Thursday, October 13, 2016

ONLINE TRAVEL AGENT, SOLUSI SAAT URGENSI BUTUH TEMPAT MENGINAP

Jadi ini cerita pengalaman seorang teman saya, saat dia melakukan pemesanan hotel melalui sistem online dengan dibantu oleh online travel agent. Cerita berawal ketika adik dari teman saya akan diwisuda sebagai tenaga kesehatan di salah satu akademi farmasi angkatan laut di daerah Jakarta Pusat. Gedung wisuda yang akan digunakan adalah salah satu gedung di daerah Senayan. Sebagai mahasiswa rantau adik teman saya tinggal bersama si teman di tempat kostnya di daerah Depok. Selain itu orang tua mereka juga datang untuk mendampingi menghadiri acara wisuda ini. Seperti yang tertera di undangan tersebut acara akan dimulai pukul 08.00 WIB. Disitu mereka mulai mempertimbangkan untuk mencari hotel saja di daerah sekitar yang dekat dengan gedung wisuda tersebut dibandingkan harus berangkat dari Depok, agar lebih dekat dan tidak terlambat ke acara wisuda nanti.

Mereka kemudian mulai mencoba untuk mencari hotel yang akan mereka tempati untuk menginap. Awalnya adik teman saya yang berkeliling mencari hotel atau penginapan di sekitar daerah tersebut, tetapi hingga menjelang sore hari dia masih kesulitan untuk mendapatkannya. Si teman saya sendiri juga waktu itu belum sempat jika harus datang berkeliling langsung mencari hotel satu per satu di sekitar daerah situ. Kenyataanya mereka belum juga mendapatkan hotel, sedangkan acara akan dilangsungkan besok pagi. Setelah berpikir ulang lagi mencari cara lain di tengah situasi yang genting, panik dan sangat mendesak tersebut maka si teman kemudian terpikir untuk mencoba mencari dan memesan hotel melalui online travel agent saja.

Akhirnya si teman saya mencoba untuk browsing hotel yang ingin mereka cari di daerah sekitar tersebut dan setelah beberapa kali berusaha mencari akhirnya mereka ketemu juga hotel yang pas untuk mereka sewa sebagai tempat menginap. Saat itu mereka memesan hotel melalui OTA (Online Travel Agent) dan memesan kamar hotel di Leegreen Suite Hotel Slipi dengan mendapatkan harga promo. Melegakan akhirnya itu bisa menjadi solusi bagi mereka dengan memesan hotel yang mereka inginkan dengan cepat, mudah apalagi didapatkan dengan harga promo pula! Setelah itu, si teman saya ini segera saja mentransfer untuk membayar hotel sebagai tanda booking, daripada keduluan orang kan. Lantas setelahnya mereka langsung berangkat untuk check in kamar hotel itu.

Setelah saya pikir-pikir lagi ternyata banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan dari memesan hotel melalui agent travel online, beneran pengalaman yang berharga untuk referensi sih karena jujur sekalipun saya sering sekali melakukan reservasi tiket penerbangan online tapi selama ini saya belum pernah booking hotel secara online. Selama ini kalau mau keluar kota karena suatu urusan pasti deh hotel sudah ada yang dibookingin dan kami tinggal check in langsung aja, terima bereslah ya.

Keuntungan yang bisa didapatkan jika kita booking hotel secara online adalah sebagai berikut nih manteman:

#1
Waktu yang digunakan lebih efektif. Bayangkan jika saja semisal si teman harus langsung berkeliling satu per satu ke tiap-tiap hotel untuk mengecek ketersediaan kamar dan memesan secara ya acara wisuda gitu pasti banyak tamu dari berbagai daerah yang datang dan menginap disekitar tempat wisuda. Jadi bakalan berapa banyak waktu yang akan terbuang? Dengan menggunakan sistem online ini dari proses mencari sampai dengan melakukan pembayaran, si teman hanya butuh waktu tidak lebih dari 30 menit. Cepet dan praktis ya.

#2
Biaya kamar yang didaptkan jauh lebih murah. Dengan melakukan pemesanan secara online, jadinya harga kamar promo yang dia dapatkan cuma sebesar 260.000 saja per kamar! Padahal, menurut si teman ketika sesampai hotel dan dia cek-cek harga resmi, kalau saja dia melakukan pemesanan secara langsung tanpa menggunakan sistem online harga per kamar per malam yang dia dapatkan justru malah 2 kali lipat dari harga promo murah ceria itu.

#3
Teman saya bisa melihat langsung gambaran kamar beserta fasilitas yang akan mereka dapatkan, dan jika ada yang kurang cocok mereka bisa langsung dengan cepat mencari pengganti kamar di tempat lain yang mereka inginkan. Dibandingkan jika mereka tanya-tanya dan booking secara langsung maka jelas mereka tidak akan bisa seleluasa itu untuk melihat-lihat kamar yang akan mereka sewa dan tempati dong ya.

#4
Mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan responsif tanpa harus mengantri dan menunggu terlalu lama seperti jika langsung datang memesan secara langsung.

#5
Mendapatkan voucher/promo khusus untuk pemesanan hotel selanjutnya atau perjalanan yang lain selanjutnya, yang kemungkinan tidak bisa mereka dapatkan jika memesan kamar secara langsung.

#6

Kalau menurut saya sih ini yang kudu banget di highlight: mereka jadi bisa melihat testimoni dan masukan dari customer yang sudah pernah menginap dan menikmati pelayanan dari hotel tersebut sebelumnya.

Jadi gitu pengalaman yang teman saya ceritakan ketika memesan hotel secara online melalui OTA, ini catatan bagi saya untuk perjalanan luar berikutnya yang mengharuskan saya untuk menginap. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan juga ya bagi manteman yang akan melakukan pemesanan hotel nanti-nantinya :)

5 comments:

  1. pakai online kalau mau beli tiket, ya karena kepraktisannya \o/

    ReplyDelete
  2. OTA apa nyin yg paling rekomend?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sering pakai traveloka sih yan

      Delete
  3. Aku juga kpok pesen dadakan, yang ada suka dape yg jauh dari ekspektasi, sekarang lebih suka prepare jauh jauh hari dengan travel online

    ReplyDelete
  4. emang paling gampang dan fleksibel sih

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...