Thursday, December 1, 2016

INSPIRASI HIASAN DINDING UNTUK INTERIOR RUMAH KITA

pic source: pinterest
Makin mendekati akhir tahun dan bulan-bulan menjelang kepindahan membuat saya lebih banyak melihat-lihat rancangan interior rumah sebagai inspirasi. Salah satu situs yang sering banget untuk melihat-lihat foto interior rumah adalah pinterest. Kayaknya gaya clean yang paling menarik minat saya untuk dekorasi interior rumah. Suka colorfull juga sih tapi untuk sementara kayaknya clean lebih pas dengan pilihan warna yang nggak banyak. Item, putih, ada warna hijau pink juga warna terang lain cuma sebagai pemanis.

Kalau secara garis besar, clean lebih cocok buat saya dan paksu soalnya bisa diapa-apain setiap kali pengin ganti suasana, jadi basicnya clean aja dengan warna putih atau warna abu-abu. Jadi kalau pengin clean look ya tinggal perabotnya pakai yang warna monokrom aja, kalau pengin cerah juga bisa mainnya di perabot dan hiasan dinding. Gemes banget deh sama hiasan dinding yang sering saya lihat dipajang di cafe-cafe gitu. Dinding rumah yang nggak plain dan didekor dengan tepat kan bisa dong mengundang inspirasi bagi terciptanya sebuah ide kreatif cielah. 

Dulu, suka banget lihat hiasan dinding vintage atau quote yang dipasang di resto atau cafe dan pengin punya sih tapi nggak tahu belinya dimana. Eh sekarang makin banyak aja kreasi hiasan dinding yang bisa kita dapatkan di toko-toko di mall dan banyak juga lho yang jual secara online, jadi nggak ribet harus nyari keliling ngiterin mall dulu. Pajangan dindingnya ada yang memang berasal dari ide kreatif desainer interior, nggak kalah banyak juga yang didesain amatir dan peminat hiasan dinding meskipun bukan desainer interior tapi selera dan karyanya menurut saya nggak kalah bagus dan kekinian juga.

Seneng deh sekarang ini hiasan dinding saat ini nggal lagi melulu berkisar hasil karya masterpiece yang berharga tinggi atau barang-barang antik berkelas, ya gimana ya... realistis lah sama kemampuan budget saya sendiri yang pastinya nggak sanggup harus beli lukisan mahal. 

Sekarang ini sih penghias dinding lebih kearah melepaskan daya kreasi yang kita punya sebagai ide untuk menjadi sebuah karya seni yang menarik untuk dilihat dan mampu menciptakan kesan yang beda gitu pada suasana rumah. Saya yang demen banget dekorasi kopi dan toko kue yang cakeup-cakeup ini penginnya dekorasi dinding rumah ala-ala cafe dan toko kue gitu biar makin kerasan lagi di rumah dan nggak keseringan kangen sama dua tempat itu *LOL :P

Kita yang seleranya nan kekinian juga nggak perlu kuatir lihat-lihat hiasan dinding karena serem duluan sama harga soalnya banyak jenis hiasan dinding rumah ini yang dibuat dari sesuatu yang murce contohnya memanfaatkan barang bekas, alat-alat yang sudah nggak terpakai atau benda-benda perabot rumah biasa. Meskipun diolah dari bahan yang murce tapi nggak berarti mengurangi kualitas dan kecakepan dari hiasan pada dinding rumah itu lho manteman. Justru kreasi-kreasi baru yang out of the box itu justru menjadi trend terbaru dalam dunia desain interior ruangan.

Bagi manteman sekalian yang pengin menghias dinding rumah ala kekinian sama kayak saya untuk ganti suasana, beberapa hal di bawah ini bisa menjadi inspirasi kita untuk mengubah interior dalam rumah kita dengan hiasan dinding nih. Apa aja?



#1 Terdapat space yang luas dan area kosong pada dinding rumah 
Harus banget? Iya dong... pastinya dibutuhkan area yang memadai untuk kita jadikan tempat menuangkan kreatifitas. Nggak oke banget kalau dinding udah penuh dengan foto-foto keluarga yang gede-gede masih kita tambahin hiasan dinding lainnya lagi. Makin penuh dan kerasa sempit dong kesannya ruangan kita.

#2 Hiaslah dinding sesuai dengan tema rumah
Perhatikan dulu deh tema penataan ruangan juga warna yang udah duluan diterapkan pada rumah kita. Pilihl hiasan yang serasi dengan tatanan furniture dan peralatan di sekitar ruangan. Nggak usah maksa ya bok! Kalau desain awalnya udah shabby chic misalnya, ya jangan maksa ada poster bank rock diantaranya, kalau udah shabby chic ya poster vintage kek gitu.

#3 Hiasan pada dinding tak harus mahal dan antik 
Nggak selamanya kekerenan didapat dari sesuatu yang harganya selangit. Yang sederhana dan murce sama bisanya bikin tampilan rumah kita jadi lebih menarik dan bikin penghuninya makin kerasan. Jangan besar pasak daripada tianglah, jangan overbudget. Jangan sampek rumahnya keren secara interior tapi tabungannya ludes gara-gara itu.

#4 Pilihlah tema yang unik dan kekinian untuk hiasan yang dinding rumah kita 
Butuh referensi gimana sih hiasan dinding rumah yang oke dan banyak diminati? Kan keren aja kalau rumah kita sendiri banyak spot-spot untuk foto dan upload ke media sosial. Ya instagramable ya blogable. Banyak banget sih contohnya di internet, manteman bisa longok-longok di dua situs favorit saya untuk dekor rumah yaitu pinterest dan weheartit. Atau ada referensi lain?

#5 Hiaslah dinding rumah sesuai selera kita
Iyalah iya... lah rumahnya aja rumah kita masa hiasan dinding nurut selera tetangga? Hehe. Maksudnya sesuai selera kita ya nggak maksa, jangan maksain diri kita untuk milih aksesoris rumah yang sebenernya nggak kita suka, cuma karena hits banget yaudahlah dibeli dan pasang aja. Tujuan hiasan kan biar jadi hiburan dan kitanya makin krasan di dalam rumah ya, bukan buat nyenengin tamu aja.

Kalau perlu dan kitanya kuatir dengan selera sendiri kalau-kalau dekor sendiri malah acak kadut nggak keruan, manteman bisa minta pendapat teman yang ahli di bidang interior design. Orang yang punya basic sesuai pasti punya masukan terbaik untuk kreasi hiasan dinding paling cucok dengan kebutuhan kita. 

Apalagi kalau konsep hiasan dinding yang kita butuhkan bukan buat rumah tinggal aja tapi buat tempat usaha misalkan ruangan kantor, toko, cafe, restaurant dan sejenisnya. Suasana dan interior tempat usaha bisa mempengaruhi calon customer lho, makanya pendapat ahli diperlukan banget kalau kita mau pilih-pilih hiasan buat tempat usaha.

Ada yang suka hias-hias rumah juga? Lebih suka pakai hiasan yang gimana? :)

6 comments:

  1. Asyiiikkk mau pindahan. Btw, bisa cek houzz.com juga untuk inspirasi dekor.

    ReplyDelete
  2. Pengen naro hiasan dinding di dapur tapi belum sempet nih :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pengen banget yang ada quote kopinya mbak :D

      Delete
  3. kalau yang kekinian kayaknya quote2 gitu ya Nin.
    Pengen sih bikin sendiri, tapi sisa2 kayu lagi habis. Entah kalau beli belum kepikiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. DIY juga keren ya mbak, kalau aku tapinya mendingan beli sih hahahha
      bikin sendiri rempong

      Delete

Previous Page Next Page Home