Thursday, October 6, 2016

SEKARANG VIA TOKOPEDIA BISA BAYAR IURAN BPJS KESEHATAN ONLINE, LHO!

Beberapa minggu lalu seorang teman dekat yang sering ngobrol by chat sama saya meminta tolong untuk membantu membayarkan rekening BPJS-nya via transfer atau ebanking. Bank-nya sedang offline saat itu sehingga dia tidak bisa melakukan transaksi. Terus terang saya bingung karena nggak pernah sekalipun nyobain bayar BPJS via transfer ataupun internet banking. Sewaktu masih kerja, terus terang saya nggak tahu menahu mengenai proses pembayarannya karena semua sudah diurus HRD.

Teman saya ini mengirim petunjuk cara pembayarannya kepada saya, saya kemudian mencoba melakukan langkah demi langkah yang diinstruksikan tapi transaksi masih saja gagal. Saya mencoba browsing untuk mengetahui caranya tapi tetep juga setelah mengikuti step by step-nya transaksi masih gagal.

Putus asa, saya akhirnya meminta tolong pada teman lain yang memiliki akses pada internet banking untuk membantu membayarkan via rekeningnya, kalau berhasil akan saya transfer. Toh uangnya juga sudah ada. Masih saja gagal. Dengan nggak enak hati saya sampaikan kepada teman yang minta tolong bahwa saya tidak bisa membantu karena transaksi terus-menerus dikabarkan gagal. Dia membalas chat saya bahwa tidak apa-apa, besoknya dia akan berkunjung ke minimarket untuk melakukan pembayaran, siapa tahu bisa via minimarket.

Membayar premi asuransi seperti yang teman saya lakukan secara rutin bukan hal aneh, banyak dari kita yang sudah merasakan manfaatnya asuransi kesehatan meskipun ya brandnya beda-beda. Kesehatan memang merupakan faktor yang paling penting dalam kehidupan kita kok. Sangat tepat lah itu ungkapan yang menyatakan bahwa sehat itu mahal harganya, karena kita sudah terserang suatu penyakit yang membutuhkan perawatan khusus ya selanjutnya berkemungkinan akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. 

Seiring dengan perkembangan zaman, pemerintah juga terus menganalisa situasi masyarakat dengan segala tools yang ada untuk memberikan kebijakan terkait masalah pelayanan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu bidang terpenting yang diharapkan untuk mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah adalah pada bidang kesehatan. Sejak BPJS Kesehatan ini didirikan, otomatis memupuk harapan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat khususnya dibidang kesehatan, terutama bagi masyarakat pra sejahtera. Memang sudah banyak terdapat beberapa asuransi kesehatan yang didirikan oleh swasta, tapi mayoritas masyarakat kita belum sepenuhnya bisa menjadi pengguna tersebut terkait masalah iuran premi yang dirasa masih memberatkan.

Ketika BPJS Kesehatan hadir, maka masyarakat berekspektasi BPJS Kesehatan dapat memberikan solusi bagi semua lapisan masyarakat terkait masalah asuransi kesehatan. Namun ternyata adanya asuransi kesehatan ini, bukan berarti satu permasalahan selesai. Justru malah timbul permasalahan baru, salah satunya terkait cara pembayaran asuransi yang masih sering mengalami kendala. 

Walaupun begitu masalah pembayaran iuran ini sedang ditingkatkan kemudahannya, alternatif cara bayar iuran BPJS Kesehatan yang bisa kita lakukan sekarang semakin bertambah. Mulai dari mendatangi langsung ke loket pembayaran khusus di kantor BPJS atau melalui kasir di beberapa minimarket. Tapi ya gitu ya... kadang cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama, kita harus sabar karena di tempat-tempat ini biasanya banyak peserta yang antri untuk membayar asuransi kesehatan yang sama.

Saya baru saja tahu sih, kalau sekarang sudah ada solusi memudahkan yang bisa kita coba untuk bayar iuran BPJS Kesehatan secara lebih praktis melalui Tokopedia. Selama ini kita mengenal Tokopedia sebagai tempat belanja yang menyediakan berbagai keperluan dan memperluas layanannya dengan pembelian pulsa online dan pembayaran token listrik yang bisa kita lakukan praktis via ponsel, laptop, tablet dan pc tanpa harus antri di loket pembayaran. Makanya kita jadi bisa melakukan transaksi tersebut dimanapun dan kapanpun bahkan disela aktivitas sehari-hari, useful banget nih, apalagi para emak-emak perkasa yang berkutat dengan aktivitas harian di rumah atau di tempat kerja.



Kehadiran layanan transaksi online di Tokopedia ini nih, manteman... diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia dalam melakukan pembayaran tanpa harus repot-repot keluar rumah dan antri panjang nan lama untuk mendatangi loket pembayaran . Gampang banget yaa? Yuk lihat-lihat dulu fitur baru bayar BPJS Kesehatan online-nya lah! :D

7 comments:

  1. Ya ampyunnn temennya ngerepotin banget malem2 buta pula >_< padahal punya ebanking dan token, mbok ya rekeningnya diisi buat bayar bpjs. Hahahaha.

    Btw aku juga seneng loh bpjs bisa bayar via toped. Artinya bisa dibayar lewat ebanking bca. Hahahaha.
    Jd insya allah ga bikin riweuh org lain lagi. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngakak mbakk :D

      syukurlah praktis ya sekarang kan :D

      Delete
  2. Makin banyak kemudahan, kadang bikin lalai ngabisin duit hahaha

    ReplyDelete
  3. beneran, tuh. Membantu banget kalau lagi mager. Bayar dari rumah aja :)

    ReplyDelete
  4. Kalo BPJSku langsung dipotong dari gaji suami kayaknya, lan ug buatin kantornya..

    Tapi kemarin ada temenku yg bikin status ngomel2 gak bisa bayar iuran BPJS, eh ternyata bisa lewat toped ya mbak.. baru tau, :D

    ReplyDelete
  5. Wah asik ya, semua dalam genggaman rasanya heehhe. Asik asik

    ReplyDelete
  6. Asik banget ga perlu keluar rumah

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...