Tuesday, May 9, 2017

5 KEBIASAAN YANG MEMBANTU KITA UNTUK LEBIH HEMAT


Inget nggak sih kalau sejak kecil kita udah sering diperkenalkan sama budaya hemat dan menabung melalui peribahasa hemat pangkal kaya. Jaman dulu lagu anak-anak juga ngajarin soal menabung lewat Geovanni dan Saskia yang liriknya, "Bang bing bung kita nabung," itu loh hahaha ketauan ya umuran berapa secara makin gede lagu anak-anak udah makin susah aja kalau nggak bisa dibilang udah beneran punah.

Saya juga masih ingat banget kalau waktu SD tuh ada program menabung ke guru, jadi tiap awal minggu kita ngumpulin uang semampu kita ke guru kelas sambil bawa notes kecil yang fungsinya buat nyatetin uang yang kita titipin ke guru kelas. Setelah terima uang dan hitung, guru kelas nyatetin dan tanda tangan ke notes kita sebagai tanda terima uang.

Dulu rasanya pas anak-anak, berhemat masih hal mudah buat dilakukan ketika godaan cuma jajanan dan stationary lucu makin gede godaan udah makin banyak aja. Hayo siapa disini yang ngerasa makin gede makin susah berhemat? *ikutan tunjuk tangan*

Bisa masak itu nggak jamin kita nggak tergoda untuk jajan, apalagi kalau makanan yang kita pengin makan bikinnya ngabisin banyak waktu sementara kita lagi juggling ngerjain yang lain-lain. Skincare dan makeup yang minta banget dibeli jadi godaan, belum godaan beli gamis dan sepatu - OMG cewek emang banyak banget printilannya ya. Pernah lho saya ngobrol sama sahabat saya yang sama-sama lama di Jakarta, pengeluaran kita selama sebulan banyak banget nggak tahu deh lari kemana aja bisa segitu banyak. Mungkin karena sering jalan dan kalau jalan keluar selalu tergoda beli sesuatu, lihat apa di internet langsung tergoda buat beli juga, bener-bener lingkaran kepedihan buat isi tabungan :/

Jangankan lihat ponsel buat ngecek media sosial, lha ngecek email aja jatuhnya malah baca brosur online yang dikirim e-commerce, mata nggak boleh lihat persentase diskon gedean dikit langsung belanja juga padahal belum butuh-butuh banget juga.

Hasrat shopping kita yang nggak habis-habis kadang jadi harus mengorbankan budget tabungan kita juga hmmm. Berhemat memang konsep paling ideal untuk merencanakan masa depan dengan lebih matang. Namun sayangnya iman kita para ciwi-ciwi sering nggak sekuat itu menghadapi godaan belanja. Nah bagi kamu yang sangat sulit untuk berhemat (kayak saya ginilah), saya sempet cari-cari tips berhemat yang bisa diaplikasi buat sehari-hari. Yuk belajar bareng deh, nggak harus 'tobat' dari shopping sih ya, minimal mengurangi lah :D

#1 Bergaul dengan orang-orang bergaya hidup sederhana
Bergaul bareng orang dengan gaya hidup high class memang bikin kita kecipratan ikut highclass juga. Tapi ya imbasnya lifestyle-mu akan menyesuaikan dengan lifestyle orang-orang yang ada di lingkungan high-class tersebut. Bagi kamu yang ingin berhemat lebih baik lagi, coba deh lebih banyak bergaul sama orang-orang yang bergaya hidup sederhana dan nggak malu atau bermasalah dengan gaya hidup mereka yang apa adanya. Lagian nggak semua orang 'mampu' harus punya anggaran belanja yang besar kan?

#2 Deposito
Buat kita yang hidup di era modern, konsep ‘menabung’ memang layaknya menanam padi di padang pasir, kayak yang sia-sia gitu. Namun sebenarnya kamu masih bisa menabung dengan sistem yang lebih profesional. Deposito merupakan salah satu cara menabung terbaik jika kamu sangat khawatir uangmu akan cepat habis. Deposito dicairkan dalam jangka waktu tertentu, jadi kamu tak akan tergoda lagi untuk mengambil uang tabungan sembarang waktu.

#3 Manfaatkan Promo
Bagi kamu yang biasa shopping lewat online shop seperti saya, pasti sudah familiar dong dengan banyaknya promo yang ditawarkan. Setiap minggu ada minimal sekali email promo dari online shop atau ecommerce, ya kan? Makanya nggak ada salahnya budget belanja kita pangkas dengan memanfaat kan promo. Salah satu promo yang bisa kamu manfaatkan yaitu promo Bukalapak. Kamu bisa cek promo tersebut di laman https://www.hadiah.me/bukalapak. Mengapa harus di hadiah.me? Selain voucher, kamu ‘pun bisa mendapatkan cashback sehingga budget tabungan bulananmu tidak terganggu lagi oleh kegiatan belanja.

#4 Minimalkan Penggunakan Kartu Kredit
Kartu kredit memang memudahkan kita untuk membeli barang yang kita inginkan, meskipun kita sedang krisis budget. Namun efeknya sampingnya juga kudu diperhatikan sih daripada hanya pertimbangan kepuasan berbelanja. Efek sampingnya tagihan kartu kredit menumpuk dan akhirnya mengganggu budget bulananmu di bulan berikutnya. Makanya biar kamu bisa berhemat, sebaiknya minimalisasi penggunaan kartu kredit, kalau bisa ya nggak usah dipakai kecuali memang benar-benar urgent ya. Jika kamu ingin membeli sesuatu yang nggak urgent sementara budget-nya belum cukup, yaa tahan diri dulu.

#5 Rawatlah Kendaraan Sebaik Mungkin
Kalau kamu memiliki motor atau mobil, maka usahakan untuk merawat dengan sebaik mungkin. Soalnya kalau kendaraan sudah rusak, maka biaya perawatannya bisa sangat mahal dan bakalan mengganggu perencanaan anggaran bulanan kita. Apalagi nih kalau ternyata kendaraanmu rusak total, sehingga nggak tertolong dan harus membeli kendaraan baru. Padahal membeli kendaraan baru bukanlah perkara mudah lho, diperlukan uang dalam jumlah yang banyak jadi tentu saja ini mengganggu rencana anggaran kita mungkin hingga sekitar setahun yang akan datang  atau malah lebih. Makanya semisal ingin berhemat, belajar lebih care dan rawat kendaraan sedini dan serutin mungkin, agar nggak mudah rusak dikemudian hari.

Jadi gitu beberapa hal yang bisa kita terapin sehari-harinya, nggak susah kan ya? Kalau saya sih nambah juga pertimbangin budget jadi dua, investasi dan sementara. Tapi kalau versi saya ini personal banget jadi bingung juga jelasin karena prioritas orang kan beda-beda ya. Kalau kamu pakai trik hemat yang gimana?

3 comments:

  1. Godaan terberat memang soal jajan dan printhilan cewek, hehe. Tapi langkah nomor satu, aku setuju banget deh. Tidak semua orang bisa seberuntung kita kan? 😊

    ReplyDelete
  2. Haduh, promonya itu loh yg bikin gregetan. Kalo gak diambil malah kepikiran, diambil jg jatohnya impulsif mau beli barang yg belum begitu dibutuhin..

    ReplyDelete
  3. Memang perlu diperhatikn yg anggaran blnja kita. Krn klo gak, emang suka kebablas, ngak tahu kemana larinya uang, tiba2 udah hampir habis.

    Bergaul dg org yg sdrhana, benar jg, mpengaruhi gaya hidup kita jg ikut sdrhana. Jd, teringat hadits.

    Deposito ya? kurang ngeh, tp boleh jg.

    Promosi rutin via email sering jg aku dptkn. Tp gak prnh kubuka. Kebetulan aku bukan maniak belanja online. Selama ini masih lbh suka belanja offline.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home