Monday, October 31, 2016

KULINER FAVORIT MEDAN YANG SAYANG BANGET KALAU NGGAK DICOBA

Salah satu teman dekat saya di kantor, Kak Naomi seorang putri karo asli Medan selalu berbinar-binar setiap saat kalender dekat-dekat dengan libur panjang. Dia jarang banget mengisi waktu libur panjang dengan traveling kemana-mana, memang dia selalu memesan tiket pesawat dan mengajukan cuti untuk pulang ke Medan, kampung halamannya.

Nggak mengherankan bahwa kita semua selalu rindu pulang, kampung halaman pastinya tetap menjadi tujuan favorit untuk melewatkan masa libur panjang terutama bagi para perantau seperti kami.

"Udah nggak sabar pengin pulang dan makan masakan-masakan wishlist kakak deh dek. Kuliner di Medan itu enak-enak banget ngangenin. Kwetiaw-kwetiawnya enak pakai banget, roti jalanya juga nggak tertandingi. Kalau pulang ke Medan selalu gemukan deh kakak karena ya gitulah jalan-jalan makan sama keluarga soalnya semuanya finger licking good bangettt," katanya ke saya sambil menangkupkan kedua tangan dan mendekatkannya ke pipi seolah sudah membayangkan makanan-makanan apa saja yang akan dia nikmati sesampainya di kampung halaman.

Dan pastilah setelah itu linimasanya akan penuh dengan update foto dari tempat-tempat menarik nan eksotis juga check in lokasi ke banyak tempat kuliner yang terkenal di Medan. Memang
sih kota Medan identik dengan bangunan-bangunan kuno khas Belanda yang menjadi saksi sejarah tempo dulu, itu salah satu daya tarik dari ibu kota Sumatera Utara ini. Tapi kita mesti inget-inget juga bahwa kuliner di kota Medan juga sayang banget untuk nggak dicobain dan ditelusuri sekalian sambil jalan-jalan ke objek bersejarah di kota ini.

Salah satu lokasi yang memiliki ikatan kuat dengan perjalanan sejarah bangsa ini di kota Medan adalah Tjong A Fie Mansion. Nah kalau kita berkunjung ke Tjong A Fie Mansion yang merupakan simbol sejarah multi etnis di kota ini, jangan lupa mampir ke salah satu tempat kuliner favorit yang berada tidak jauh dari sana, Restoran Tip Top.


sumber : beritakotamedan.com

Restoran Tip Top ini nih salah satu rumah makan yang sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1934. Restoran ini punya desain interior yang kental dengan nuansa tempo dulu. Di dinding restoran terpajang beberapa foto hitam putih yang menggambarkan sejarah dan suasana masa silam.

Menu andalan restoran Tip Top adalah es krim. Hidangan es krim yang disajikan di restoran ini menggunakan resep asli yang dipertahankan sejak zaman penjajahan Belanda. Tidak hanya itu, Restoran ini juga menyajikan menu-menu khas kesukaan orang-orang Belanda zaman dahulu, seperti bitterballen, beaf steak, speculaas, kue markoop, horen serta aneka pilihan es krim dalam bahasa Belanda.

Selain menu khas ala Belanda, Restoran Tip Top juga memanjakan para pengunjungnya dengan berbagai menu masakan oriental dan nusantara, mulai dari fuyung hay, salad, cap cay, omelet, gado-gado, roti bakar, pancake, nasi goreng, dan berbagai menu lainnya. 

Soal harga? Nggak perlu kuatir deh, restoran Tip Top membanderol makanannya dengan harga yang cukup terjangkau, harganya mulai dari Rp 15.000,00 saja. Affordable bagi sebagian besar orang sih menurut saya.

Satu hal yang menjadi ciri khas Restoran Tip Top adalah kue-kue buatan sendiri yang dipanggang di dalam oven batu yang sudah digunakan sejak zaman dulu. Beberapa jenis kue yang ditawarkan contohnya saja one month baby cake, coklat irish, taartjes mocca, moorkop, saucyse brood, speculaas, ombykoek, bluekis, kassago, katetong, rozen, tulban, kue marmer, risolles sapi, ananas, kroket, dan masih banyak lagi.

Untuk harga dari sajian kue ini bervariasi, mulai dari Rp 5.500,00 hingga Rp 1.550.000,00 hehe besar juga ya rentang harganya, tapi tentu tergantung jenis kuenya kok. Yang jelas kalau nggak mau jebol budget karena beli kue kemahalan, ya tanya-tanya dulu harganya sebelum beli dong ah ;p Kalau kita nantinya sempat singgah ke kota Medan, pastikan deh untuk nggak melewatkan aneka hidangan lezat nan unik yang ditawarkan oleh Restoran Tip Top ini.

Udah, cuma restoran Tiptop ajah?
Nggak dong, menurut Kak Naomi yang asli Medan butuh waktu lama untuk tour kuliner enak kota Medan saking banyaknya yang enak dan recommended dengan harga terjangkau. Karena itu untuk mencoba berbagai jenis kuliner sedap lainnya di Kota Medan, akan lebih baik kalau kita berencana jauh-jauh hari dan menetapkan waktu singgah minimal beberapa hari untuk lebih lama berada di kota Ini. Sempatkan deh untuk menginap sambil menjelajahi berbagai objek wisata yang menarik di kota ini. Banyak kok, ditanggung siap bikin kita capek tapi seneng jalan-jalannya.

Agar wisata kita nggak terlalu bikin tabungan bocor, usahakan untuk mencari hotel murah di Medan yang menawarkan fasilitas memadai. Gimana caranya dapat hotel murah di Medan? Kita bisa coba pakai layanan pencarian hotel Airy Rooms. Hotel dan akomodasi yang ditawarkan oleh Airyrooms nggak hanya menjanjikan harga sewa yang murah lho, namun juga jaminan layanan yang berkualitas di kelasnya.

Walaupun harga yang ditawarkan ramah di kantong, hotel-hotel Airy Rooms memberikan fasilitas dasar yang lengkap, mencakup AC (khusus daerah panas), TV layar datar, tempat tidur bersih yang nyaman, perlengkapan mandi, shower air hangat, wifi gratis dan air mineral. Hmm lengkap kan meskipun harganya nggak beratin kantong? Rekomendasi ini nggak dari awang-awang doang lho, saya sendiri juga udah coba cari-cari hotel di Airy Rooms dan saya takjub sih habisan ada hotel-hotel murah dengan fasilitas bagus yang selama ini belum saya tahu di kota yang sering saya kunjungi untuk liburan singkat bareng suami dan harganya beratin dompet banget.

Tertarik untuk memesan hotel untuk acara liburan untuk persiapan libur akhir tahun atau baru mau coba survey-survey harga dulu? Gampang kok, kamu bisa langsung memesan hotel melalui website resminya di www.airyrooms.com atau aplikasi Android di ponsel kamu. Pembayaran booking fee hotel ini juga praktis, bisa pake kartu kredit atau transfer langsung ke rekening yang tertera di situs Airy Rooms.



Diatas ini contoh kalau kita mau survey harga hotel di Medan untuk mencari harga termurah di Airy Rooms via aplikasi android. Mulai 240,000 an sajaaa. Penggunaan aplikasinya juga user friendly banget, nggak susah dioperasikan bahkan sama yang baru nyobain pakai.

Jadi, sudah siap merencanakan liburan akhir tahun sebentar lagi?

24 comments:

  1. Wisata kuliner memang selalu menjadi bagian yang paling menarik ketika sedang berkunjung ke suatu tempat ya
    Salam kak Ninda.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget-bangettt, kakak sih paling antusias wisata kulinernya Fizi :D

      Delete
  2. Pengen deh,bisa liburan ke Medan #eh

    ReplyDelete
  3. Horas! kapan nang medan? #lho kok dadi jowo wkwkkw

    ReplyDelete
  4. Tiptop ini mirip toko oen gitu ya, tapi toko oen semuanya mehong, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mirippp... haha harga toko oen memang harga resto ya mer

      Delete
  5. Kalau lagi jalan-jalan gini pasti asyiknya sekaligus wisata kuliner, yang lokal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di indonesia pun banyak yang belom dicobain ya kan mbak :)

      Delete
  6. Iyaaa jadi pengen buru2 staycation

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake airyroom dulu pastinya buat cek hotel ;)

      Delete
  7. emang nin klo merantau pas libur bawaannya pengen pulkam aja, aku jg tinggal dibandung surganya kuliner tp tetep aja cocoknya sama makanan di tangerang hehehe.

    ReplyDelete
  8. Aih....
    Jalan2 kulineran asyik bgt...
    search Airy rooms gitu ya

    ReplyDelete
  9. Medan yaaa, tapi pengennya Bandung... errrr bisa lah masuk wishlist :D

    ReplyDelete
  10. Tadi udah mikir aja, kak Ninda ke Medan. Lho, kok nggak mampir Pekanbaru. Biar bisa kopdar, gitu... EH, ternyata. XD

    Tapi, nanti kalo ke Medan, sepertinya app ini bakalan ngebantu banget deh. Makash infonya, kak.

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen juga deh mbak ke medan soalnya saya belum pernah pergi ke medan jadi penasaran deh sama suasananya kota medan dan terutama kulinernya.

    ReplyDelete
  12. restoran Tip Top, penasaran banget es krimnya. Kayak apa ya ? coba seandainya ada photonya. Lebih abdol pastinya.

    ReplyDelete
  13. wisata kuliner,,,
    apalagi buat para nebengers,,
    nebeng makan maksudnya #ehh

    ReplyDelete
  14. tip top ada restorannya ya, kirain supermarket aja

    ReplyDelete
  15. Kue kue belanda itu legendaris banget yaaaak, hm pengen ih

    ReplyDelete
  16. Ini termasuk mahal ya, kemarin saya di Jakarta cuma 180 sekian ribu pake airyrooms :D

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home