Wednesday, December 14, 2016

PUNYA RUMAH DI DEPOK? GIMANA BIAR HARGA JUALNYA NAIK?


Kebanyakan teman-teman saya yang bekerja dan berumah tangga di ibu kota memilih untuk tinggal di Depok. Disana lingkungannya tidak terlalu padat seperti Jakarta dan masih kondusif lah ya itungannya, mungkin karena nggak jauh dari lingkungan kampus juga? Kurang tahu sih sebab jelasnya haha. Tapi saya akuin kok membeli rumah di area Jabodetabek adalah pilihan investasi yang bagus karena hampir nggak mungkin kalau harganya bakalan turun, naik terus sih iya.

Jangan-jangan manteman diem-diem sudah punya rumah disana sebagai investasi ya?
Atau malah udah berniat jual rumah biar uangnya bisa dipake yang lain? Pastinya ada banyak alasan dan pertimbangan kalau manteman memutuskan untuk jual rumah. Memang sih jual rumah itu bisa dibilang nggak gampang, beda kayak jual gamis *eh curhat* tapi masih ada yang lebih susah, kok. Apaan? Yang susah selain jual rumah yaitu nentuin harga rumah.

Sebagai pemilik pastinya kita nggak mau dong harga rumah yang dijual lebih murah dari harga pasar. Itungannya kan kita jadi rugi kalau jual dibawah harga pasaran. Kayak ibu kos saya di Jakarta yang bingung semisal mau jual rumah tuh dikasih patokan berapa ya? Cukup lucu caranya biar tahu berapa patokan harga dari rumah yang pengin dijual.

Jadi ibu kos saya pasang plang rumah dijual di pagar rumahnya, nah kan orang jadi dateng, mampir tanya-tanya dan nawar. Dari situ ibu kos saya jadi tahu deh harga pasaran untuk rumahnya jatuh di angka berapa. Ada cara lain juga sih yang lebih praktis, misalnya dengan survei via online harga rumah dijual di Depok, Jakarta, Bekasi atau Bogor.

Bagi kamu yang pengin meningkatkan harga jual rumah, bolehlah simak tips ini biar harganya makin bagus dan menguntungkan:

#1 Ubah desain ruangan

Cara paling gampang untuk bikin harga jual rumah kita naik adalah dengan ngerubah desain interior ruangan. Apa aja yang bisa kita akalin? Contoh dengan cat ulang dinding ruangan, mendesain ulang tata letak dekorasi dan menambahkan beberapa elemen hiasan ruangan yang menarik seperti poster-poster vintage ala cafe gitu. Maka rumah akan berasa baru lagi, lebih cozy dan berpeluang untuk mendapatkan penawaran yang bagus diatas ekspektasi kita lho.

#2 Ubah Penampilan Kamar Mandi

Apa sih yang biasanya dinilai orang dari penampilan sebuah rumah? Biasanya keseluruhan penilaian kerawat nggaknya sebuah rumah itu malah ditentukan dari kamar mandinya. Kalau saya sih gitu. Pokoknya jorok nggak pemilik rumah itu ditentuin banget sama kamar mandinya. Kalau jorok mah mending bye. Manteman sendiri gitu juga nggak?

Kamar mandi yang terawat dengan bersih bakalan bikin penghuninya nyaman dan tamunya juga tahu kalau penghuni rumah itu merawat dengan baik tiap bagian rumah.

Selain faktor kebersihan, kita juga bisa mengubah penampilan kamar mandi biar lebih keren. Misalnya dengan ganti bak mandi dengan shower agar space kamar mandi lebih gede dan kesannya juga lebih modern. Kita juga bisa menambah fasilitas pemanas air untuk meningkatkan kenyamanan mandi dan pastinya harga jual rumah juga.

#3 Renovasi Dapur
Selain kamar mandi, dapur juga menjadi tempat yang menjadi pertimbangan para pembeli lho. Ibaratnya habis dari kamar mandi beloklah ke dapur. Soalnya dua tempat itu kan yang bisa bikin kita dinilai beneran ngerawat rumah atau enggak, jorok atau nggak. Makanya penting untuk memperbaiki dapur kita yang udah kusem-kusem. Pastikan juga deh kalau dapur sudah dalam keadaan bersih dan nyaman untuk digunakan. Jangan lupa untuk cek ulang dan benerin sirkulasi udara di dapur biar bau masakannya nggak nempel di seluruh bagian dalam rumah.

#4 Eksterior Rumah
Nggak hanya bagian dalam rumah yang perlu perbaikan untuk meningkatkan harga jual rumah. bagian luarnya juga. Gimana nggak, lha bagian luar kan sering banget menjadi perhatian utama ketika seseorang memutuskan untuk membeli rumah. Coba aja pasang iklan dimana kek, baik online maupun offline pasti deh daya tarik utamanya bagian luarnya dulu. Ya soalnya bagian luar yang terawat dengan baik dan bersih akan ngasih gambaran luas gimana sih penampakan sebuah rumah secara keseluruhan.

Jadi kalau cat luar rumah udah ngeletek-ngeletek ini saatnya untuk cat uang bagian luar rumah, merapikan taman yang udah nggak keruan berumpul liar, kalau perlu beli juga pot-pot beberapa bunga yang dapat mempercantik rumah seperti mawar, tulip, anggrek dan bunga matahari.
Siap meng-upgrade nilai rumah?

1 comment:

  1. Tapi klo mau jual, terus direnov dulu apa malah nda makan biaya nyin

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home