Friday, May 12, 2017

SMA***REN, KOK SEKARANG BEGINI?


Bisa dibilang saya pengguna Sma***ren sudah sejak lama sih, sudah dari masa nyari kerja saya manfaatin modem dengan paket unlimited 45,000 rupiah per bulannya. Waktu awal kerja, saya beli tablet andromaxnya demi streaming youtube dan drama asia meskipun habis itu sudah nggak dipakai lagi. Karena begitu pindah ke Jakarta, saya sudah nggak punya waktu lagi untuk nonton serial drama apalagi streaming youtube. TV di kamar sewaan saya aja baru nonton 10 menit saya udah ketiduran sampek pagi.

Begitu mulai jadi freelancer selama setahun lebih terakhir, saya balik lagi pakai modem connex-nya Sma***ren dengan paket unlimited. Alhamdulillah sih sinyalnya lancar di rumah, jadilah saya kembali jadi pelanggan setia Sma***ren selama itu. Sayang, mulai tahun 2017 Sma***ren sudah berhenti melayani jaringan CDMA jadi saya sudah nggak bisa lagi pakai modem USB yang saya punya. Memang saya sudah punya mifi alias modem wifi yang support 4G sejak lama, buat cadangan aja. Tapi selama ini jarang dipakai kecuali pas pakai bonus kuota internet dari pembelian perdana mifi-nya.

Meskipun layanan CDMA sudah diberitahukan bahwa akan berakhir sejak Desember 2016, cuma karena modem USB saya masih jalan internetnya, jadi ya belum saya ganti dulu. Hingga awal bulan ini ternyata internet CDMA sudah benar-benar berhenti sama sekali dan sudah minta dipindah ke 4G. Makanya timeline blogging yang udah saya planning jadi berantakan banget akhir-akhir ini, soalnya ngeblognya jadi pakai ponsel, nggak pakai laptop lagi seperti waktu modem USB CDMA masih jalan. Sementara kalau menurut saya blogging via ponsel itu okenya cuma buat ngetik draft, kalau finishing sih kurang optimal dan bikin jari saya pegel. Sudah gitu pasti banyak typo yang nggak ketahuan dan tanda baca yang berantakan. Makanya itu saya kagum banget sama yang bisa optimal blogging dari proses draft sampai publish pakai gadget aja tapi tulisannya tetep bagus dan enak dibaca.

Oh dan saya sempat browsing di situs resmi Sma***ren, apa aja paket internet terbaru yang disediakan operator ini, masih ada nggak sih fasilitas unlimitednya? Ternyata ada.

Kenapa nyari yang unlimited? Soalnya saya lihat paket internet operator ini yang pakai kuota bulanan kok sedikit amat ya? Paket internet Sma***ren yang kuota 7-8 GB aja senilai 100,000. Ya serius kuotanya cuma segitu (sekitar 7-8 GB, saya lupa) dengan bonus kuota streaming 10GB.

Senang dengan bonus kuota streamingnya? Hmm jangan senang dulu, itu nggak bisa buat streaming Youtube lho. Lah terus buat streaming apaan kuota segitu gede? Jadi kuota free streaming ini buat beberapa jenis aplikasi nonton berbayar. Jadi ya errr sama aja toh bayar lagi :/

Ngapain pula yah bonus streaming segitu banyak? Padahal hampir pasti kita nggak bakalan nikmatin full dan hampir nggak pake tuh kuota streaming segede apaan tau. Nggak butuh juga, butuhnya kuota ya kuota internet aja suka-suka kita mau dipakai apaan. Padahal provider lain yang lebih 'senior' daripada Sma***ren menyediakan kuota besar dengan harga yang bersaing. Nominal 100,000 itu kalau kita pakai beli paket internet di provider lain, sudah bisa dapat kuota 4G diatas 10GB, belum lagi paket perdana yang bonus kuotanya jor-joran.

IMHO sih, dengan harga paket internet semahal itu - nggak beda jauh harganya dengan operator ponsel yang tempo hari dibajak (yah saya juga salah satu penggunanya tapi saya setuju paketan dia memang supermahal) - padahal ukurannya masih termasuk operator baru. Bukan langkah yang oke aja kalau dia juga meniadakan paket unlimited dijaman orang-orang punya ponsel dual SIM cuma untuk pakai paket internet perdana dari operator lain yang bonusnya banyak. Terus sekali pakai buang.

Jadi, saya tanya dong ke gallery terdekat sehubungan dengan paket itu. Kata customer servicenya sih masih ada paket unlimited, cuma sekarang bentuknya pascabayar katanya. Terus bisa daftarnya hanya di gallery Sma***ren pusat Surabaya. Harga paketnya ada dua macam untuk unlimited sebulan, seharga 150,000 dan 275,000. Oke, saya masih maklum aja disini dan masih nggak keberatan untuk ngurusin unlimitednya.

Terus saya tanya dong, persyaratan urusnya apa aja?

CS bilang persyaratan untuk urus pascabayar Sma***ren: uang jaminan senilai 200,000, kartu keluarga, KTP dan buku tabungan.

Uang jaminan ya oke lah anggep aja beli paketnya bayar di depan, tapi KK, KTP, buku tabungan? What???

Maksud saya... buku tabungan itu confidential dong dan nggak sembarang lah ya dishare-share ke orang lain, apalagi hanya untuk pengurusan paket internet senilai itu. Kalau memang kuatir nggak dibayar sama customer, kenapa ya nggak sekalian aja jadiin paket prabayar? Toh nilainya hanya 150,000-275,000 aja. Bawa buku tabungan tuh kayak kita mau kredit rumah atau kendaraan bermotor gitu kesannya.

Ya kalau rumah atau kendaraan bermotor mah wajar harus bawa blahblahblah semua itu, soalnya penyedia kan butuh lihat kapabilitas bayar dari customer, lha kalau paket internet ratusan ribu?
Duh kok ya nggak dijadiin prabayar aja sik, biar gampang langsung beli dan setting paketnya?

Untuk sementara ini, kayaknya saya masih akan bertahan dengan paket berkuotanya itu hanya untuk blogging berhubung masih ada sisa pulsa di kartu operator ini juga. Tapi entah deh bulan depan. Soalnya operator ponsel yang bersinyal bagus di rumah saya dengan kuota internet lebih banyak dan murah juga ada. Lagi saya pertimbangkan untuk pindah ke lain hati, karena nggak kuat banget sama conditions and terms apply yang baru dari operator ini.

8 comments:

  1. Sm**ren sepertinya mau mengikuti jejak salkomsel... kalau terlalu mahal kesaanya tuh rakus banget,, padahal keuntungannya juga dah banyak,,,
    kalau 7 - 8GB rp. 100 ribu kalau untuk ukuran saya terlalu mahal,,, mendingan pake wifi gratis milik tetangga :v,,, yah kalau dijual gocap,, mungkin masih masuk akal... haha :D

    ReplyDelete
  2. Telkomsel flash aja mbak nin..

    ReplyDelete
  3. Aku termasuk yang nggak bisa ngeblog pakai hape. Nggak kuat, pegel tangan sama banyak typonya. Btw...semoga pelayanan Smar***en lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Aku juga punya mifi dari operator seperti judul postingan mbak Ninda. Tapi jarang dimanfaatin karena lebih sering pake free wifi. Entahlah. Mungkin dipensiun aja kali ya.

    ReplyDelete
  5. ha? baru tahu soal paket unlimited yang kudu bawa buku tabungan juga, nin. aku barusan cek di blog orang ada yang ngasih tahu klo paketannya 300 rb bs dpt 30 gb, tp entah gimana pembagiannya. aku belum pernah coba. tapi mayan sih klo pakai bonusan kuota dari pembelian modemnya. entah deh ini mau diperpanjang paketnya apa nggak.

    ReplyDelete
  6. buku tabungan itu syarat yang enggak banget sih emang. mending pake rekening koran deh, gapapa ribet dikit. (lagian hari gini masih ada yang nyetak butab? helooo udh jamannya mutasi elektronik kali)

    cuma emang kalo pascabayar di indo suka pada takut customernya lari sih. ya entahlah. aku juga termasuk orang yang sebel cdma ditutup karena telfon rumahku cdma. akhirnya mau gak mau si telfon dipensiunkan. padahal telkom ga masuk ke daerahku yang cuma 100m dari jalan raya. jadi si tiang telkom cuma ada di luar gang gitu, di jalan raya. kzl ya?

    ReplyDelete
  7. Aku blm pernah pakai provider itu, meski kata org bagus. Ngandelin tetringam dr hape hahaha

    ReplyDelete
  8. Iya, Nin, menurut aku, ngeblog itu, khususnya untuk posting, lebih enak via laptop atau komputer drpd via ponsel. Lebih leluasa ngedit atau melihat preview tulisan sblm di-publish.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home