Sunday, February 9, 2020

DAILY LIFE VLOG: A DAY IN MY FREELANCER - SELF EMPLOYER LIFE

Saya sering dapat pertanyaan, freelancer setiap harinya ngapain sih, gimana ngatur waktu dan kapan kerja. Jam kerja freelancer kalau dari lamanya waktu perhari bisa jadi nggak jauh beda dengan corporate worker, bisa juga kurang dan bisa juga lebih. Tergantung load kerjanya yang harus dikerjain hari itu. Orang bilang freelancer, pekerja mandiri itu nggak punya karir yang memang ada benarnya. Karena itu cakupan karir ada pada create new things, create new jobs. 
Tidak ada karir vertikal untuk para pekerja mandiri tapi kita bisa membuat atau menciptakan pekerjaan lain yang setara, bisa dibilang mungkin karir horizontal? Contohnya jika mengawali sebagai blogger, kita juga bisa mencoba podcaster atau vlogger, penulis kolom di media, penulis buku atau apa saja yang mirip dan skill kita bisa cakup. Well, this is mine. Sebelum aktif di dunia analog, saya pernah content writing, pernah juga customize blog template, pernah juga buzzer. 
Meskipun endingnya malah saya kurang happy bahkan nyaris kehilangan passion pada blogging. Karena sudah cape pegang laptop tiap hari dan mata mulai bermasalah.
Yang penting kerjakan sesuai hati tapi juga dengan memperhitungkan dampak ketika kita hendak melangkah.
Dunia pekerja mandiri, entrepreneur dan korporasi adalah sama, tidak ada yang lebih unggul dari yang lain. Masing-masing punya perannya dalam kontribusi masyarakat. 
Bagi saya, tidak ada quote pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Karena ketika kamu sudah menjadikan hobimu sebagai pekerjaan utama, maka ini sudah masalah bisnis dan untung rugi.
Apapun pekerjaan kamu, semoga itu sesuai dengan apa yang kamu rasakan dalam hati dan selaras dengan nurani. Be happy!

1 comment:

  1. Yang penting selalu di syukuri aja, nanti akan ada berkah di dalamnya

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home