Monday, January 29, 2018

5 TIPS KREATIF MENGHEMAT UANG BAGI KITA PARA WANITA

pic source: pixabay
Banyak sekali artikel atau anggapan selintas yang secara langsung atau tidak mengutarakan predikat tentang hubungan para wanita dengan shopping. Bahwa antara wanita dan shopping adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Meskipun porsi belanja setiap wanita itu berbeda, tergantung banyak faktor personal seperti keperluan dan alokasi pengeluaran, namun hampir semua perempuan mengatakan ‘yes’ ketika ada orang yang mengajaknya shopping.

Bagi kaum hawa, shopping sudah seperti media pelepas stress yang paling sempurna seperti halnya kegiatan relaksasi lain. Baik dalam hal memanjakan penglihatan dengan window shopping, mencoba barang-barang yang disuka atau bahkan sampai benar-benar membelinya. Sayangnya, kebiasaan shopping ini dapat menyebabkan seorang perempuan bokek dalam sekejap. Apalagi dewasa ini semakin banyak clothing brand yang muncul di Instagram dan sangat mudah untuk dibeli secara online sehingga keinginan belanja kadang susah dibendung karena berbagai kemudahan teknologi saat ini yang memudahkan shopping bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Diantara kita para wanita, ada sih yang berprinsip sudahlah mendingan beli ketimbang kepikiran terus-terusan dan kemimpi-mimpi, mending beli daripada nyesel waktu barangnya udah nggak ada karena dibeli orang lain. Yah kalau sekali-sekali aja mungkin nggak terlalu berasa ya, tapi gimana kalau itu terjadi hampir tiap hari? Nah loh... nggak mau kan arus keuangan kita jelek terus dan jadi sama sekali nggak punya tabungan karena kebanyakan belanja?

Kalau ngelihat teman kita ada yang sudah punya mobil atau sudah punya tabungan yang cukup banyak untuk membeli rumah sendiri baru deh nyesel karena sudah salah mengelola pendapatan sehingga lari ke hal-hal yang nggak berjejak bahkan kita aja udah lupa kemana aja uang kita dibelanjakan. Bagi kita yang merasa kurang efisisen dalam mengelola keuangan, sebaiknya baca 5 tips kreatif menghemat uang berikut ini.

1. Satu Item Setiap Bulannya
Hasrat shopping yang menggebu-gebu memang menjadi trigger mengapa seorang wanita kesulitan menghemat uang. Jika hasrat shopping tak bisa dibendung lagi, maka kamu mesti mencari opsi yang lebih kreatif untuk melampiaskan hasratmu tersebut. Caranya yaitu dengan membeli satu item setiap bulannya. Iya betul sekali, jadi jangan membeli beberapa item dalam sekali shopping, melainkan satu item saja. Setelah gajian, kamu anggarkan biaya shopping dalam sebulan, porsinya mesti dibawah 30% dari total gaji kamu. Nah setiap bulannya kamu mesti fokus membeli satu item saja, misalnya sepatu saja. Bulan berikutnya kamu bisa fokus pada item lainnya, misalnya kebaya saja.

2. Nongkrong di Rumah
Bagi kamu sosialita yang gemar sekali nongkrong di kafe atau restoran bahkan setiap jam makan siang atau pulang kantor, mulai deh kurangi kebiasaanmu itu. Iya sih kamu memang punya banyak teman untuk bersosialisasi, namun bukan berarti kamu mesti mengorbankan seluruh pendapatanmu dalam sebulan untuk bersosialisasi kan?

Apalagi jika kamu punya impian tertentu di masa depan seperti memiliki beberapa asset pribadi, menikah atau melanjutkan pendidikan, maka segera deh kurangi frekuensi acara nongkrongnya. Kalau kamu biasa nongkrong di jam makan siang atau pulang kantor hampir setiap harinya, alokasikan waktu untuk nongkrong misal hanya pada jumat malam dan hari sabtu saja, atau pada hari-hari weekend saja.

Kamu juga bisa banget bikin acara bareng-bareng yang sama serunya tapi lebih hemat, misalnya seperti pajamas party alias menginap. Bisa nonton video dan ngemil-ngemil bareng sepuasnya sampai pagi. Yang kamu perlukan hanya memindahkan lokasi nongkrong, yang tadinya di kafe atau restoran menjadi di rumah. Kamu bersama teman-temanmu bebas menentukan rumah siapa yang akan dijadikan tempat ngobrol, asal jangan di luar. Jadi budget-nya paling cuma buat beli minuman sama makanan ringan saja. Jika lapar, kamu bisa colab masak sama teman-temanmu.

3. Aktiflah Mencari Info Promo atau Diskon
Jika hasrat shopping kamu susah banget untuk di rem sampai bikin kamu nggak tenang ngapa-ngapain karena sifat shopaholic yang sudah terlanjur mendarah daging itu, sebaiknya aktiflah mencari info promo atau diskon agar kamu tak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk belanja.

Kalau kamu kesulitan menemukan promo atau diskon di toko dan department store yang biasa kamu kunjungi, maka coba deh cari di toko online. Banyak sekali marketplace yang menawarkan promo, salah satunya yaitu Blibli. Dikenal sebagai salah satu mall online terbesar di Indonesia, Blibli sering menawarkan promo Blibli di hari-hari tertentu. Salah satunya yaitu promo Bibli Kamis atau dikenal juga dengan sebutan promo Kamis Ganteng. Promo ini hanya berlaku di hari kamis, dan diskonnya bisa mencapai 70%. Jadi pada hari Kamis, jangan lewatkan browsing situs Blibli untuk tahu apa saja barang yang sedang didiskon dengan harga menggiurkan ya!

4. Nebengers
Wanita biasanya memiliki banyak teman, ada teman kantor, teman sekolah, teman kuliah macam-macam lah. Nggak jarang juga banyak yang akhirnya tinggal dan menetap di kota yang sama dan masih sering saling bertemu tanpa lost kontak.

Kalau pas sedang ketemu mereka, terutama yang sehari-harinya biasa menggunakan kendaraan pribadi coba deh tanya-tanya rute mereka pulang pergi setiap harinya. Nggak ada salahnya lho sekali-kali jadi nebengers demi menghemat, jangan gengsi untuk minta tolong ikutan menebeng kendaraan temanmu jika arahnya sama dengan yang kamu tuju.

Tentu saja jangan gengsi disini nggak sama artinya juga dengan malu-maluin dan memanfaatkan kebaikan teman sampai kebangetan ya. Tetap tanya temanmu apa dia ada keperluan yang membuatnya tidak searah dengan jalur biasanya atau rencananya hari itu sebelum kamu menyatakan maksudmu untuk menebeng. Tanya juga apa dia berkeberatan atau tidak, tentu teman yang baik akan menyatakan bahwa mereka nggak keberatan, tapi pinter-pinter juga menilai lagak lagu temanmu jika ternyata mereka nggak enak menolakmu padahal sedang nggak bisa ditebengin. Nah kalau mereka sedang begitu mending batalin aja deh permintaan tolong ikutan nebeng kita.

Meskipun searah banget dengan si teman, katakanlah teman kantor tapi bukan berarti kan dia kudu bareng kita setiap hari dan nggak punya rencana lain di luar pulang-pergi ke kantor bareng kita. Nebeng sih boleh-boleh saja apalagi jika teman dengan senang hati memberi tebengan karena arah yang sama dan ngobrol bareng kita saat macet lebih menyenangkan daripada bengong sendiri di tengah kemacetan. Tapi ya tetep kondisikan untuk nggak terlalu sering ya... 1-2 kali seminggu cukup lah :)

5. Barang Bekas
Tahukah kamu bahwa tren secondhand stuff kini sangat happening? Iya betul sekali, dewasa ini banyak sekali situs atau marketplace yang menawarkan barang-barang bekas yang nggak jarang masih dalam kondisi sangat bagus. Barang bekas tak selamanya jelek kok, ada juga barang bekas yang berkualitas. Bahkan kamu bisa menemukan item yang sangat langka dan dalam kondisi bagus lewat lapak-lapak barang preloved yang seringkali digelar oleh si pemilik barang sendiri ini. Dengan harga yang lebih murah, namun dengan catatan masih dalam kondisi sangat bagus tentu barang bekas ini dapat menjadi opsi belanja terbaik.

Wanita memang nggak bisa lepas dari dunia pershoppingan, bengong aja window shopping di media social hehe. Tapi bukan berarti kan kalau sebagai wanita kita wajar banget mesti boros. Lewat beberapa tips kreatif diatas, kita tetap bisa shopping kok, nggak puasa-puasa banget asal tetap tahu remnya segimana dan tetap bisa juga menghemat untuk tabungan atau investasi di kemudian hari. Asik kan? :D

2 comments:

  1. saat ini, aku sedang meneliti-meneliti untuk beli barang bekas tapi bagus emang kak. contohnya kemarin beli hape bekas tapi hapenya ga kayak bekas sama sekali terus harganya murah hahaha

    ReplyDelete
  2. Kayaknya nggak cuma wanita aja deh kak nin
    Cowo-cowo emesh juga

    #SaveAnakKosan #SaveMahasiswa

    P.S.
    Btw link nya kak ninda sudah kutambahkan yaaaa
    Maap emang belum semuanyaaa, diproses dari urutan komen-komen selama bulan Januari hahaha

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home