Thursday, May 18, 2017

MUDAHNYA SEKARANG CEK HARGA TIKET KERETA ONLINE


Kita pasti udah sama-sama ngeh lah kalau perkembangan tekhnologi dan informasi memang sudah memberikan banyak keuntungan yang bisa kita rasakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Lebih-lebih sekarang ini saat orang nggak bisa pisah sama internet. Yang pertama kali dicariin habis bangun tidur aja ponsel, ya beda-beda sih kepentingannya... Mulai dari lihat jam, matiin alarm, ngecek notifikasi sosial media, ngecek chat email masuk dan seterusnya. Kadang sepagi itu habis ngecek-ngecek notif terus keasikan masih lihat ponsel bukannya segera ngerjain yang lebih berfaedah gitu :))) *kalimat mengandung curhat.

Pisah bentar sama ponsel pinter bisa bete seharian, batere habis bisa mati gaya (lantas bete) apalagi kuota habis. Jadi inget deh jaman warnet lagi jaya-jayanya, dimana-mana ada warnet tapi nyaris nggak pernah sepi padahal dulu tariff per jamnya mayan mahal kalau kita inget-inget lagi sekarang. Lah warnet yang jauh dari rumah, tariff mahal aja dijabanin sampek kadang ambil paket malem biar murah nah apalagi sekarang... buka internet udah segampang nyalain kalkulator doang, bisa dibawa kemana-mana lagi. Makin nggak bisa lepaslah kita sama internet.

Ya memang nggak menyangkal juga kalau saat adanya akses online secara luas gini bisa membuat segala banyak hal dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Contoh paling gampangnya pesan tiket online yang bisa kita lakukan sambil grocery shopping di supermarket, booking hotel online yang bisa kita selesaikan sambil ngopi-ngopi di cafe dan masih banyak lagi segudang contoh hal-hal yang dapat kita lakukan secara online dengan mudah. Kalau pesan tiket pesawat via online sudah hal biasa sejak bertahun-tahun lalu, kalau beberapa tahun terakhir ini tiket kereta online-lah yang sedang hype. Meskipun nggak berniat pesan tiket kereta pun, kita bisa dengan mudah lho cek harga tiket kereta secara online.

Dengan berbagai macam pilihan kemudahan dalam akses serta pelayanan yang semakin bagus dan harga yang terjangkau membuat kereta api menjadi salah satu transportasi favorit masyarakat Indonesia saat ini. Kita bisa menikmati banyak kemudahan lho dengan menggunakan moda transportasi kereta api ini baik saat kita sedang melakukan perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat.

Salah satu kemudahan yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan kereta api sebagai transportasi untuk bepergian saat ini adalah: kita bisa tahu terlebih dahulu harga tiket yang akan kita beli nanti hanya dengan cek online dulu dari jauh-jauh hari. Mudah ya kan? Padahal saya inget banget lho lima tahunan lalu mau lihat jadwal kereta dan pesen tiket tuh harus ke stasiun dulu, sementara jam kerja petugas bagian tiket di stasiun sama pekerja kantoran ya pastilah susah ada titik ketemunya. Nggak jarang deh dulu itu saya nganterin sahabat saya beli tiket buat pulang kampung tapi berakhir dengan loketnya tutup karena udah jam pulang petugas. Sudah jauh-jauh, macet-macetan nggak dapet apa-apa pulak! 

Makanya saya juga salah satu orang yang menyambut baik sistem informasi dan pemesanan tiket kereta api secara online ini. Dengan adanya sistem ini, memudahkan kita banget lho untuk tahu harga-harga dari tiket KA api yang menjadi tujuan bepergian kita dari kelas ekonomi, bisnis hingga eksekutif. Lebih mudah juga bakalannya kan kalau kita mau traveling ke suatu tempat bareng teman atau keluarga pakai kereta api, soalnya bisa ngira-ngira dulu budget minimal yang kudu disiapin tuh berapa? Kalau deal yaudah cus langsung pesan dan transfer sajah karena nggak cuma kepo harga tiket aja yang jadi gampang, buat reservasi juga mudah kok... nggak beda sama belanja online aja.

Belum pernah kepo-kepo info harga tiket kereta api secara online? Duh kemana aja kamoh selama ini?
Biar nggak kudet alias kurang update, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk pengecekan harga tiket KA secara online:

#1 Yang pertama, masuk browser dan masuk ke website resmi PT. KAI melalui tab browser.
Setelah kamu berhasil masuk di website resmi PT. KAI, kemudian kamu bisa klik reservasi

#2 Setelah kamu klik reservasi, disini kamu bisa melihat info jadwal serta reservasi. Terus diapain? ya isi deh tanggal, pilih stasiun tujuan bepergian kita terus pilih umur.

#3 Langkah selanjutnya adalah... ketika data semua sudah kamu masukan, maka akan muncul gambar yang menyediakan pilihan menu tampilan atau kode booking. Nah kalau pilihan ini sudah muncul, kamu tinggal klik tampilan untuk melihat atau cek harga tiket.

Gimana? Nggak ribet kan?

Kalau memang sudah yakin mau beli tiket KA via online, maka kamu harus benar-benar memperhatikan langkah-langkah serta aturan yang telah ditetapkan sehingga selain kamu akan lancar-lancar aja menyelesaikan transaksi, data yang diisi juga nggak salah-salah. Eh, penting lho tetep fokus pas lagi isi-isi data buat reservasi online, salah dikit belakangan bisa bikin masalah. Ya contohnya aja salah pilih-pilih kursi, salah isi data berdasarkan KTP padahal naik kereta juga pasti petugasnya butuh verifikasi sama kartu identitas kita kan.

Pokoknya sih seneng banget dengan inovasi dan kemudahan-kemudahan dari PT. KAI untuk semua pengguna moda transportasi kereta api selama 5 tahun lebih terakhir yang nggak stagnan, terus dilakukan perbaikan fasilitas dan pelayanan. Keren lah! Saya inget dulu juga websitenya sering banget down, sekarang nampaknya sudah relatif stabil ya.

Yang jelas dengan adanya fasilitas online yang disediakan oleh PT.KAI tersebut, calon penumpang yang tidak memiliki waktu untuk bisa membeli tiket KA secara langsung dengan datang ke stasiun bisa dengan mudah membeli tiketnya dari mana saja kita berada. Bahkan sambil kerja juga bisa pokoknya selama ada jaringan internet yang stabil. 

Di website yang telah disediakan oleh PT. KAI tersebut kamu juga dapat melihat daftar harga tiket kereta api yang menjadi tujuan bepergian kamu nantinya. Sebagai informasi tambahan, bahwa reservasi untuk pembelian tiket secara online ini dapat kita lakukan 2x24 jam sebelum jadwal kereta berangkat. Ketersediaan tempat duduknya juga dapat berubah sewaktu-waktu . 

Setelah kita selesai melakukan reservasi serta membayar tiketnya, maka email untuk kode booking akan dikirimkan langsung ke alamat email kita sehingga nantinya bisa kita tukarkan dengan tiket secara langsung di stasiun. Sudah jauh lebih praktis, ya kan? Kedepannya sih saya ngarepnya tiket sudah nggak usah dituker-tuker lagi di stasiun, jadi sepraktis tiket pesawat gitu bisa cuma nunjukkin tiket printing kita atau softcopynya saja :D

1 comment:

  1. Dijaman sekarang ini semua hal jadi bisa dilakukan dengan serba mudah dan cepat ya kak Ninda :D

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home