Saturday, January 13, 2018

5 MANFAAT YANG KITA PEROLEH KARENA MEMAKAI PARFUM

Jangan jadi muslimah nyebelin! Gitu judul buku Asma Nadia, seorang penulis buku yang aktif menulis dengan tema-tema islami baik fiksi maupun non fiksi. Jangan jadi muslimah nyebelin ini adalah buku non fiksi yang isinya sharing dan tanya jawab seputar masalah sehari-hari dan kepribadian seorang muslimah. Tujuan buku ini sebenarnya untuk belajar tentang kepribadian yang diharapkan mengupgrade kepribadian kita juga. Dengan membaca buku ini kita jadi tahu keluhan-keluhan teman-teman atau orang disekitar kita jika ada teman mereka yang berperilaku begini atau begitu, hmmm teman yang dikeluhkan itu mirip kita nggak ya *sambil ngaca*.

Dari macam-macam curhatan baik teman yang ceplas-ceplos nggak bisa saring omongan dan sebagainya, eh ternyata cukup banyak juga yang cerita tentang apa yang mereka rasakan pada teman mereka yang entah bagaimana bau banget. Antara mau ngasih tahu tapi kuatir malah menyinggung dan merusak pertemanan, mau dibiarkan kok ya nggak ada perbaikan dan makin bikin kita tersiksa kalau harus deket-deket dia. Ada yang memang nggak tahu, ada yang tahu tapi bereaksi cuek karena ngerasa nggakpa-pa dong secara muslimah kan nggak boleh pakai parfum. Padahal badan mereka yang bau itu udah mulai jadi topik kasak kusuk teman-teman yang lain.

Ada teman kita yang seperti itu? Hmm atau malah kita? Coba cek bau badan kita dulu deh, jangan sampai kita jadi muslimah nyebelin yang baunya bikin polusi udara dan menghambat kenyamanan orang lain? Jangan dong.

Memang sebagai muslimah, kita tidak diperbolehkan memakain parfum diluar rumah, tapi bukan berarti kita jadi cuek dengan bau badan dan ngerasa fine dalam kondisi bau asem keringetan. Orang kan jadi keganggu berada di dekat-dekat kita, apalagi kalau bau nggak enak dari keringat kita ini kuat banget sehingga dari jarak sekian udah kecium. Kasihan kan mereka kebauan, toh kita juga ngerasa awkward bahkan mungkin bisa kesinggung dong kalau mendadak orang nahan napas atau nutup hidung waktu kita deketin.

Makanya memiliki tubuh yang wangi atau minimal nggak bikin polusi udara tentunya akan memberikan kesan positif bagi orang sekitar. Memang sih tidak semua orang bisa benar-benar bebas dari masalah bau badan sebab ada kalanya dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Beruntunglah kita yang berada dimasa seperti sekarang ini soalnya sudah tersedia banyak produk perawatan tubuh untuk mengurangi bau badan yang tak sedap.

Coba deh diinget-inget, ada deodoran berbagai merk dan varian dari mulai yang cair sampai padat, parfum wanita terlaris yang boleh-boleh aja kok kita beli untuk kepuasan pribadi dikenakan di rumah terutama yang sudah menikah ya, bahkan lotion yang mengandung pewangi beraroma lembut dan tahan lama juga banyak tinggal pilih. Selain perawatan tubuh, masih ada softener untuk membilas cucian dan pewangi sekaligus pelicin pakaian untuk memudahkan setrika. Minimal kita kudu rajin pakai deodorant dan nggak boleh lupa sebelum keluar rumah lah ya. Terus pakai baju bersih yang habis dicuci setrika dengan pelembut atau pelicin pakaian juga. Wanginya memang nggak akan sekuat parfum, tapi paling tidak orang lain jadi nggak kebauan kalau harus dekat-dekat sama kita.

Nah bagaimana dengan parfum?
Teman-teman pasti setuju deh kalau kaum wanita memang udah kodratnya menjadi sosok yang mengutamakan penampilan, tidak hanya yang terlihat oleh mata namun juga tercium oleh hidung. Karena ya dari sananya suka yang indah-indah juga. Tapi minat khusus wanita kalau berhubungan dengan penampilan sih beda-beda ya, maksudnya minat yang menjurus 'agak' obsesi gitu. Ada yang senengnya belanja baju, belanja makeup, aksesoris, ada juga yang senengnya beli dan koleksi parfum. Counter parfum memang menarik buat didatangi setiap kali kita lewat atau berkunjung ke pusat perbelanjaan maupun situs belanja online terpercaya. Kalau di counter parfum kita tergoda pada sample wewangiannya, kalau di situs belanja online seringkali kemasan yang cantik-cantik manjain mata yang lebih menarik perhatian.

Karena kemasannya yang unik dan sering memiliki wewangian dan kemasan limited edition karena bekerjasama dengan sejumlah public figure maupun designer ternama, tidak heran jika ada orang-orang yang jika berlibur ke luar negeri akan memilih parfum sebagai oleh-oleh istimewa untuk seseorang yang special. Karena merk-merk parfum tertentu tidak jarang mengeluarkan wewangian koleksi khusus dengan kemasan dan aroma yang unik, tidak untuk diedarkan secara luas serta meliputi negara tertentu saja. Wah... pantas saja tidak mengherankan ya mengapa ada orang yang memiliki hobi mengkoleksi parfum, mungkin kamu juga salah satunya?

Namun jika kita bukan orang yang terbiasa membeli bahkan memilih parfum secara khusus, apalagi yang diklaim limited edition, tentu saja harus hati-hati dan teliti. Jika tidak, alih-alih membeli barang yang dimaksud dengan harga murah, justru kita membeli barang palsu dengan harga mahal. Selain teliti, kita juga perlu memperhatikan kualitas aroma, komposisi bahan, reputasi toko, tingkat kepercayaan customer terhadap outlet atau toko online tersebut, sampai merek dan harganya.

Meskipun menghindari memakai wewangian, apalagi yang wanginya kuat dan awet sepanjang hari saat keluar rumah, punya parfum itu penting banget lho buat kita para wanita secara umum, nggak hanya yang sudah menikah saja. Seberapa penting sih punya dan rajin pakai parfum untuk kita para wanita?


Mengenal Manfaat Memakai Parfum

Menjadi aromaterapi
Tidak diragukan lagi bahwa aroma harum, segar bahkan manis yang berasal dari parfum dan wewangian dapat membuat si pemakai dan siapa saja yang turut menghirupnya lebih tenang. Ini dapat terjadi karena aroma harum lembut yang menguar dari parfum yang kita kenakan ini juga berfungsi sebagai aromaterapi, sehingga baik sekali untuk ketenangan pikiran.

Meningkatkan rasa percaya diri
Memiliki bau badan tidak sedap dijamin membuat kita dan siapa saja minder, alih-alih nyaman bercakap-cakap dengan kita bisa jadi saudara bahkan suami sudah langsung nyuruh kita mandi saat kita masih dalam jarak sekian meter apalagi kamu yang baru menikah dan masih jaim-jaimnya. Nggak ada ruginya kok dengan sedia parfum untuk kita pakai sewaktu-waktu karena dengan menyemprotkan sedikit saja rasa percaya diri akan meningkat. Jangan salah, menjaga badan tetap beraroma menyenangkan adalah kewajiban bersama untuk menjaga keharmonisan keluarga, bukan salah satunya aja. Siapa sih yang bisa tahan nyium bau badan lama-lama :p

Memperbaiki kemampuan otak dalam mengingat
Menghirup aroma segar dar wewangian bunga ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori atau kenangan. Dan untuk mendapatkan manfaat ini kita tidak perlu harus menanam bunga yang harum terlebih dahulu di halaman rumah, kita bisa mendapatkannya dari parfum yang kita pakai. Pilih saja aroma khas bunga yang kamu sukai, maka ketika diaplikasikan secara teratur juga akan membantu meningkatkan daya ingat, cocok untuk kita yang sibuk dan suka lupa. Percaya nggak? Coba yuk...

Efektif memperbaiki mood
Salah satu manfaat menarik dari parfum adalah kemampuannya untuk menenangkan pikiran, ketika pikiran santai dan tenang. Maka dijamin suasana hati pun akan ikut tentram sehingga bisa sangat membantu memperbaiki suasana hati atau mood. Berkat mood yang bagus maka kamu pun bisa menjalani hari dengan lebih menyenangkan karena tidak terbebani dengan pikiran negatif yang mendadak muncul. Interaksi kita dengan orang-orang terdekat juga lebih nyaman karena mood kita tidak sedang kurang stabil dan cranky.

Bisa meredakan bau tidak sedap di sekitar kita
Jika berada di luar rumah dan sedang berada di tempat umum atau fasilitas umum, tidak jarang kita akan mencium aroma yang kurang sedap. Misalnya toilet umum, halte bus atau tempat-tempat pelayanan publik lainnya. Bau yang tidak sedap biasanya akan membuat kita tersiksa, tidak hanya kurang menyenangkan dihirup namun seringkali akan menimbulkan konsekuensi lain seperti kepala pusing dan mual hingga muntah. Meskipun tidak mengenakan parfum saat keluar rumah, siap sediakan parfum favorit kita ke handbag yang akan kita kenakan seharian. Semprotkan di udara setiap kali merasa aroma tempat tersebut mengganggu indera penciuman kita untuk mengusir bau yang tidak sedap. Dijamin kita tidak akan menyesali efeknya. Tentu jangan lupa untuk menyemprotkan wewangian dengan hati-hati ya, jangan sampai justru mengganggu orang lain karena tanpa sengaja tersemprot wewangian kita :)

4 comments:

  1. Hai kak nindaaa, long time no see!!!! #kangen

    Hehehehe aku sendiri gak suka parfum, lebih nyaman pake bedak. Kadang kalo ada org lewat parfumny nyengat agak ngeganggu juga krn kita gk biasa. Bukanny memperbaiki mood malah bikin pusing XD Tp mngkin saling menghargai dan pengertian aja haha

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah saya gak dianugerahi bau badan, mungkin karena sejak kecil suka dikasih makan urap urapan yg konon katanya biat menghalau badan seperti daun simbukan, daun kenikir walau rasanya gak enak puollll. Soal parfum saya juga hampir dibilang jarang pake, paling cuma deodorant. Biasanya make parfum kalau emangbpas beli, tapi kl dah abis yah gak kepengen beli lagi kecuali pas lagi nemu parfum favorite lagi diskon. Wakakakakakakk

    ReplyDelete
  3. wah, itu bukunya asmanadia yang entah jaman kapan. pas sha smp apa sma ya :D

    parfum emang penting banget terutama pagi2. cuman jangan pake parfum pas keringatan biar wangi, yang ada malah baunya jadi gak enak hahaha

    ReplyDelete
  4. Menunjukkan kelas juga
    Yang bau Bulgari Aqua sama yang bau Downy itu beda kelasnyaaaa hahahahah #Dikeplak

    Deuuu, aku banget

    Parfum nya langsung 3 macam hahahahahha

    #CowokGenit #CowokJamanNow

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home