Thursday, December 7, 2017

INOVASI DAN KREATIFITAS PADA FURNITURE MODERN

Furniture modern yang saat ini banyak digunakan masyarakat merupakan hasil dari sebuah inovasi dan kreatifitas yang dilakukan oleh para pebisnis furniture. Fleksibilitas dan simple adalah dua nilai yang dibawa untuk melakukan inovasi dan kreatifitas pada sebuah furniture. Kedua nilai tersebut yang membedakan furniture modern dengan furniture-furniture yang pernah ada pada masa sebelumnya.

Inovasi dan kreatifitas yang menghasilkan furniture modern seperti yang kita kenal saat ini sangat dipengaruhi oleh rumah-rumah dengan desain minimalis yang karena saking banyaknya peminat maka rumah bergaya minimalis juga menguasai pangsa pasar karena banyak ditawarkan oleh para pengusaha property sebagai produk utama. Kurang lebih dari sini saja kita bisa tahu betapa besar minat masyarakat terhadap penggunaan furniture modern ini.

Tidak hanya bisa memberikan manfaat sesuai fungsi, penambahan fungsi karena inovasi membuat kita bisa berhemat space ruang dan budget dalam waktu yang bersamaan. Contohnya seperti organizer koran atau kotak penyimpan mainan yang memiliki penutup, dapat dijadikan kursi untuk duduk atau kursi rias. Sangat praktis bukan? Modelnya yang sangat artistik juga menjadi alasan mengapa banyak orang yang memilih untuk menggunakan furniture modern.

Tidak hanya fleksibilitas dan simple yang ditonjolkan dalam inovasi dan kreatifitas terhadap desain-desain furniture modern saat ini, beragamnya bahan baku yang digunakan juga membuatnya unik. Ada lebih dari satu bahan baku yang digunakan dalam desain-desain furniture masa kini, kebanyakan material yang digunakan merupakan kombinasi dari beberapa bahan baku.

Misalnya ada sebuah kursi yang dibuat dengan bahan baku campuran antara plastik dan besi, serta ada juga yang terbuat dari kayu dan besi. Ada beberapa alasan mengapa furniture modern menggunakan bahan baku beragam, selain ingin terlihat menarik, penghematan bahan baku utama menjadi salah satu alasan lain. Yang luput dari pengetahuan kita sebagai konsumen adalah, selama ini banyak pelaku bisnis furniture mengaku cukup kesulitan dalam mendapatkan bahan baku utama mereka. Selain itu harga bahan baku yang tinggi juga ikut mempengaruhi karena tentu saja masyarakat lebih mudah menerima dan melakukan keputusan pembelian pada harga furniture yang relatif terjangkau.

Bahkan karena adanya kendala terkait bahan baku ini sementara ada tuntutan untuk terus berproduksi menghasilkan produk yang bisa diterima masyarakat secara luas dengan reasonable price, beberapa pelaku bisnis furniture modern ini membuat keputusan inovasi desain dan model furniture yang mereka produksi dengan menggunakan barang-barang bekas yang didaur ulang. Mereka sengaja mendaur ulang beberapa barang yang sudah tidak terpakai seperti bekas krat minuman, bekas palet kayu, bekas tong minyak, alat transportasi tua yang sudah masuk pasar loak dan container barang yang tidak terpakai. Pendaur ulangan barang-barang bekas tersebut menunjukkan bahwa para pelaku bisnis furniture tidak kehabisan akal dalam mengatasi setiap kendala dalam produksi mereka.

Siapa sangka, furniture yang diproduksi menggunakan barang daur ulang dengan biaya produksi yang tidak bisa dibilang tinggi justru menghasilkan desain furniture yang unik, menarik dan tidak biasa. Desain yang special karena keunikannya malah mampu banyak menarik minat masyarakat untuk mampir sekadar melihat-lihat atau benar-benar ingin membeli. Bahkan menurut salah satu wawancara sebuah radio dengan seorang pengusaha furniture, furniture yang diproduksi dengan memanfaatkan barang daur ulang malah tidak disangkanya justru bernilai jual tinggi. Karena selain desain yang unik dan tidak pasaran, susah ditemui disembarang tempat, ini juga karena kesadaran masyarakat yang sudah jauh meningkat pada kepedulian mereka terhadap alam dan pengelolaan barang bekas yang baik untuk mengurangi sampah.

Tidak percaya dengan pernyataan ini?
Coba main-main ke cafe-cafe hits terdekat deh, karena ada beberapa café, warung makan dan tempat menginap yang menggunakan furniture modern hasil daur ulang ini sebagai pelengkap ruangan. Saya sendiri sering banget ketemu furniture yang unik-unik di cafe dan tempat-tempat nongkrong. Para pelaku bisnis furniture ini percaya bahwa selama inovasi dan kreatifitas terus dilakukan, maka masyarakat akan semakin tertarik menggunakan furniture modern.

Meta : Inovasi dan kreatifitas pada bisnis furniture modern menunjukkan bahwa keterbatasan bahan baku tidaklah menjadi sebuah masalah.

1 comment:

  1. Aku termasuk orang yg nggak merabot nind. Semua barang drmh bnr2 yg penting aja.hihiii apalagi masi ada anak kicik susah bgt kan klo bnyk perabot 😁

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home