Sunday, November 13, 2016

TRAVELING KE BALI DAN PRINTILANNYA YANG HARUS DIINGAT

Sudah mau setahun nggak ngantor dan masih masuk grup chat kantor. Astaga kangen kantor dengan segala celoteh dan kerjaannya, kangen juga sih sama gajiannya (eh!) untung nggak kangen jauhan sama si paksu. Haha. Kemudian dilirik-lirikin disebelah.

Saya sudah pernah cerita belum sih kalau di kantor kami sering ngumpulin uang tabungan sebulan sekali tiap abis gajian? Uang tabungan itu dikumpulin di kasir untuk rencana jalan-jalan yang akan datang. Ehm ya nggak semua teman kantor sih, yang mau ikutan aja dan kebanyakan dari departemen keuangan bareng departemen HC & GA. Pokoknya tiap mau tahun baru biasanya udah pada ngintipin tanggal untuk jadwal libur yang panjangan biar bisa jalan-jalan bareng. Dipastikan juga pas hari libur itu kegiatan operasional dan kegiatan kantor lumayan lowong jadi kita bisa nggak ngantor tanpa kuatir dan kepikiran soal kerjaan. Ini sih emang yang agak berat memperkirakan waktunya, dan sering agak fail karena kadang ada yang batal pergi liburan bareng soalnya urgent nyangkut urusan kantor.

Pas liburan bareng ke Bali tahun 2012 apa 2013 gitu, itu juga saya nggak bisa ikut karena sesuatu yang saya udah nggak inget kenapa. Padahal seru banget sih cerita dan foto-foto temen kantor yang ikutan, jadi nyesel campur ngiri tapi ya sudah apa boleh buat :D Tapi saya masih inget cerita lengkap mereka selama disana mulai dari naik pesawat sampek pulang saking sepulang dari Bali mereka nggak bisa berenti cerita tentang selama disana.

Sekarang saya tinggal di Surabaya yang artinya lebih dekat dengan Bali, dan mungkin dari semua tempat yang mungkin berlibur ke Bali akan lebih menjadi pilihan kami selain destinasi wisata lainnya karena nggak membutuhkan waktu lama juga dari sini. Toh kayaknya selain tempat-tempat wisata keren terkenal, semakin banyak bermunculan objek wisata baru di Bali yang belum pernah kami kunjungi. Ada banyak pantai yang bisa digunakan untuk olahraga bawa laut, rumah makan dengan sajian unik, sunset view yang menarik serta penginapan yang terbaik semua bisa kita cari di Bali.

Kalau saya dan paksu kemungkinan justru bakal liburan jalan-jalan kalau pas weekdays ketimbang weekend karena jarang banget dia libur pas weekend, kalaupun libur ya pas minggunya doang dan waktunya sering untuk istirahat seharian. Lagian kemungkinan pengunjung akan membeludak kalau weekend, di Malang aja weekend penuh sesak nah apa kabar Bali yang kayaknya diincer penduduk seluruh benua untuk liburan? Kalau kesana pas liburan akhir tahun kayaknya kita bakal kebingungan memilih tempat menginap dimana karena hampir penuh semua. Makanya, kalau mau liburan akhir tahu ke Bali ada baiknya kita ceki-ceki dulu atau langsung pesan hotel via online.

Ada banyak pilihan hotel yang bisa kita coba lho, dan salah satunya adalah Favehotel Kuta Square. Ini hotel favorit temen-temen kantor saya karena mereka pas ke Bali dulu nginep disana, kesan mereka pada hotel ini sih bagus dan mereka terkesan banget karena asal ambil hotel karena murah dan deket dengan banyak tempat wisata bagus sudah gitu ternyata hotelnya bagus dan bersih enak banget dijadikan tempat nginep. Lokasinya ada di Jalan Khayangan Sui nomor 8 Kuta, Bali. Yang jelas kalau menginap disana, kita nggak perlu khawatir bakal luntang-lantung di Bali soalnya hotel ini dekat dengan beberapa tempat menarik seperti Kuta Square, Pasar Seni Kuta, Pantai Kuta dan Paradiso Bowlings and Billiard Center.

Nah, kalau kita sudah mantep liburan di Bali buat menghabiskan liburan akhir tahun ini, ada beberapa hal penting yang perlu kita catet pas liburan di Bali. Apa aja?


#1 Jangan Menggunjingkan Orang Lain di Depan Umum.

Di zaman sekarang, gampang banget untuk bisa mengakses kehidupan pribadi seseorang melalui media sosial, ya. Hal itu pun sadar nggak sadar bikit kita akhirnya jadi gampang menggunjingkan orang lain atau membahas hal-hal yang happening di media sosial.

Seringkali kita menemukan seseorang sedang tertawa atau berbisik-bisik dengan temannya di depan umum. Lumayan bikin nggak nyaman dan terganggu kan? Jangan sampai kita juga melakukan hal sama saat berlibur nanti.

Ada baiknya kalau ada sesuatu yang ingin kita obrolkan dengan partner perjalanan, suara kita juga nggak terlalu keras saat menyampaikan apa yang ingin kita komentari pada partner perjalanan, entah petugas bandara yang nampak jutek atau orang yang berpakaian unik sepanjang perjalanan. Sebaiknya jangan juga deh ketawa cekikikan dengan laantang di tempat umum yang ramai. Selain mengganggu, kelakuan kita itu bisa banget membuat orang di sekitar tersinggung dan mereka jadi mikir kalau mungkin kita lagi ngomongin mereka loh.



#2 Meletakkan Barang Seenaknya
Bagi kita yang sudah terbiasa menaruh barang-barang milik kita dengan asal saat di rumah atau tempat tertentu, sebaiknya jangan lakukan hal ini saat di Bali.

Ramainya pengunjung dan padatnya wisatawan lokal maupun internasional yang datang ke Bali, membuat kita mungkin saja akan kehilangan barang-barang penting yang kita bawa. Mungkin saja diambil, mungkin juga terjatuh atau terselip dan kita sulit menemukannya. Jangan sampai barang kita yang hilang kemudian kita panik dan kita menuduh seseorang karena dia yang membersihkan kamar kita atau apa. Jangan sampai lah ya. Kalau nggak mau kehilangan barang-barang berharga selama berlibur di Bali, jangan sampek kita serampangan taruh-taruh barang dong apalagi yang berharga.

#3 Berteriak pada Staff Hotel.
Setibanya kita di Fave Hotel Bali, akan lebih baik kalau kita selalu bersikaplah dengan ramah dan sopan. Misalnya ada hal-hal yang kita inginkan atau ingin memesan sesuatu, mintalah dengan baik. Usakahan untuk tidak berteriak atau berlaku kasar pada staff hotel, ya.

Bayangkan deh. Kita kan ke sana buat liburan ya, sementara mereka masih berada disana untuk bekerja karena waktu liburan kita justru jam-jam sibuk di tempat kerja mereka. Tidak mau dong bikin orang lain sedih pas saat kita sedang seneng? :)

Jika ada barang-barang kita yang terselip di kamar hotel dan nggak bisa kita temukan juga jangan langsung menuduh staff. Bahkan apabila ada hal-hal yang menurut kita mengganggu dan bikin kita kurang nyaman, nggak ada ruginya kok dengan menyampaikan komplain kita dengan cara yang baik.

#4 Membuang Sampah Sembarangan.
Ini juga salah satu warning paling penting. Jangan mentang-mentang kita ke Bali yang memang seperti yang sudah kita duga sangat banyak pengunjungnya, maka kita pun bisa bebas membuang sampah sesuka kita.

Sedih banget ya, kalau melihat foto-foto di ranah media sosial di mana taman diinjak dan hutan penuh sampah. Sungai penuh sampah dan akibatnya banjir di mana-mana. Makanya kita harus tahu bahwa nggak boleh dong membuang sampah sembarangan selama berkunjung ke kota lain, selalu siapkan kantong plastik untuk menampung sementara sampah kita saat kita nggak menemukan tempat sampah disekitar kita.

Yuk, dijaga kelestarian dan kebersihan pantai serta semua destinasi wisata di Bali. Baik pantai maupun semua tempat wisata itu telah memberikan kita hiburan dengan pemandangan indahnya untuk kita. Maka balaslah mereka dengan menjaga kebersihannya. Setuju?


#5 Tidak Checkout Tepat Waktu
Meskipun kita sudah memesan hotel via online, bukan berarti kan kita bisa checkout sesuka kita lho. Pemesanan online memang berbeda polanya dengan memesan kamar secara langsung. Tapi tentu aturannya tetap sama kok. Jadi kalau kita nggak mau mengeluarkan biaya tambahan, langsung cek jadwal kapan kita harus segera keluar sesuai tanggal yang kita booking dari kamar hotel.

Hal yang disebutkan di atas sebenarnya sih nggak cuma berlaku kalau kita liburan ke Bali aja sih. Pada prinsipnya, liburan memang bertujuan untuk menghilangkan penat dan untuk sejenak kita bisa merefresh isi otak yang biasanya memikirkan masalah pekerjaan dan badan yang sudah terprogram dengan rutinitas. Sering orang meluapkan kebebasan berekspresinya di tempat berlibur, tapi patut diingat, sah-sah saja kok bersenang-senang dan bebas berekspresi saat berlibur tapi tentu harus tetap berbudaya dan sopan selama berlibur di kota lain dong :))) jangan malu-maluin :P

11 comments:

  1. CATET!! CAAATEEETTTT!! hahaaa

    ReplyDelete
  2. Liburan boleh gokil, asal jangan malu-maluin ya mba hihihi stuju :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang secara nggak sadar kita malu2in sih mbak :D

      Delete
  3. wah perlu di catet nih apalagi saya sebagai traveller sejati yang belum pernah ke bali harus catet point penting ini baik baik agar nyaman saat ke bali nanti..
    asiiik...
    nice artikel mba, busananya juga nice.., kalau istri saya lihat bisa minta belikan tuh..

    ReplyDelete
  4. Asyiiiik, aku kalau liburan selalu rempong dengan banyak aturan. Dan dua kali ke Bali, liburannya rame rame sama temen kantor, belum pernah sama keluarga ;(

    ReplyDelete
  5. Huahahahahaha pas tips pertama aku scroll lagi ke atas, eh apa sih judulnya kok jgn bergunjing disosmed. Ternyata...

    ReplyDelete
  6. Intinya dimanapun kita berada ,, kita harus menjunjung tinggi adat setempat daerah itu, karena lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya #lah malah berperibahasa

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home