Tuesday, June 20, 2017

CATATAN RAMADHAN TAHUN INI


I found it's pretty hard to keep writing so much in Ramadhan.
Disatu sisi kita pengin menyelesaikan to do list kita yang segambreng untuk ngurusin keluarga sekaligus ngejar target-target Ramadhan dan disisi lain pengin nulis dan apa daya nulisnya cuma sanggup sedikit doang karena sering nggak konsen kebawa ngantuk.

Saya sempat mentargetkan menulis setelah usai Tarawih tapi kenyataannya sering gagal karena jam segitu saya justru ngantuk banget. Demikian juga kalau siang hari, susah konsentrasi karena kebayang banyak hal yang kudu dilakuin dari mulai target ibadah sampai target alokasi waktu buat beberes dan nyiapin buka puasa dan persiapan sahur. It takes time so much ternyata ya. Saya kesusahan mengejar target waktu menulis, beneran. Apalagi nulis disini yang penginnya konsisten untuk catatan sehari-hari dan kontemplasi.

Rasanya kerepotan juga eksekusi ide kreatif satu persatu baik untuk urusan blogging atau diluar itu. Ada beberapa project pribadi yang sudah saya rencanakan tapi belum dieksekusi karena mood yang nggak tepat atau waktunya yang kurang. Apalagi deretan acara buka bareng teman dan koleganya suami. It's fun to catch some chit chat while we're stuck in busy traffic dan saya juga jadi lebih banyak tahu orang-orang di lingkungan pertemanan suami, tapi memang saya jadi makin kekurangan waktu sih untuk hal-hal yang saya rencanakan.

Saya juga nggak bikin kue selama beberapa bulan terakhir karena susah bagi waktu, resep kue bolu cookies mengonggok di file begitu saja belum kesentuh sama sekali buat dieksekusi, dibeliin bahan juga belum. Lebaran ini sepenuhnya saya oper bebikinan kue ini ke teman-teman yang memiliki usaha jual kue lebaran. Karena nggak sanggup waktu dan moodnya yang lagi berantakan ini. Sayanya jadi nggak capek-capek banget, tetap produktif di bulan Ramadhan meskipun bukan di soal bebikinan kue dan teman-teman saya senang karena list orderannya nambah. Yah semuanya senang.

Ini Ramadhan kedua dimana saya nggak mudik pakai pesawat lagi, nggak ngantor lagi but still having so much to do list baik soal urusan rumah sampai urusan kerjaan. Makin banyak yang dipikirin, makin banyak yang harus dilakuin.

Salah satunya saya berencana untuk membuka lagi jasa desain blog tapi dengan template yang sudah jadi, kali ini insyaAllah lebih unik karena pakai hand drawing. Pengelompokan limited dan non limited yang tentu saja bikin harga template jadi murah dan semuanya bisa adopsi :)

Selama ini saya ngelihat banyak yang ngerasa customize template itu mahal hanya karena melihat harganya, nggak melihat alokasi waktu yang dihabiskan penyedia jasa untuk menyelesaikan itu dan nggak melihat juga seberapa banyak pikiran yang dikeluarkan sampai finishing agar bisa match sama pemesan.

Template yang sudah jadi tentu saja jauh lebih murah karena bikinnya ngikutin selera yang bikin, lebih simple dan nggak capek karena nggak harus tanya-tanya dulu sama pembeli jasanya. Yang paling penting, semua bisa beli jadi nggak limited. Untuk effort pembuatan satu template, banyak yang pakai, banyak yang beli ya hasil yang diperoleh jadi jauh melebihi yang ngerjainnya satu-satu per personal gitu :)

Itu sih yang lagi saya pikirin. Sementara karena ngurusin toko online saya, waktu buat desain satu-satu personalisasi blog itu kayaknya susah banget ya. Saya bisa begadang berhari-hari demi nyelesaiin customize blog sampai blognya sesuai karakter isi dan pembeli jasa saya puas sama hasilnya lho. Nggak bisa ditunda-tunda karena saya orangnya gampang kepikiran kalau ada kerjaan yang belum kelar, serasa punya hutang gitu deh.

Jadi buat teman-teman yang sempet nanya ke saya kapan customize templatenya di buka lagi, kemungkinan besar nggak dibuka lagi karena saya hanya akan menyediakan yang sudah jadi dan bantu masangin aja. Kapan jadinya dan kayak apa? Nanti deh ya karena konsepnya baru di kepala dan gambarnya juga belum kelar sih :)

Pengennya meskipun nggak limited, tapi tetap ada signature dengan hand drawing saya :)

Kalau teman-teman, apa yang beda dari Ramadhan tahun ini?


8 comments:

  1. Ramadhan ini aku juga jadi jarang nulis, mbak Ninda :(

    Awalnya memang niat nulis habis taraweh atau habis sahur. Tapi ternyata semua hanya angan. Hiks

    ReplyDelete
  2. woah, baru tau nyediain jasa web desain.. kasih portfolionya donngg

    ReplyDelete
  3. Hadoh.. baca doang aku melok bingung mau nglakuin yang mana wakakak.. Sama lahh.. mau nulis udah keburu nguantuk gak ketulungan wkkwkkww.. Klau bikin kue sih emang aku males dan enggak bikin, soale rumah kontrakan ditinggal kalao lagi mudik kedesa :p. Sukses rencananya bikin template ya.. udah pinter watercolor-an, pengen juga jualan template hahaa #latah

    ReplyDelete
  4. mau dong kaka blog ku juga di costumize :D

    ReplyDelete
  5. Iya sama. Aku jg ngos2an ngatur waktu. Abis buka kok ya ngantuk.
    Hahaha dikau juga yg biasa onlen setiap saat ternyata merasakan hal yg sama.

    ReplyDelete
  6. ramadhan sayaaa cukup beda sih dari tahun2 sebelumnya
    baru pulang ke lumajang H-3 gegara nungguin dosen, demi skripsi, demi nggak mbayar UKT
    padahal jember-lumajang cuma 1,5 jam
    ah elah
    hahahhaa



    ohya, temenku waktu itu juga lagi nyari desainer blog, mau kusaranin ke samean, tapi waktu itu lagi vakum
    berkabar yaaa kalau buka jual template lagi, supaya kukabarkan ke temenku. temenku tuh suka yang kayak alodita.com kali aja dia langsung comot dan beli bikinane samean, hehehee


    maaf lahir batin ya mbaaaak...
    maaf karena banyak salah dalam bertutur kata, baik di blog maupun di medsos

    ReplyDelete
  7. Selamat lebaran ninda, maaf lahir batin yak :)

    ReplyDelete
  8. Aku pol lebih bingung, pingin ngupdate blog, tp ya itu bingung memulai nulis apaan...pinginnya libur nulis tp pas liat statistik blog garela misal turun viewnya oho

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home