Sunday, July 31, 2016

STOP MAKING NEGATIVE PEOPLE FAMOUS

Jadi, anggap aja ini lagi baca dongeng berhubung lumayan panjang terus sarat akan kegondokan saya.

Seminggu kebelakang, saya tahu banyak meme tersebar dan update blog yang berhubungan dengan bocah wadon baru mens kemaren yang nangis-nangis di mbakyutub karena putus sama bocah lanang baru punya jakun kemaren (err mungkin nggak baru mens kemarin juga ya secara umurnya sudah 19 biarpun baru lulus SMA, dan seumur gitu semestinya seseorang sudah bisa bertanggung jawab pada diri sendiri). Segitu fenominilnya sampek semua pengen tahu dan nonton video yang bersangkutan, jadi jangan heran viewer-nya segitu banyak. Adek saya nonton, saya yang disodori layar smartphone mau nggak mau jadi ikutan nonton. Viewer segitu banyak bisa bikin si dedek cewek ini dapat pemasukan yang lumayan dari mbakyutub ya kayaknya.
Agak nyesel gitu saya nontonnya :(

Saya mengamati aja komentar yang muncul, di meme-meme itu yang belain adalah dedek-dedek gemes yang sama anak kemaren sorenya. Yang gaya pacarannya ya sama gitu deh gendong-gendongan dan kissing difoto terus upload media sosial.

Kalau orang bilang, terutama tante-tante lincah dan mak-mak yang tahu kejadiannya si dedek pasti aja deh bilang, "What? 5 bulan pacaran terus putus dan nangis-nangis?"
Putus dan nangis itu wajar ya nggak sih? Tapi masalahnya si dedek ini lumayan ribet juga, bayangin lah pacaran 5 bulan, foto kissing dan digrepe-grepein segitu banyak dipajang di sosial media semua, ditontonin netizen terus diputus apa nggak berasa harga diri ilang gitu?
Jadi dia nangis sampek kayak gitu ya... jelas sebabnya sih.

Dan iya, semuanya itu dishare di akun sosial media yang bikin saya nggak habis pikir.
Sekarang kok orang punya aib justru malah bangga ya?

Bala-balanya si dedek juga berani mati, macam fans buta kebanyakan makan ciki.

Dalam video ceritanya nih ya, ada curhatan si cewek kalau dia melepas impiannya kuliah di FK UI demi bisa nemenin cowoknya. Biar dia nggak sibuk gitu. Ini memancing pemahaman netizen kepo dan spekulatif apalagi fans buta bahwa si dedek diterima di FK UI, tapi nggak daftar ulang.
Ye nggak?

Ternyata nggak benar, jadi ada mahasiswa FK UI yang karena isu ini sampai mengklarifikasi lho kalau dedek gemeus yang bersangkutan memang nggak diterima di FK UI kok. Mungkin maksudnya melepaskan impiannya untuk berusaha masuk kesana or whatsoever ya, tapi kalau diterima sih enggak.

Terus si dedek mahasiswa FK UI ini malah di bully dan dikomentari negatif fisiknya sama fans si dedek gemeus selebgram dengan tuduhan iri.
Saya jadi mikir ini fansnya kebanyakan makan ciki apa kebanyakan ngemilin micin? Masa hal sesederhana gitu aja salah tanggep terus bully-nya main fisik?
Lagian dikasih apa sih dek sampek segitunya bela di dedek femes selebgram? Mending juga dimakasihin, lha kamu dianggep juga enggak, kamu ada aja dia nggak nyadar kok.

Tante disini bingung dek, mau ngakak miris apa langsung pergi ke salon terdekat buat hair mask *apaan*. Biar kepalanya nggak pusing ngelihat tingkah polah abegeh jaman sekarang.

Terus makin kesini kok si dedek gemeus malah semakin terkenal ya, malah semakin diundang kesana kemari ke berbagai acara buat di wawancara. Acara radio sih, tapi makin kesini dan nanti siapa tahu? Mungkin bakal diundang talk show kemana-mana, atau malah jadi duta moral?

Kita memang mengecam tingkah polah seseorang. Ya, mungkin saja basically dia pintar. Tapi pinter nggak bikin seseorang jadi otomatis bermoral, sebaliknya bermoral apalagi ditambah pondasi takut akan Allah bisa membuat seseorang jadi pintar. Pintar memilih jalur hidupnya, terutama.

Ya kita memang tidak setuju dengan kelakuan si dedek gemeus, tapi tanpa kita sadari dengan blow up opini terang-terangan dari kita... si dedek jadi semakin terkenal saja. Oke mungkin terkenal dari sisi negatif ya, tapi kita nggak bisa mengabaikan fakta bahwa dengan booming cerita si dedek akan membuatnya semakin banyak mendapatkan income dari share kehidupannya yang kebanyakan negatif ini.

Stop making negative people famous. Biar dedek-dedek yang lurus-lurus aja terselamatkan, bukan malah terinspirasi untuk meniru kelakukan dedek gemeus femes dan teman-temannya. Yang nggak malu share gaya hidup mereka yang amrik banget, padahal hidupnya disini juga terus dapat uangnya juga karena fans lokal. Tapi marah hingga mengancam lapor polisi pada haters dan netizen yang mengkritisi sikap mereka. Menuduh orang asal judging dan nggak mau dengerin saran dari orang-orang yang justru positif dan waras. Sendirinya minta dikomentarin, tinggal di negara timur tapi kelakuan sok penganut gaya hidup bebas.

Dear mantemans,
Kalau kepo, sebaiknya nggak nonton video mbakyutub-nya langsung apalagi terus share ke media sosial kita ya. Mungkin bisa lihat alternatif dari mbakyutub chanel lain atau apalah. Kalau mau komentar di lapak pribadi kita macam sosmed atau blog ya sebisa mungkin nggak usahlah ya sebutin id dia atau namanya. Nikmati berita dia via blogwalking atau media online saja.
Blow up yang jelas-jelas positif saja, ibu-ibu positif hamil yang masih penuh semangat mengurus rumah tangganya juga boleh. Positif banget kan? Positif hamil plus positif karena penuh semangat urus rumah tangga.

Inipun saya tulis karena otak saya keberatan, kebelet pengin komen dan nulislah saya dimari. Syukur alhamdulillah kok dua adek saya bandelnya cuma bikin saya pengin ngomelin, nggak bikin saya pengin masung kakinya.

Semoga si dedek gemeus segera balik jadi dirinya yang dulu, semoga dia dimasa depan muntah-muntah sendiri lihat kelakuannya saat ini karena itu berarti dia paham betapa 'apa banget'-nya dia saat ini.

31 comments:

  1. Setuju. Ketika seseorang sudah masuk TVnasional apapun itu pemberitaannya, baikkah burukkah, itu sama dengan membuat orang tersebut tenar. sama dengan membikin orang tersebut kebanjiran job dan pundi-pundi. sama dengan akan banyak lagi orang yang akan mengikuti jejaknya. DAMN!

    Menurut saya, sudah waktunya lembaga sensor itu mencampuri tayangan yang ada di nyutub. Difilter baik-baik. Disana semua orang terlalu liar. Iya cara bergaulnya, cara pacarannya, cara bicaranya. uncontroll. dengan dalih kebebasan berkreasi. Kasian kalau sampai ditonton dan dijadikan role model oleh adek-adek kita yang masih mencari jati diri.

    Semoga Allah melindungi kita dan anak keturunan kita dari pengaruh yang menjauhkan kita dari kebaikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mbak, semoga Allah menjaga kita dari hal2 yang Dia tidak sukai

      Delete
  2. Kok aku senyum-senyum baca tulisanmu yg ini mbak. Hihi gaya bahasanya lucu soalnya, ga kayak biasanya :v apalagi bagian akhir :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. dedek gemeus bikin daku gemeus emosih :/
      masalahnya adek2 cewek semua jadi kuatir

      Delete
  3. Cukstaw lah tentang si dedek gemeus (Eww!) yang fenomenal dan bikin nama serta cara influencer indo jadi tercemar; terkenal karena sensasi

    Nggak cukup TV aja apa ya jadi media pelahir tokoh sensasional?
    Haruskah internet sbg saluran ekspresi anak-anak kreatif ikut diembat dan dieksploitasi lahannya oleh negative people semacam si dedek? :/

    I'm soooo in line with you, tante

    Sekitarku banyak banget yang ngomongin dia.
    "Eh udah nonton belum vlog si dedek gemeus yang nangis nangis putus? Yang mulutnya sumpah serapah semua.."

    Terus yang lain yang belum nonton jadi ikutan pada nonton
    Sementara di belahan dunia lain ada vlogger yang capek capek shooting konten kreatif dan bermanfaat dan inspiring (misal: Dianarikasari) dikit banget penontonnya

    I mean,
    WHAT THE HELL?

    wkwkwkwk

    Doamu kuamini saja lah kak. Nggak mau ngedoain hal yang lain.
    Seems like she doesn't worth it :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gitulah nak, tante juga tak paham :))))

      aul emang ketjeh, semoga jakarta tak merubahmu ya

      Delete
  4. Nyin, adekku dedek dedek lurus lempeng--keterima di FK , uNs sih, tapi anaknya lempeeeeng banget..hihi, padahal dia masi 17 tahun, tapi sekarang pakaiannya dah syari..aku aj sebagai mb kaget, kok dia bisa sholehah gitu ya trus pinternya ngalah ngalahin kakak kakaknya hahhahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ah nyit jangan mau kalah sama adek kalem ;)

      Delete
  5. Btw aku dari tgl 27-31 doang di jakarta kak
    Daftar ulang kuliah dan berburu kos kosan murah
    Sekarang (IYA SEKARANG) lagi di ruang tunggu Bandara halim nih mau balik ke padang lagi. Jam 19.00 terbangnyaa

    Rencana balik ke jkt lagi tanggal 18-08.
    Ada agenda kampus sampe tgl 20-08 trus kosong trus masuk kul 29-08.
    Detail yaaa hehe. Naon atuh tan nanya posisi dedek imyuts? (gamau kalah dari dedek gemeushuek haha)

    Mau ngajak meetup trus traktir aku sih boleh banget
    heheheheh

    Btw for intens touch add aja LINE aku ya kak. Id nya :
    helloaul

    Have a nice sunday night!

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha eyke kan udah nggak di Jakarta lagi aul :D

      Delete
  6. Huahahaha iya bener, paragrap terakhir itu loh...

    ReplyDelete
  7. Bener banget... Entah kenapa sekarang video yang kaya gitu kok kayanya malah banyak yang suka nonton... Padahal isi video nya ga penting banget cuma curhatan yang seharus nya ga perlu di publish juga sih... Heran kenapa malah sekarang dia makin terkenal dan di endorse sana sini sampe jadi pembicara segala... Orang2 kaya gini malah banyak fans nya aneh banget...

    Salam kak Ninda :)

    ReplyDelete
  8. Tante upload foto ciuman juga donk,, *dicekokin micin*

    Kalo menurutku semua orang harus tau dedek2 model gini.. aku malah prihatin ibu2 punya instagram aktif tp gak tau gimana trend pergaulan di sosmed.. akhirnya pas si dedek ke-blow up langsung heboh ngecekin sosmed anaknya.. penting buat ortu tau lingkar pergaulan anaknya di dunia nyata atau maya.. tp ya gak usah malah jadi ikut2an follow akunnya juga keleus, haha..

    ReplyDelete
  9. Auch... Jadi gemeush deh... Hahaha. Tapi beneran kadang orang apa nggak sadar ya walau mengecam tapi ikut bikin n tambah terkenal. Aku untungnya gak sampe liat itu video... Eman-eman kuota. Hahaha. Tp efek dedek gemeush ini lumayan bahaya loh kalo dibiarkan.

    ReplyDelete
  10. Ikut nyengir sedih aja mba... makin dibahas takut makin top...

    ReplyDelete
  11. macam fans buta kebanyakan makan ciki <<< sebagai penggemar ciki dan penggemar jajan bermicin aku nggak rela disamain sama mereka -_-

    aku belum ngepoin yutub atau instagram-nya blas. malesi. malah bikin badmood kalo nonton. mana bakal nambah view pula, ntar makin banyak yang endorse dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan over konsumsi pokoknya ya mil :p
      apalagi ngemil micinnya doang, tar mabok kayak balabala si dedek

      Delete
    2. kalo penasaran tonton dari chanel lain yang no cut aja mil. di chanel dia kabarnya udah di cut2 semenjak banyak bullyan

      Delete
  12. 100000% aku setuju Nindaaa!!
    berat banget sih ngelepas penasaran ini. Kayaknya kita pasti (ter)kepo deh bila ada yang femes gini, secara aku gak tahu sama sekali sama si dia. Tapi syukur deh cuma baca cerita dia aja, jangan sampe lah ke semua akun dia ku pantengin.

    ReplyDelete
  13. ngakak baca bagian: fansnya kebanyakan makan ciki apa kebanyakan ngemilin micin? :D
    smoga si dedek dapat hidayah dan dipertemukan jodoh yg alim. kaan, baik2 kan pada ndoain. hohoho..

    ReplyDelete
  14. Saya bingung harus bilang apa :)

    ReplyDelete
  15. Hentikan Perbuatan Negatif Menjadi Terkenal

    Sebuah judul yang emang pantas banget untuk membahas dedek-dedek gemes. Jujur aja sama kakak, aku gak pernah klik videonya sampe sekarang. Alasannya simple, aku gak gampang terpengaruh sama orang yang terkenal dan nyari sensasi dari nangis diputusin pacar doang. Lagian pacarannya gitu. Terus baru 5 bulan.. Bener kata kak Ninda. Wajar!!!

    Indonesia itu Negara yang paling aku banggakan. Serius. Ketika beberapakali ke Luar Negeri, aku selalu bercerita tentang Indahnya Indonesia. Tapi, aku tidak pernah mau membahas bagaimana isinya Indonesia. Karena, aku juga malu melihat kenyataan seperti ini. :'(

    Padahal orang Indonesia yg punya prestasi lebih banyak dari yg upload video itu banyak, tapi entah kenapa masih juga memberikan Video yg aslinya aku anggap sampah. Iya, gak guna. Ini aku bisa ngomong sampah, ya karena udah banyak temen-temen blogger yg ngereview dia.

    Aku mah, gak mau ngikutin trend gitu sampe ngepost nama dedek gemes itu di blog. Serius.. Entah kenapa media masapun seakan ikut campur dalam content yg gak seharusnya kek gini. :'(

    ReplyDelete
  16. suka sama gaya bahasa kak ninda yg gini, jd ga bosen bacanya :D #salahfokus. hmm betul, semakin dishare semakin terkenal jg ya dia.. yahh smoga di masa mendatang dia berubah mrnjadi lebih baik

    ReplyDelete
  17. Aku jarang lihat video di Youtube. Kalaupun buka, tidak lihat video aneh2 macam cerita di atas. Membuang-buang waktu dan seolah seperti memberi persetujuan tindakan mereka yg mengupload video2 alay tidak jelas. Generasi sekarang memang banyak krisis jati diri. Pusing juga mulai dari siapa dan darimana untuk membenahi ini semua?

    ReplyDelete
  18. tapi pong salut sama si dedek gemesh yang anti masuk angin biarpun bujelnya berkeliaran... popong jadi pengen endorse tolak angin ke dia

    ReplyDelete
  19. Ngeliat video dedek femes selebgram itu gegara temen sebelah (dikantor) nyolek trus nunjukin videonya di laptop..
    oalaaaah x____x
    Cuma bisa geleng-geleng aja sama video nya dan komen-komen hatersnya.

    So? So, hmm jadi mikir, gimana nanti supaya anak aku kelak?
    Zaman sekarang harus pinter-pinter pilih temen dan lingkungan yang mendukung.
    Supaya pergaulannya ga kayak dedek femes selebgram itu, jadi dede-dede sholeh/sholehah aja yang tau aturan :)

    yuk kita doain aja kak Nin, semoga dia jadi sadar, belajar dari kesalahan, dan bisa kembali berhijab, jadi muslimah sholehah ^_^

    ReplyDelete
  20. hmmm jaman sekaarang mah susah ya mba untuk memfilter berita negative/alay/gak jelas kayak gitu, tetep aja bakal ke-konsumsi walaupun gak sengaja, terus ujung-ujungnya bikin sebel juga -,-

    ReplyDelete
  21. ohh, ternyata dia gak keterima di FK UI yah Mba? kirain dia keterima tp gak mau daftar ulang.

    bala-balanya mirip sama fans agnes dan ATT yang gak mau nerima kritikan orang lain :(

    ReplyDelete
  22. lah aku jadi kepo mbak, aku gak tau berita soal dedek2 gemes itu yang baru mens kemarin yang syuting di mbakyutub :D
    tapi juga kalau dikasih liat palingan juga aku liat, malesi ngeliatnya ntar malah smartphone atau laptop atau apalah-apalah malah aku banting gemes, hahaha.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...