Sunday, September 11, 2016

MIDNIGHT TALK


Bagaimana cara merutinkan diri untuk menulisi blog? Biar nggak malas, rajin update meskipun memiliki beberapa blog sekaligus?

Saya sering banget ditanya begitu oleh teman-teman dekat, teman-teman blog saat ini atau yang sudah lama saya kenal dari dunia blog. Percayalah, itu juga selalu menjadi pertanyaan di benak saya karena sebenarnya saya tetaplah nggak serajin 'itu' kok. Tapi kalau benar-benar ingin jawaban dari saya, masih sama: planner.

Biasanya saya mem-planning update-an apa yang mau saya tulis dan blog mana yang mau diupdate. Seringnya seminggu sekali, bisa lebih dari itu jika mendadak ada to do list baru atau koreksi untuk yang sudah saya rencanakan. Acara memiliki beberapa blog sekaligus ini memang diniatkan untuk membuat saya lebih produktif saat urusan rumah dapat diselesaikan dalam waktu singkat meskipun belakangan justru maintenance-nya lumayan 'fiuh' juga :D Yah yang penting selama kesibukan itu positif kita akan lebih banyak terhindar dari pikiran negatif dan mempergunakan waktu secara lebih bertanggung jawab, nggak males-malesan, lebih produktif.

Seorang teman dekat bahkan menjadikan saya pemicu semangat ngeblognya, dia selalu berbagi pengumuman lomba via chatting dan bercerita mengenai rencana dan proyek pribadinya dalam menulis. Katanya dengan ngobrol bareng saya bikin dia merasa semangat untuk update blog dan menulis.

Saya memang berusaha meluangkan waktu untuk menulis di blog kapanpun selama saya merasa ada yang ingin saya ceritakan, apapun entah tentang khayalan, pemikiran atau kehidupan sehari-hari. Bahkan ketika pulang dari acara 'closing' bulanan atau laporan bulanan yang cukup memakan waktu dan membuat saya harus pulang malam, saya menulisi blog. Sering sesampai rumah, mandi dan melewatkan olahraga kemudian memegang ponsel dan mulai mengetik meskipun kadang hasilnya tidak banyak bahkan sering hanya beberapa kalimat saja. Yang penting ada yang lepas dari kepala setiap harinya dan itu membuat saya nyaman, sama nyamannya dengan pijatan di kepala.

Teman dekat saya tidak pulang kerja semalam saya yang dulu dan dia merasa tidak bisa sering menulisi blognya.

"Berarti passion kamu memang disini ya, Nin..." katanya suatu waktu di tengah perbincangan kami.
"I don't even know, apa memang passion itu yang seperti ini?"

Saya memiliki passion dalam blogging itu benar, menulis adalah teman baik saya sekian lama bahkan sejak saya baru bisa menyusun kalimat berantakan di buku sekolah dasar. Prosesnya bikin saya rileks entah kenapa dan setelahnya juga menyenangkan, seperti ada sesuatu yang berhasil keluar dari pikiran dan membuat saya merasa lega. Mungkin blog bagi saya sama artinya dengan pensieve Dumbledore versi muggle.

Tapi, saya tidak hanya memiliki passion dalam bidang ini saja, saya masih suka bekerja dengan angka, masih suka doodling dan mengisengi planner saya dengan coretan dan tempelan sticker serta washitapes. Saya juga masih suka berkutat di dapur, membuat makanan enak dan memakannya itu membahagiakan sih. Saya tahu hal-hal tersebut passionate buat saya karena mengerjakannya sering terasa seru dan membuat lupa waktu, lapar juga nggak berasa. Banyak hal-hal yang saya merasa senang melakukannya hingga lupa waktu, terutama yang berhubungan dengan bekerja. Bekerja selalu menyenangkan sih, karena apa pun kerja keras yang sedang kita lakukan akan mendapatkan kompensasi. Itu buat saya.

Menjadi freelancer berarti menyediakan diri untuk pontang-panting mengatur jadwal keseharian kita dan tiap jamnya harus berjuang mengatasi rasa malas. Saya pernah gagal mengatur waktu dan itu bukan hal yang saya sukai, saya memakai planner untuk menepati dateline dengan baik berhubung saya sering melupakan hal-hal penting jika terlalu sibuk. Jatuh-jatuhnya sering begadang karena ada yang belum terselesaikan pada hari itu. Kebiasaan yang disarankan suami untuk ditinggalkan meskipun saat dia kerja di malam hari, tapi sulit untuk begitu saja hilang. Saya menjelaskan pada dia kalau saja saya hanya duduk depan laptop saja dan mengurus diri sendiri, saya bisa menyelesaikan apa yang saya harus kerjakan sejak pagi hingga sore sebelum pukul 5. Tapi karena segala hal yang harus saya lakukan untuk mengurus rumah membuat jam kerja saya mau tidak mau harus dipecah pada pagi dan malam hari.

Jika sudah buntu dan merasa penat, yang saya lakukan pada malam bahkan dini hari adalah meregangkan punggung sejenak kemudian ke dapur membuat cokelat panas, teh hangat atau air lemon hangat kadang saya juga mencampurkan keduanya untuk menikmati lemon tea. Tidak perlu cara tertentu yang khusus untuk membuat minuman ini, cara membuat minuman segar tidak harus rumit. Kantong teh Sariwangi saya masukkan dalam mug air panas tanpa gula kemudian saya memeras lemon diatasnya, diaduk-aduk. Teh hangat bikin rileks dan lemon alhamdulillah hingga saat ini menjaga kondisi tubuh saya tetap segar meskipun mengantuk bahkan saat sedang hectic-hecticnya. Sering ditemani dengan cemilan yang saya buat dengan memakai oven tangkring di rumah. Iya ngemil di malam hari, tapi kan butuh energi buat mikir ya ;p

Yah itu yang saat ini sedang saya lakukan, minum minuman hangat sambil curhat random begini.
*sambil menghidu aroma minuman di mug*

12 comments:

  1. klo saya masih baper harus nulis beberapa blog sekaligus mbak, yang bener-bener dirawat cuma satu, itupun banyakan sponsored content, eh :3

    ReplyDelete
  2. Kayanya kalo di wa, kita ngobrolin dollar.
    Eeaaaaa.
    Hahahaha

    ReplyDelete
  3. Aku biar pun udah dijadwal, kali kadung kecantol sosmed, buyar semua,, haha

    Btw, sorry mbak, aku kelewatan GAnya, baru sadar kemaren udah lewat tanggal 10.. anakku sakit dua kali jadi gak fokus,, >,<

    ReplyDelete
  4. Ayo dong nyin bikin postingan tentang dudlw hihihi

    ReplyDelete
  5. aku punya tiga blog aja yg satu nganggur mbak -_-

    ReplyDelete
  6. Aaaw

    Ini nggak sih yang dinamakan self-quality-time kak nin?

    Aku udah gabisa :(
    Pulang kuliah sore terus nyampe kosan tepar.
    Kalau nggak tepar palingan bersih-bersih, cuci ini itu, dll.
    Pas weekend jalan-jalan sih, tapi rame-rame.
    Enggak sendiri.

    Blog aja udah nggak update.
    Boro-boro self-quality-time.
    Kacau balau semua hidupkuuuu

    Huhu

    #KokMalahCurhatDisini

    ReplyDelete
  7. Btw kemaren ini aku dapet info lomba nulis novel kak nin.
    Rencana nya mau ikutan nih. Bismillah aja sih, iseng-iseng sekalian maksain diri biar produktif nulis lagi.

    Ini yang deadline nya 20 September 2016
    http://sayembaramenulis.blogspot.co.id/2016/09/sayembara-menulis-novel-remaja-novela.html

    ini yang deadline nya 30 September 2016
    http://sayembaramenulis.blogspot.co.id/2016/06/sayembara-menulis-novel-dkj-2016.html

    Yuk ikut yuk kakninnn

    ReplyDelete
  8. Dibilang hobi nulis enggak,, tapi suka nulis,, walaupun enggak sering,, kalau sayamah fokus dulu satu blog,,, kalau trafiknya udah menggila lah tinggalin saja ... XD habis manis sepah dibuang,,, baru deh pindah ke blog lainnya,,, atau diatur seminggu sekali,, mana yang mau di update,, tapi kadang - kdang bisa update secara bersamaan dalam satu hari untuk semua blog,,, lumayan menyita waktu juga...

    ReplyDelete
  9. berhubung waktu magabut saya dikantor sudah berkurang, jadi susah buat nulis blog di kantor. belum lagi jadwal wajib nulis mingguan di portal traveler.
    sekaang lebih suka nulis di rumah, biasanya sampe tengah malem sambil empot empotan... ngurus anak.
    jadwal traveling jg jd mepet sekarang

    ReplyDelete
  10. eh makasih mba resep teh lemonnya, ini komen OOT hehe

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...