Wednesday, April 5, 2017

LIBURAN MURAH KELILING EROPA BUKAN NGGAK MUNGKIN KOK!


Siapa yang nggak pengin berlibur ke Eropa? Kayaknya buat kita yang belum pernah pasti pengin ya kan... Kalau saya sih pengin liburannya aja, tinggal disana mungkin nggak kali... berhubung perut sama lidah sama-sama cuma bisa doyan masakan indonesia atau western yang spicy-spicy. Hehe jenis orang yang nyaman banget sama negara sendiri meskipun belakangan ini sering bener baca timeline medsos orang-orang yang komen betapa nggak okenya negara ini.

Nah bagi sebagian dari kita yang udah mau main ke Eropa setelah pecah tabungan apa sih yang mesti dilakuin? Sebenernya ada banyak hal yang mesti disiapkan dengan baik lho. Mulai dari persiapan perbekalan, asuransi perjalanan ke Eropa, hingga berbagai persiapan penting lainnya. Persiapan yang matang akan tentu berimbasnya oke, perjalanan liburan ke Eropa jadi lancar.

Sebenarnya kita nggak perlu ngabisin isi tabungan cuma demi bisa berlibur ke Eropa sih. Selama pinter-pinter merencanakan liburan biar meskipun dengan low budget tetep bisa menikmati perjalanan yang kita pengin. Terus apa aja sih yang perlu kita siapin? Dibawah ini kita bahas lebih rinci:

Berburu Tiket Pesawat Murah
Ini nih nomor satu yang paling penting. Jangan lupa berburu tiket murah, langkah ini bisa menjadi langkah awal yang baik untuk menghemat pengeluaran jika ingin berlibur ke Eropa. Berapa lama sih waktu yang kita butuhkan untuk mulai hunting tiket murah? Paling baik memang kita udah start nyari tiket pesawat udah sejak jauh-jauh hari, yah minimal 150 hari sebelum keberangkatan. Semakin jauh jarak waktu pembelian tiket dengan waktu keberangkatan, ya makin besar pula kesempatan untuk berburu tiket pesawat murah. Hehe, jangan lupa catet di reminder ponsel biar nggak kelupaan ya... Nggak banget lah kalau udah ambil cuti malah lupa hunting tiket yang oke harganya.

Selalu Membawa Botol Minum
Air minum dalam kemasan di Eropa tergolong mahal, harganya bisa mencapai 2 Euro atau dengan nilai kurs saat ini ya sekitar 28,000 IDR gitu ya. Untuk menghemat pengeluaran, bawalah botol minum yang bisa digunakan berulang kali, ya kayak botol minum food grade gitu bukan botol minum air mineral biasa. Nanti kita bisa mengisi botol minum di water fountain karena fasilitas umum tersebut menyiapkan air bersih siap konsumsi.

Memilih Kereta Api Malam Hari
Kita bisa singgah di beberapa kota di Eropa lho hanya dengan mengandalkan kereta api. Transportasi umum disana sudah bagus dan sangat memadai untuk itu. Selain itu triknya demi menghemat biaya penginapan, mending pilih deh kereta yang jadwal berangkatnya pas malam hari. Ngapain kudu banget malem hari dibanding jam lainnya? Ssst... dengan beli tiket malem kita bisa tidur di jalan dalam kereta api kan, so nggak usah nginep deh ;) Biaya penginapan jadi lebih hemat ya kan? Pengeluaran gagal membengkak karena bayar penginapan doang.

Makan di Makanan Kaki Lima
Makan di restoran pas lagi di Eropa ya boleh-boleh aja sih, selama dananya ada dan longgar hehe tergantung lah ya keuangan masing-masing orang. Tapi emang kok makan  di restoran pas lagi di Eropa itu nggak bisa dibilang murah. Sesekali cicip-cicip makanan restoran setempat mumpung lagi ke Eropa ya tentu nggak jadi masalah. Namun kalau pengin berhemat, sebaiknya kita menyantap makanan yang dijual di kaki lima aja. Pilihan jajanan kaki lima banyak, kebersihannya sudah terjamin dan porsinya mengenyangkan. Kita juga bisat makan besar 2 kali sehari buat ngisi energi untuk keliling dan jalan-jalan biar penghematan semakin maksimal. Pastinya jalan kemana-mana bikin kita jadi lebih mudah laper kan, apalagi kalau lagi dingin cuaca disana, buat penduduk iklim tropis kayak kita pasti nggak terbiasa dan bawaannya jadi laper mulu.

Jadi itu beberapa trik buat menghemat perjalanan ke Eropa yang tentunya dong kudu kita rencanakan secara matang. Bahkan kalau yang ngerencanain ini salah satu sahabat saya yang demen traveling aman dan nyaman, sebelum pergi pasti dia langsung kepikiran buat beli asuransi perjalanan ke Eropa sekarang buat proteksi diri. Yah pikiran dan persiapan masing-masing orang tentu berbeda-beda ya kan... yang penting kalau perjalanannya sudah dipersiapkan sebaik mungkin, jatuhnya lebih nyaman dan ngerasa aman.

4 comments:

  1. Iya sih kalau suhu disana dingin pasti bawaan nya lapar, sekedar icip icip lumayan di jajanan kaki lima.,,
    Seperti kita di indonesia, sudah makan tapi belum pas kalau belum ngemil.,
    Apa lagi di tempat orang, di eropa yg unik unik udaranya dingin..,
    Siapin aja duit lumayan biar bisa icip icip sepuasnya..

    ReplyDelete
  2. Aaakkkk Big Ben! My bucket list semoga bisa kesana amiiin. Bener banget tuh yg air minum, alhamdulillah aku udah kebiasa bawa air minum dari TK xD
    Jangan lupa juga pilih jajanan yg halal ^^

    ReplyDelete
  3. Aku mauuu, amin moga kita bisa kesana yaaa Nind.
    Makan di makanan kaki lima sana apa rasanya yaaa haha

    ReplyDelete
  4. Maldives itu yurop bukan ya? Aku pgn ke maldives cuma gegara tian honeymoonnya kesana. Plis deh. Hahaha

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home