Thursday, September 29, 2016

DIET BERAS MERAH, NGAPAIN?


Meanwhile ketika saya masih ngantor, seorang teman di kantor saya mendadak saja membawa sekotak besar bekal. Padahal sebelumnya dia bukan tipe orang yang suka bawa bekal ke kantor, lha dia sama kayak saya yang penghuni kos yang ciri-ciri utamanya cuma bener-bener memasak pada saat butuh pertolongan pertama pada kelaparan yaitu kira-kira pada saat tengah malam, ketika hari libur atau saat stuck nggak bisa kemana-mana saat diluar sedang dilanda banjir. Dipikir-pikir sedih juga ya alesan terakhirnya haha.

Untuk pekerja korporat yang sekaligus juga anak kos, memasak sendiri justru kurang efisien bagi saya dan mungkin teman-teman lain yang senasib karena pasti lebih banyak menghabiskan waktu dalam sehari di kantor ketimbang di kos. Yang berarti nggak sempet masak karena nggak punya waktu dan kecapekan plus kalau masak pun mungkin nggak bakal habis. Beda banget dengan masa kuliah yang bisa hemat banget dengan memasak karena banyak waktu luang di luar jam kuliah.

Tapi ternyata si teman saya ini cuma bawa nasi merah doang di kotak bekalnya, nggak bawa lauk. Jadi dia tetep beli lauk di luar kantor. Saya tanya numben bawa bekal, nasi merah pula. Dia bilang sih dia lagi diet meskipun saya nggak ngerti kenapa versi dietnya dia nasi merah yang tetep aja banyak banget segabrek. Porsi nasi merahnya dia aja dua kali lipat porsi nasi putih saya.

Pas makan siang bareng dia jelasin bahwa yang dia maksud diet itu bukan buat nurunin berat badan aja, tapi juga semata biar lebih sehat. Seorang teman baik saya yang lain bilang bahwa nasi merah itu memiliki kandungan gula yang jauh lebih rendah daripada nasi putih jadi nggak semanis nasi putih, tapi seratnya tinggi jadi kenyangnya lebih lama. Kok saya jadi mendadak merasa kurang info ya?

Padahal beras sehat pengganti beras putih ini memang populer sekali. Terutama sih dikalangan orang yang sadar pentingnya hidup sehat. Bukan berarti beras putih itu nggak sehat lho. Namun kadang nih, kandungannya nasi putih justru nggak baik untuk orang-orang dalam kondisi tertentu. Dan nasi merah yang memiliki kandungan yang lebih baik bagi orang-orang tersebut, dapat menggantikan nasi putih sebagai menu harian.

Mungkin banyak yang ngerasa bahwa beras merah rasanya aneh. Ada yang bilang bahwa rasa beras ini hambar, percayalah saya juga berbikir hal yang sama kok karena memang pernah makan beras merah sih dulu dan rasanya selain hambar dan kering juga... gimana ya... seret banget. Tapi berhubung medical check up terakhir kemarin banyak kolega yang kaget karena tingkat kolesterol, gula darah cukup tinggi dan sebagainya maka nggak ada salahnya juga saya mengantisipasi dengan melakukan hal yang sama seperti si teman.

Jadi sudah diputuskan demi hidup sehat, saya dan seorang teman kantor lain sampek patungan buat beli beras merah untuk makan sehari-hari di kantor. Kurang total? Kami juga beli magicom bareng buat ditaruh kantor biar bisa minta tolong mas ob bikinin nasinya dan kami bisa makan pas jam istirahat dalam kondisi nasi tetep hangat biar makannya semangat, mengingat rasa beras merah yang ya gitu deh.

Beras yang kami beli itu beras merah organik dari e-commerce, sebagai percobaan kami cuma beli 2 kilo doang dengan harga 25,000 per kilo. Memang mayan mahal sih, tapi ternyata perkilonya baru habis semingguan kok, ternyata masak sedikit aja jatuhnya jadi banyak gitu dan kenyangnya juga lebih cepet. Soal rasa, dari pertama kali nyoba ternyata beras merah organik beda banget dengan yang saya duga. Ternyata enak-enak aja kok dan tetep pulen, memang rasanya nggak semanis beras merah tapi kok tetep enak ya. Dimakan sama lauk tempe sambel doang juga tetep enak, serius. Jadi buat yang mempertimbangkan untuk hidup lebih sehat dengan mengganti nasi putih jadi nasi merah, beras merah organik layak dicoba.

Berikut ini saya lampirkan juga beberapa manfaat nasi merah secara lebih lengkap untuk pertimbangan ya:

Manfaat Nasi Merah Bagi Tubuh


Mengontrol gula darah (mencegah diabetes)
Banyak orang yang umumnya sudah tahu, bahwa kadar gula yang dimiliki oleh beras putih sangatlah tinggi. Nggak heran para pasien pengidap diabetes tak diperbolehkan mengkonsumsi nasi putih lagi. Mereka dianjurkan untuk memakan makanan yang rendah kadar gulanya.

Merupakan sumber antioksidan
Nasi merah merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan antioksidan. Kandungan penting seperti vitamin, mineral, dan lainnya sangat banyak ditemukan di dalamnya. Ini membantu untuk membuang radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita.

Menurunkan kadar kolesterol jahat
Beberapa rekan kerja bermasalah dengan kolesterol, salah satu sebabnya karena menu dan pola makan yang tidak dijaga. Padahal kolesterol yang tinggi besar pengaruhnya pada kesehatan tubuh kita dan memicu timbulnya penyakit. Kandungan dalam nasi merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di tubuh kita.

Menurunkan berat badan
Impian banyak wanita adalah untuk bisa tetap makan tapi nggak jadi gendut, ya nggak sih? Nasi merah juga sangat baik untuk diet dan akan membantu kita memiliki berat yang lebih ideal. Ini karena nasi merah memiliki serat yang tinggi sehingga dengan jumlah porsi yang sama dengan nasi putih bikin kita kenyang lebih lama dari nasi putih, kira-kira sampai dua kali lipat. Kalau perut merasa kenyang, maka kita jadi terhindar dari ngemil-ngemil berlebih dan lapar mata pengin makan. Ya kan?

Manteman suka nasi merah juga? Kenapa nih kalau boleh tahu? :)

8 comments:

  1. Sukaaaa sama nasi merah! Terutama kalau lagi makan di restoran korea. Btw, salam kenal ya ;)

    ReplyDelete
  2. Meski kurang enak...mnurutku tapi ini penting. Lama engga beli sarapan nasi merah

    ReplyDelete
  3. Beda loh beras merah di sini sama di daerah. Di kampung mamaku rasanya kaya ada aroma kue gitu

    ReplyDelete
  4. pertamakalai nyoba beras merah waktu kuliah, ga enak. tapi udah nikah malah pernah jualan beras merah hehe soalnya beras merah yg saya jual gak pera, empuk sayang kemasannya gampang bocor dan berkutu jadi saya stop jualan lagi

    ReplyDelete
  5. Dan aku malah lebih kurang info ni hahhaa
    Oyaa, nasi merah enak dimakan pake sambel? Mahal deuii hahhaha
    Tapi bole deh
    Lemak uda ga kekontrol ni
    Aaaargghhh hahhaahahha

    ReplyDelete
  6. Dibanding nasi putih, nggak tau kenapa emang lebih enak nasi merah. Apa emang karena kebiasaan makan nasi putih, terus ketemu nasi merah langsung bilang enak? Soalnya jarang makan nasi merah. :'D

    ReplyDelete
  7. Aku pernah nonton sebuah interview tentang beras merah ini. Dan hal yang mengejutkan terdapat pada kenyataan bahwa jumlah Glukosa dalam beras merah hanya berbeda sedikit dengan beras biasa.

    Tapi, kalo mau dikaji lebih dalem, penggunaan beras merah memang memiliki banyak kelebihan. Ya, seperti yang udah kak Ninda jelasin di atas.

    ReplyDelete
  8. Aku udah setahun ini makan nasi merah. Karena ikut suami sih hehehe. Tapi emang enak kalau konsumsi nasi merah. Terasa kenyang lebih lama, seratnya juga lebih banyak :D

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...