Tuesday, May 1, 2018

TIPS MEMILIH PERLENGKAPAN OUTDOOR YANG WAJIB KITA TAHU

pic source: pixabay
Alam terbuka memang menawarkan banyak hal-hal baru yang menarik untuk dieksplorasi sehingga selalu menjadi tantangan tersendiri untuk bisa ditaklukkan. Keindahan alam dan juga medan yang tangguh tentu menjadi daya tarik luar biasa yang ada di alam bebas. Makanya nggak mengherankan kalau sekarang ini banyak sekali penghobi aktivitas outdoor demi menguak sisi lain dari alam. Jumlahnya semakin banyak saja seiring semakin bertumbuh dan majunya kehidupan kota dan teknologi.

Semakin banyaknya penghobi aktivitas eksplorasi alam bebas bisa jadi merupakan efek samping dari penatnya orang-orang karena meningkatnya kepadatan kota, terlalu sering bersua dengan kemacetan dan modernisasi yang terus bertumbuh. Ini kemudian dipupuk dengan teknologi dan media sosial yang menyebabkan kita dengan mudah bisa mengakses foto-foto indah yang dibagi semua orang yang bersentuhan dengan internet. Foto-foto indah yang diambil langsung dari alam bebas tentu memiliki daya tarik yang berbeda dengan foto-foto studio. Ya... kalau boleh memasukkan satu sebab lain, peminatan aktivitas outdoor di Indonesia semakin meningkat sejak boomingnya film 5cm sih :))
Who's with me?

Kalau memang tertarik untuk mencoba hal baru dengan mengeksplorasi alam bebas, maka persiapan untuk diri sendiri juga nggak boleh kita abaikan ya. Demi keamanan diri sendiri dan barang-barang yang kita perlukan, tentu saja kita membutuhkan perlengkapan yang cukup dan tas yang memadai untuk menampung semuanya.

Pastikan untuk membawa tas yang dibuat khusus untuk outdoor. Kalau kita ingin mendapatkan tas outdoor terbaik, maka ini checklist kita:

Bahan berkualitas
Yang pertama lihat dulu dari bahan yang seperti apa tas itu terbuat. Bahan tentu saja sangat berperan penting dalam kualitas tas. Kita harus bisa membedakan apakah bahan bisa dinilai berkualitas atau tidak bahkan dari sekali sentuh saja. Jika benar-benar terbuat dari bahan yang berkualitas, maka tas kita tidak akan mudah sobek dan koyak selama kita gunakan. Mengingat tas yang akan kita pakai ini harus membawa banyak sekali barang di dalamnya dan melewati berbagai tipe medan.

Anti air
Tas ter-da best untuk dipakai saat aktivitas outdoor sebisa mungkin harus anti air. Alasannya karena karakter cuaca di alam bebas tidak bisa diprediksi sehingga kita harus bersiap dengan segala kemungkinan termasuk jika sewaktu-waktu hujan. Tidak mungkin kan dalam situasi seperti itu kita pakai payung, selain ribet juga akan menghambat kita selama aktivitas dan mengurangi kenyamanan selama perjalanan. Jika tas anti air untuk kegiatan outdoor kita rasa harganya terlalu mahal, bisa kok diakali dengan memakai tas biasa dan menambahkan jas hujan khusus tas untuk melindungi tas dan semua isinya saat hujan.

Multifungsi
Jika memungkinkan, maka ada baiknya jika kita memilih tas outdoor yang style dan fungsinya dapat kita gunakan untuk beberapa keperluan. Maksudnya selain bisa dipakai untuk keperluan outdoor, tas tersebut juga bisa digunakan untuk keperluan harian misalnya untuk ke kampus, bekerja atau keperluan traveling biasa. Itung-itung investasi jangka panjang gitu, jadi lebih hemat ;p

Kalau belum punya, perlengkapan outdoor dari Fjallraven layak banget untuk masuk ke daftar must have item kita. Saya juga sudah lama jadi salah satu penggemar Fjallraven Kanken ini. Malah kayaknya tas ini juga jadi tas wajib punya, oleh semua orang yang menyukai kegiatan analog dan slow living.

Meskipun sudah lama pengin tapi dulu belum bener-bener niat beli karena harus melalui proses impor yang ribet dan biaya kirim yang tidak sedikit sebelum tas ini sampai ke tangan saya. Lama pula, keburu udah pengen pake kan :/

Ya memang sih perlengkapan outdoor yang satu ini sudah lama kok populer di dunia. Fjallraven merupakan merk perlengkapan outdoor yang berasal dari Swedia. Banyak sekali produk yang sudah diproduksi dari brand ini dan dijual sampai ke banyak negara di penjuru dunia. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1960 dan hingga kini masih sangat dikenal oleh para penggiat outdoor. Pasaran merk ini juga sudah sangat kuat di wilayah negara Nordik. Memang nggak mengherankan sih, karena kualitas tiap produknya selalu dibuat sesuai dengan standar tinggi.

Senangnya sekarang kalau mau beli tas Kanken ini nggak perlu belanja barang luar negeri dulu karena di Indonesia sudah ada stock readynya yang nggak sampai seminggu pasti udah sampek ke alamat kita. Di Bobobobo kita bisa beli tas Fjallraven Kanken dengan banyak pilihan warna dan pastinya original, gratis biaya kirim terus bisa ditukar dan dikembalikan pula kalau ternyata produk dalam kondisi cacat saat kita terima.

Kembali ke laptop eh topik obrolan. Jadi kalau kita memang sudah bener-bener berniat untuk bepergian dan beraktivitas outdoor, maka kita bakalan butuh kelengkapan wajib untuk itu. Item kedua setelah tas yang harus banget dibawa adalah jaket outdoor untuk melindungi kita dari cuaca dingin yang kemungkinan kita rasakan selama aktivitas. Selain mampu menjadikan tubuh kita hangat, jaket outdoor yang kita pilih juga dapat menunjang penampilan kita selama kegiatan berlangsung, utamanya di dalam foto. Nggak mungkin kan kita nggak mengambil satu foto pun selama kegiatan? :p

Bagi kita yang sedang mempertimbangkan untuk beli jaket outdoor, simak deh tipsnya:

Pas di badan
Pertama adalah ukuran. Biasanya ketika membeli jaket, banyak yang memilih jaket dengan ukuran lebih besar dibanding ukuran tubuh. Tapi sebenernya jaket yang direkomendasikan adalah jaket dengan ukuran yang pas dengan tubuh kita, terlebih untuk keperluan outdoor. Dengan begitu maka kita tidak akan kesulitan ketika bergerak dan langkah pun bisa lebih bebas. Jaket yang terlalu besar tentu tidak akan nyaman untuk dikenakan sehingga membatasi pergerakan kita.

Warna terang
Pemilihan warna di sini bukan hanya sekedar untuk fashion semata melainkan juga untuk keselamatan. Untuk alasan mengutamakan keselamatan inilah maka direkomendasikan memilih jaket dengan warna yang terang untuk kegiatan alam bebas. Jaket warna terang akan memudahkan kita untuk bisa terlihat dan dikenali dengan mudah apabila sedang berada dalam hutan atau di alam bebas. Selain itu dengan jaket warna terang juga akan lebih nyaman dikenakan saat siang hari dan panas terik. Kita tidak akan merasa terlalu kepanasan karena warna terang tidak menyerap panas.

Kerah tinggi dengan capuchon
Memilih jaket untuk keperluan outdoor jangan sampai hanya memandang dari sisi fashion semata. Kita juga harus memikirkan dari segi fungsinya yang jadi prioritas. Oleh karena itu pastikan memilih jaket dengan kerah yang tinggi dan juga memiliki capuchon. Dengan demikian maka tubuh kita akan terasa lebih hangat di bagian leher dan kepala terutama saat sedang hujan atau cuaca dingin. Ini diperlukan karena patut kita tahu bahwa cuaca alam bebas tidak bisa dikontrol dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Anti air
Meski menggunakan jas hujan pun bisa dilakukan, namun demi hemat tempat juga maka kita disarankan memilih jaket outdoor yang anti air alias waterproof. Dengan adanya jaket anti air, maka saat hujan turun pun, kita tidak akan terlalu khawatir karena sudah mengenakan jaket yang melindungi kita dari air hujan.

Ketika sedang berkegiatan dan mengeksplorasi alam bebas yang nggak pernah nggak menarik minat, maka tidur adalah saat ketika tubuh kita mencukupi kebutuhan istirahatnya dan untuk yang satu ini jangan sampai dilewatkan ya. Agar kita bisa tetap nyaman beristirahat meskipun sedang berada di alam bebas, maka kita bisa tidur di sleeping bag. Lalu bagaimana cara memilih sleeping bag yang pas untuk kita?

Bentuk sleeping bag
Bentuk sleeping bagi itu sendiri adalah hal pertama di checklist kita sebelum memutuskan untuk membeli sebuah sleeping bag. Saat ini bentuk sleeping bag sudah cukup beragam meski bentuk umumnya adalah dengan bentuk seperti kepompong. Tapi pada dasarnya ada dua jenis bentuk sleeping bag yakni bentuk murni dan bentuk selimut. Jika kita bimbang mau memilih bentuk yang mana, utamakan bentuk sleeping bag murni karena tipe ini lebih bisa menghangatkan tubuh kita dengan maksimal.

Ada penutup kepala
Untuk tips selanjutnya adalah dengan memilih sleeping bag yang memiliki penutup kepala. Alasannya tentu saja untuk menjaga kehangatan di kepala kita. Pasti pernah kan memilih tidur dengan selimut menyelubungi kepala karena kedinginan dan merasa lebih hangat dalam situasi seperti itu daripada saat selimut hanya menutup sampai leher? Lebih penting lagi, pemilihan sleeping bag seperti ini akan mampu meminimalisir tubuh kita dari kemungkinan terkena hipotermia.

Bahan sleeping bag
Untuk sleeping bag sendiri memiliki beberapa bahan material mulai dari bahan parasut dimaan bobotnya cukup ringan untuk dibawa dan dengan adanya lapisan penghangat didalamnya berupa kapas. Ada juga bahan sintetis yang murah, tidak mudah basah dan juga lebih ringan. Bahan dacron pun tersedia di pasaran, sleeping bag dacron memiliki karakter ringan dan juga cukup hangat meski bentuknya cukup besar dan memerlukan space cukup banyak dalam tas. Terakhir adalah bahan polar yang berukuran kecil namun hangat luar biasa. Tentunya setiap bahan juga dapat dibeli dengan range harga yang berbeda-beda.

Sesuai tinggi badan
Ukuran panjang sleeping bag pun juga penting untuk masuk dalam pertimbangan. Lantaran panjang sleeping bag akan bisa mempengaruhi kenyamanan kita saat harus menggunakannya. Akan lebih nyaman jika panjang sleeping bag sesuai dengan ukuran tubuh kita. Jadi usahakan untuk bisa memilih sleeping bag yang sesuai dengan tinggi badan kita. Jika terlalu pendek, tentu akan kurang nyaman karena sempit dan tidak menghangatkan secara maksimal. Ya sama aja kayak kita yang dengan nekat memakai selimut bayi saat ngerasa dingin. Bisa sih bisa tapi nggak ngaruh banyak :p Jangan juga terlalu panjang ya, karena selain lebih makan tempat dalam tas, harganya juga lebih mahal.

Kesemua peralatan yang kita perlukan untuk aktivitas outdoor diatas, bisa banget kita dapatkan dari brand Fjallraven. Karena bahan dan kualitasnya udah jadi jaminan. Nggak mungkin dong brand yang satu ini punya banyak penggemar kalau nggak terbukti bagusnya. Selain kualitas produk dan materialnya yang bagus dan memuaskan, produk keluaran Fjallraven juga nggak boring dan stylish. Itu makanya saya pengin beli :) *serius loh, meskipun masih nabung buat itu*

No comments:

Post a Comment

Previous Page Next Page Home