjelang lebaran. 

Salah satu teman baik saya yang dulunya juga teman kerja sebelum sama-sama menjadi ibu rumah tangga, saat ini sedang merintis usaha kue homemade. Dia barusan coba-coba bikin kue kering untuk lebaran dan nawarin saya untuk kirim tester setoples tapi sampek kelar lebaran belum terealisasi juga karena dia masih kurang sreg dengan kue kering buatannya, belum nemu campuran yang bener-bener mantap kata dia. Sebagai orang yang ditawarin tester, ya sudah saya sih pasrah.


Kue lebaran yang bikin sendiri kemarin adalah pastel kering isi abon yang dimasaknya no bake, dengan cara digoreng. Pertama kali buat saya bikin pastel kering ini, lumayan ribet dan bikin dehidrasi saat puasa dan hawanya Surabaya sedang panas-panasnya. Tapi hasilnya memuaskan, pastel keringnya nggak alot dan mudah digigit tanpa lembek terus langsung abonnya ambyar di mulut. Yang susah milin pinggirannya itu lho, butuh bikin sekian puluh pastel baru saya bisa memilin bagian pinggirannya dengan cakep. Not bad lah untuk pertama kali ;) Untuk yang pengin bikin kue-kue buat isian toples layak coba banget bikin ini, gampang enak dan paling penting murce! :p

Hai mantemans, gimana libur lebarannya?
Mudik atau di rumah sajah? Lebaran kemarin bikin dan makan apa bareng keluarga?

10 comments:

  1. Kmarin aku buat bolu, tp untuk takjil sampe tanganku gosong, haha

    ReplyDelete
  2. aku ada rasan-rasan pengen beli oven (pun oven tangring ga masalah), tapi belom kesampaian *nangis di pojokan
    aku pun...pengen bikin kastengel yang sekeju kejunya punyak adonan...jadi beda ama yang abal banyak penyedap yang murah 30 rebuan
    hmm keju tuna itu ikan apa ya? jadi keju rasa ikan?

    ReplyDelete
  3. pastelnya dikepang (dipilin) manual itu nyinn?
    pasrah jadi tester, tapi mengatakannya dengan bahagia ahahahah

    ReplyDelete
  4. Wahhh saya jugaa suka banget sama kastengel..... kadang kalau lagi pengen banget satu toples bisa abis buat sendiri... keju nya itu lho enak banget :)
    Pengen nyobain pastel kering isi abon nyaa... kayanya enak banget ituuu :D

    salam kak Ninda...

    ReplyDelete
  5. pastelnya enak tuh :D kalo tahun ini aku beli kuenya, ga bikin sendiri :D

    ReplyDelete
  6. Aku mah bagian makan aja. Ga telaten bikin kue. Btw aku dibawain kastengel sama mantan calon ade ipar. Huahahaha complicated

    ReplyDelete
  7. Kemarin bener-bener gak bikin kue blassss... Hehehe... Minta resep dooooonk hehehe. Eh, nanti kalo aku pesen sus cokelat aku WA ajah ya... sepertinya bulan depan karena si krucil rada batuk jadi stop jajanan hahaha

    ReplyDelete
  8. Kastengel sya hbs pas lebaran pertama, soalnya sbn buka ama saur diambilan buat nyemil.

    ReplyDelete
  9. Aku makan kastengel d rumah temen. Heuu malah pas udah beres lebaran.

    ReplyDelete
  10. Ada cetakan buat pastel mbak, jadi gak perlu susah-susah milin manual gitu. Kalau aku mah buat nastar, kue nanas model keranjang, mau buat kastangel udah cari2 resep di google, eehh gak terealisasi.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...