Friday, November 3, 2017

3 CARA YANG BISA KAMU PILIH UNTUK MENDAPATKAN RUMAH MURAH DI JAKARTA

pic source: pixabay.com
Saya pernah cerita di beberapa posting sebelumnya tentang fenomena perantau yang tinggal di Jakarta dan akhirnya menetap karena pekerjaan. Rumah sebagai tempat berteduh dan sekaligus juga sebagai tempat bertemunya keluarga menjadi kebutuhan primer semua orang, utamanya pada orang-orang yang sudah berkeluarga. Sementara harga rumah di Jakarta semakin lama semakin mahal saja, bahkan harganya sudah sekitaran 1 milyar.

Range penghasilan jika bekerja di Jakarta memang relatif tinggi, namun meskipun gaji para pekerja juga naik dengan seiring waktu namun harga properti dan perumahan juga terus melonjak dan tidak pernah menurun. Ini tentu tidak jadi soal jika misalkan gaji yang kita terima per bulan minimal 20 juta rupiah dengan biaya gaya hidup yang rendah. 

Banyak teman yang akhirnya memutuskan untuk mengontrak sementara waktu selama mereka menabung untuk membeli rumah, beberapa memutuskan untuk membeli apartemen alih-alih rumah yang memiliki halaman dan bisa dimaintenance sesuka hati. Tidak sedikit juga yang memilih untuk membeli rumah di luar kota namun masih dalam jarak yang tidak terlalu jauh dengan Jakarta untuk mendapatkan harga murah meskipun dengan resiko menempuh perjalanan jauh setiap pulang pergi ke tempat kerja.

Jika kamu tinggal di Jakarta atau memang harus menetap di Jakarta, pasti akan mikirin juga gimana cara mendapatkan suatu rumah murah di Jakarta. Karena jika ada opsi untuk mendapatkan rumah murah, meskipun dengan presentase kemungkinan yang tidak besar namun ini adalah pilihan yang paling layak dipertimbangkan diantara beberapa kemungkinan lainnya seperti misal memiliki rumah diluar kota, tentu dengan asumsi rumah yang akan dibeli di Jakarta tidak rawan banjir.

Bagi kamu yang memiliki rencana atau pertimbangan yang sama untuk bisa memiliki rumah yang murah di kawasan Jakarta sebenarnya ada beberapa pilihan yang bisa kamu ambil. Tentu saja dengan pertimbangan matang terlebih dahulu, diantaranya sebagai berikut:

Kredit
Ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu yang memang menginginkan rumah yang murah di kawasan Jakarta misalnya saja dengan mencoba untuk melakukan kredit, salah satu pilihannya adalah bisa mencoba melakukan KPR yakni bisa kamu bisa coba untuk memilih KPR di bank BTN yakni dengan beragam pilihan produk properti yang bisa dikeluarkan oleh bank tersebut. Hal ini dapat saja menjadi pilihan yang tepat dari kondisi yang tengah kamu hadapi, sebab ada banyak macam layanan dan juga fasilitas yang dapat kamu peroleh. Kamu juga bisa mencoba mencari tahu informasi tersebut dari internet atau web resmi BTN.

Rumah bekas
Pilihan lainnya untuk bisa mendapatkan rumah yang murah dan bisa menjadi pertimbangan karena kesesuaian dengan budget kamu saat ini yang mungkin tidak terlalu besar adalah dengan mencoba untuk bisa membeli rumah bekas saja. Tentu dengan rumah bekas yang memang menurut kamu bisa dibeli dengan harga yang sesuai anggaran dan relatif murah. Ini bisa menjadi pilihan yang bisa kamu ambil jika lebih suka membeli rumah yang tidak terlalu mahal, sesuai range budget dan ada dana tunai yang bisa dibayarkan.

Pertimbangan jarak
Namun jika kamu belum mendapatkan satu pilihan tepat setelah beberapa waktu untuk membeli salah satu dari rumah dijual di Jakarta karena bisa jadi budget yang tidak mencukupi atau lingkungan yang tidak bisa membuat kamu merasa kerasan, padahal kamu tidak masalah dengan pertimbangan jarak. Maka kamu bisa mencari di area lingkaran luar Jakarta atau sudah memasuki area luar kota namun tidak jauh dari Jakarta, misalnya saja daerah Tangerang, Depok, Bekasi dan Bogor. Harga rumah di kota-kota tersebut lebih murah dari Jakarta, namun dengan perkembangan fasilitas yang tidak kalah serta jarak yang tidak jauh dari Jakarta.

2 comments:

  1. Mahal nyin.. Ndk sini aja mahal, apalagi disono.. Duh, kudu kerja ekstra nih

    ReplyDelete
  2. Aku belum ada rencana sih kak nind untuk tinggal do jakarta

    Tapi ntar tulisan ini Inshaa Allah kurekomendasikan ke temenku yang butuh

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home