Wednesday, April 26, 2017

YUK MENGENAL MACAM-MACAM SAUS KEDELAI UNTUK MEMASAK!


Manteman hobi memasak? Yah entah hobi atau enggak, sebagai ibu rumah tangga atau anak kos (mengingat pembaca blog ini kebanyakan 20 tahun ke atas) pasti nggak bisa lepas deh dari aktivitas memasak. Kamu juga mungkin seringkali melakukan eksperimen dalam dapur kamu mulai dari masakan nusantara ataupun makanan luar negeri, maklum bawaan cewek itu rada kepo termasuk urusan dapur ya nggak sih? Anggaplah itu jenis kepo yang bermanfaat ya :p

Pas lagi pengin memasak, apalagi menu baru yang selama ini belum pernah dicobain tentu ada banyak bumbu yang harus kita tahu dan kenali untuk menciptakan citarasa makanan yang enak dan memanjakan lidah. Contohnya aja saus. Tau nggak kalau ada banyak macem saus atau minyak yang kudu kita kenali untuk masakan agar dapet rasa pasnya. Jadi perbedaan antara makanan yang satu dengan yang lainnya nggak cuma terletak dari bumbu-bumbu yang kita pakai aja. Masakan Jepang misalnya sangat khas dengan soy sauce yang biasa digunakan sebagai cocolan atau penambah bumbu sehingga terasa enak.

Cuma hati-hati ya buat manteman yang muslim, karena seringkali saus dari Jepang ini diragukan kehalalannya. Jadi make sure dulu lah sebelum beli. Kalau kecap untuk chinese food yang masuk indonesia justru sudah banyak yang punya logo halal, baik dari merk saus terkenal yang merilis lini produk untuk bumbu masakan chinese food atau brand yang dikenal dari mulut ke mulut saja.

Banyaknya saus yang bermacam-macam ini nggak asal campur lho, kita nggak bisa menggunakan saus yang berbeda untuk jenis makanan tertentu. Misalnya menggunakan kecap manis atau sweet soy sauce pada masakan jepang. Soalnya jelas bakalan punya citarasa yang beda dan juga nggak cocok aja komposisi bahannya, bukannya jadi masakan jepang malah indonesia banget. Ya bayangin aja kalau bikin ayam teriyaki pakai kecap manis, rasanya bisa jadi semur ayam kecap dong :p

Jenis soy sauce sendiri ada banyak juga macemnya. Soy Sauce itu apa? Mungkin kamu belum banyak tahu mengenai jenis saus yang satu ini. Soy sauce merupakan saus terbuat dari kedelai yang memiliki rasa gurih, namun ada juga yang terasa manis yang biasa disebut sebagai kecap manis. Nah siapa sangka jenis soy sauce juga banyak, nggak cuma kecap manis yang selama ini kita pakai buat masak sehari-hari loh. Nah dibawah ini adalah macam-macam saus dan minyak yang perlu kita kenali untuk dipakai memasak:

Sweet Soy Sauce
Di Indonesia, dikenal sebagai kecap manis. Karakteristik kecap manis yaitu kental, berwarna hitam dan rasanya manis. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kecap manis yaitu kedelai hitam, gula kelapa, garam dan air. Kecap manis merupakan salah satu jenis produk fermentasi. Kecap dalam makanan Indonesia banyak dimanfaatkan, misalnya sebagai tambahan rasa pada nasi goreng, mie goreng, sate, semur dan masih banyak lagi jenis masakan yang menggunakan kecap manis dalam proses memasak.

Salty Soy Sauce
Selain kecap manis, kecap asin juga cukup terkenal. Bahan kedelai difermentasi dalam larutan garam sehingga menghasilka kecap yang memiliki rasa yang asin. Keca asin bentuknya encer dan berwarna gelap. Biasanya dimanfaatkan untuk menyedapkan masakan. Komposisi bahan untuk membuat kecap asin yaitu kedelai dan garam yang berjumlah lebih banyak.

Kecap inggris

Apakah manteman pernah menggunakan kecap inggris? Kecap ini terbuat dari bahan molases, gula jagung, cabai, air, kecap asin, asam jawa, lada hitam, bawang bombay, anchovy, cengkeh, bawang putih, bawang merah dan kecap asin. Kecap inggris memiliki karakteristik berbentuk cairan encer, berwarna gelap dan rasanya sedap dan sedikit asin. Kecap inggris dapat membuat citarasa makanan menjadi lebih enak dan lezat. Kamu bisa kok menemukan cita rasa kecap ini pada masakan-masakan Jepang. Kecap inggris biasanya juga dimanfaatkan sebagai bahan perendaman untuk daging sebelum dimasak, sehingga menghasilkan rasa daging yang nikmat.

Saus Tiram
Saus tiram banyak ditambahkan dalam masakan tumisan. Saus ini berbentuk agak kental, kehitaman, terbuat dari tiram sehingga memberikan rasa yang gurih dan sedap. Saus tiram yang berkualitas baik memiliki harga yang sangat mahal, yaitu dibuat dengan cara memasak tiram hingga mengental tanpa tambahan apapun. Sedangkan saus tiram yang memiliki harga murah, biasanya ditambahkan bahan pengental dan bumbu-bumbu lainnya dengan pengunaan saus tiram yang encer sedikit. Saya sendiri juga sering banget pakai saus tiram ini dan tentu saja yang saya pakai yang murah sajah :D

Saus Teriyaki
Teriyaki berasal dari kata teri yang artinya bersinar dan yaki yang artinya dipanggang. Kamu tentu tidak asing dengan saus teriyaki pada masakan jepang. Saat membuat teriyaki, bahan-bahan yang akan dipangang dicelupkan dulu pada saus teriyaki kemudian baru dipanggang. Bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan teriyaki banyak macemnya nggak cuma ayam dan sapi seperti yang sering jadi menu di resto masakan jepang di Indonesia yaitu ikan salem, tongkol, mariin, trout, daging ayam dan sapi. Saus teriyaki ini terbuat dari bahan-bahan kecap asin, sake, dan juga gula pasir dengan takaran komposisi 1:1:1. Ini yang saus teriyaki asli Jepang ya, karena pakai sake juga jadi nggak disarankan buat kita yang muslim. Tapi kalau pengin masak teriyaki, versi berlabel halal banyak kok di pasaran karena banyaknya peminat dengan jenis makanan jepang yang satu ini. Pokoknya teliti sebelum membeli :)

Minyak Zaitun
Selain terkenal dala dunia kecantikan, minyak zaitun juga banyak dimanfaatkan dalam masakan. Pada makanan barat, hampir semua masakan ditambahkan dengan minyak zaitun. Aroma dari minyak zaitun sangat wangi dan beraroma khas. Biasanya minyak zaitun ditambahkan pada salad dan juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk menumis masakan. Minyak zaitun banyak mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Di Asia, mungkin banyak orang yang belum terbiasa mengolah masakan dengan minyak zaitun, kamu bisa memilih minyak zaitun jenis Light Olive Oil.

Terus terang saya suka banget masakan yang dimasak pakai minyak zaitun karena rasanya yang gurih dan wanginya yang bikin langsung laper, udah gitu lebih sehat pula! :D Cuma saat ini belum bisa masak sendiri pakai itu karena suami tetep lebih doyan masakan rumah biasa aja yang pakai minyak goreng ketimbang minyak 'yang beda', jadi daripada masak sendiri makan sendiri ya belum masuk anggaran belanja dulu. Harganya juga lumayan sih sebotol, lumayan ngabisin budget belanja hahaha :p


2 comments:

  1. Diantara daftar saus di atas, yang pernah kupakai cuma saus tiram. Hehe...
    Karena suami lebih suka pakai kecap biasa, jadi selain saus tomat (buat anakku), ya kecap harus tersedia di dapur :)

    ReplyDelete
  2. Sebelum hamil, saya seneng banget eksperimen dengan macam-macam saus. Semua saus yang Ninda sebut di atas sudah pernah saya beli.

    Favorit saya sebetulnya saus teriyaki. Tapi entah kenapa saya kurang lancar membubuhkan saus ini di makanan-makanan yang saya bikin, sehingga percobaan saya dengan saus ini cuma berhasil di sapi teriyaki. Yang sedihnya, suami saya gagal mengidentifikasi bedanya sapi teriyaki dengan sapi saus tiram. Padahal saus tiram lebih mudah dibubuhkan di makanan-makanan lain, misalnya jadi saosnya sayuran atau saosnya ikan. Alhasil suami saya lebih suka kalau budget belanja kami dialokasikan ke saos tiram daripada ke saos teriyaki.

    Mungkin saya yang perlu cari panduan masak lebih akurat dalam urusan memanfaatkan keunikan masing-masing saos.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home