Wednesday, July 1, 2020

4 AKTIVITAS LIBURAN DI RUMAH AJA ALA HOMEBODY

Sebagai blogger dan creativepreneur, saya menghabiskan sebagian besar waktu saya berkantor di rumah. Tentu pada saat-saat tertentu saya harus keluar rumah untuk bekerja, namun ini tidak sering terjadi. Besarnya jam kerja saya di rumah semakin lama semakin merubah saya menjadi homebody.

Memang pada dasarnya saya adalah anak rumahan yang ketika masih ngantor, hari libur saya kebanyakan habis untuk berada di kost. Cuti saya habis untuk agenda pulang kampung yang juga banyakan saya lewatkan di rumah doang juga lantaran kelelahan setelah menghabiskan sebagian besar waktu saya di luar rumah untuk bekerja. Tapi kan nggak jarang saya keluar rumah juga jika memungkinkan dan selalu memiliki alasan keluar rumah jika memang sedang merasa bosan.

Namun selama 3 tahun terakhir ini ketika saya memutuskan memulai bisnis sebagai creativepreneur, kebutuhan saya akan berkegiatan di rumah semakin besar bersamaan dengan meningkatnya rasa kerasan saya di rumah. Sehingga ibarat jika sebelumnya saya hanya 60 persen homebody, saat ini saya bisa bilang jika persentasenya meningkat menjadi sekitar 90-an persen.

Sebagai homebody saya bisa demikian menikmati waktu saya saat sedang di rumah (terutama saat tidak sedang bekerja). Saya nggak bisa bilang dengan jumawa kalau saya menikmati waktu mengurus rumah karena ya ngga juga, maksud saya bersih-bersih dan beres-beres sepanjang hari bukan cara saya untuk me time.

Tapi masak yang gampang untuk diri sendiri, misalnya sandwich atau toast, menyeduh kopi. Menikmati home cafe dengan latar belakang suara kendaraan yang lalu lalang dan orang-orang berjalan kaki sambil mengobrol ternyata cukup mampu membuat saya merasa rileks. Saya sampai berusaha meluangkan waktu setiap sore untuk menikmati momentum ini. Ketika semua deadline sudah terselesaikan, paket kiriman sudah terbungkus rapi dan saya hanya menunggu kurir untuk mem-pick-up semuanya.

Coffee atau tea time yang sederhana ternyata mampu menyenangkan saya ketika saya tidak mungkin keluar rumah karena sedang banyaknya pekerjaan, karena budget atau karena sedang merasa stuck saat mengerjakan sesuatu. Padahal dulu minimal kudu melipir dulu ke coffee shop atau resto yang tidak terlalu ramai pengunjung kalau sedang merasa uninspired.

Dengan tidak disangka, pandemi tiba dan menjalar hingga negara kita. Kita jadi kesulitan beraktivitas seperti biasa. Kita disarankan untuk hanya berkegiatan di dalam rumah, jika toh harus keluar rumah itu harus karena sebab yang benar-benar penting misalnya untuk bekerja atau untuk berbelanja bahan makanan.

Karena kebiasaan yang telah terbentuk selama 3 tahun terakhir ini, di rumah aja tidak lagi jadi sesuatu yang membosankan bagi saya.

Namun lantaran ini sesuatu yang baru, wajar bagi kamu yang biasanya menghabiskan banyak waktu keluar rumah menjadi bosan ketika harus berada di rumah dalam waktu lama tanpa tahu entah sampai kapan. Hari-hari work from home mungkin tidak terlalu terasa, kesibukan selalu berhasil membunuh waktu. Namun bagaimana saat weekend dan hari libur lainnya?

Jadi berikut ini saya ingin share apa saja yang saya lakukan sebagai homebody untuk menikmati waktu libur di rumah aja agar tetap jauh dari kebosanan:

#1 Baca buku
Baca buku adalah kegiatan yang bisa cukup banyak menyita waktu kita tanpa terasa. Membaca buku juga lebih sedikit berpeluang membuat kita bosan dibanding scrolling social media yang seringnya dipenuhi berita yang itu-itu saja sepanjang hari. Buku membuat kita merasa punya kemampuan untuk bisa jadi apa saja. Jadi orang biasa dengan segala problematikanya, penyihir, ilmuwan, detektif atau bangsawan.

Kita juga bisa berada dimana saja, tinggal di sebuah rumah di perbukitan, tinggal di kastil di tengah hutan belantara atau berkeliling ke negara-negara lain dan menyimak budaya setempat.

#2 Home cafe
Ini favorit saya banget sih. Home cafe alias main cafe-cafe an di rumah hehe kesannya bocah banget ya. But believe me it's not. Home cafe ya kita berusaha menciptakan suasana ala cafe di rumah. Brewing coffee sendiri mau bikin kopi susu kekinian atau ice americano, coffee latte, atau dalgona coffee yang viral banget selama banyak negara memberlakukan lockdown.

Bikin kue, kalau ribet ya beli aja yang homemade, yang paling gampang ya bikin sandwich atau toast aja sesudah semua siap yaudah deh tinggal dinikmati sambil muter video suasana coffee shop kalau kita merasa kangen suasana coffee shop yang banyak orang. Kalau saya seringnya sambil menikmati keheningan aja untuk mengingatkan diri sendiri betapa pentingnya slow down. Nggak buru-buru dan lebih menikmati waktu.

#3 Journaling
Ada yang masih nulis diary? Saya masih. Memang formatnya nggak kayak pas masih bocah ya... pake embel-embel ’dear diary’ gitu.

Selama bertahun-tahun aktif menulis blog, saya paham bahwa menulis seringkali adalah cara paling efektif untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. Semacam menggali perasaan terdalam, efeknya saya jadi lebih memahami diri sendiri.

Hanya saja semakin bertambahnya usia saya menyadari kalau nggak semua hal bisa saya sampaikan di tempat yang bisa bebas diakses siapapun. Semakin tua saya merasa bahwa pertanggungjawaban itu semakin berat sehingga merasa wajib untuk makin memilah yang saya sampaikan meskipun rasanya mengganjal, seperti ada yang belum tuntas.

Journaling membuat saya bisa menyampaikan apa yang tidak bisa saya sampaikan di blog. Pun membantu memetakan dan mengingat hal-hal yang ingin saya tulis di blog dengan konsep yang masih raw dan belum disaring.

#4 Main game
Hayo siapa yang suka berantem dengan pasangan gara-gara dianya sibuk main game mulu?

Emang sih cowok-cowok identik suka main game. Tapi game kan nggak hanya untuk cowok-cowok. Saya pribadi suka banget main game tapi di hari-hari kerja biasa memang jarang banget main game, sebisa mungkin nggak main. Karena saya sadar banget kalau sekalinya saya main game, wuih kecanduan dan nggak kelar-kelar *LOL*.

Jadi berantakan time management-nya. Kapan harus kerja, kapan harus ngurusin rumah, suami dan diri sendiri. Makanya saya cuma membatasi waktu main game hanya pada saat sedang 'liburan'.

Ini cukup efektif untuk daily time management dan tentu saja budget. Soalnya beneran deh saya ini kalau main game nggak cuma time consume aja, sering tergoda beli-beli segala macam. Beli benda virtual di game tapi pakai duit beneran gitu. Suami sampai heran karena dia aja yang main game tiap hari nggak pernah sampai bebelian, eh saya malah beli-beli.

Alasan bebelian di dalam game sebenarnya sih receh, nggak sabar ngumpulin harta dalam game buat beli sesuatu. Ya udah beli pakai uang beneran aja, sekalian berkontribusi pada si perusahaan game biar dia makin semangat men-develop game-nya jadi bakalan terus ada fitur dan sesuatu yang baru di game itu. Saya ingat dulu ketika masa kuliah saya sempat suka banget sama sebuah game di facebook. Tapi tentu karena anak kos-kosan yang serba pas-pasan saya nggak punya fasilitas dan dana untuk bebelian fitur-fitur di dalam game tersebut. Mana waktu itu apa-apa serba pakai credit card, manalah punya saya.

Sedih banget ketika developer game tersebut berhenti meng-upgrade game-nya, entah bangkrut atau kenapa. Awalnya tidak ada lagi fitur baru setelah berbulan-bulan dan ujungnya game itu tidak lagi bisa diakses.

Meskipun suka bebelian pas main game tapi yang saya habisin buat main game juga masih yang normal-normal aja kok paling banyak kudu tetep under 50,000an. Dan kalau bisa pas lagi event harga diskon doang. So far sih yang pernah saya belanjain antara 15,000-30,000 aja kalau untuk game. Kalau lebih dari itu ya sayang lah mending untuk beli aplikasi berbayar lain yang bisa mendukung pekerjaan dan bisnis contohnya VSCO atau Inshot premium biar full akses dan bebas iklan. Yang paling penting jadinya ini pengeluaran investasi dong bukan konsumsi.

Ini nih contohnya waktu saya beli paket dalam game mobile legends.

Mobile legends adalah multiplayer game yang inti permainannya adalah menyerang basis musuh sembari bertahan. Iya ini game yang aneka meme-nya viral itu, digosipin sebagai game yang bisa bikin hubungan kacau balau hanya karena pas lagi seru-serunya battle eh pasangan telepon-telepon ponsel melulu. Memang seru dan addicting sih game ini apalagi pas battle, gemes banget kalau diinterupsi chat, telepon atau signal lemah. Bisa pilih avatar macam-macam dari yang gemes, kekar, seram, cantik jadi semua bisa main.

Bebelian dalam game gini gimana caranya sih? Apa harus punya credit card?

Tentu tidak, saya bayarnya dari Gopay kok.

Jadi kan saya termasuk customer setianya Gojek yang sering jajan pakai Gofood dan beli Go Pulsa untuk isi pulsa. Awalnya saldo Gopay saya cuma kepakai untuk beli pulsa aja karena jajan Gofoodnya sering pakai cash. Berhubung pandemi, dan sebagai usaha untuk mengurangi kontak dan persebaran virus saya jadi lebih banyak menggunakan sistem pembayaran non tunai, isi saldo Gopay jadi sekalian gitu. 

Teknologi memang memudahkan semuanya ya, Gopay bisa buat bayar dan beli macam-macam. Praktis, anti pusing nggak usah bingung bikin credit card, minjem credit card atau set up virtual credit card dulu. 

Apalagi kalau saldonya masih lumayan banyak kan jadi tergoda bebelian game dan aplikasi yang lucu-lucu hehe.

Untuk teman-teman pengguna ponsel android yang mau bebelian game pakai gopay, bisa ikutin step by step ini untuk mengkoneksikan Google app dengan Gopay kita.
  • Masuk ke Google app
  • Klik Payment Methods
  • Pilih Add Gopay
  • Masukkan nomor ponsel kita yang terkoneksi dengan Gopay
  • Klik Next
  • Masukkan PIN Gopay
  • Metode pembayaran dengan Gopay sudah teraktivasi
Nah kalau mau beli begini contohnya:

Misal nih lagi main Mobile Legends dan mau beli Elite Bundle. Termasuk didalamnya ada diamonds, gold dan skin.
  • Pilih menu yang ingin dibeli
  • Pilih Gopay sebagai metode pembayaran
  • Klik 1 tap buy
  • Pembelian berhasil
Nggak susah kan ya... yang penting jangan lupa dibudget-in pengeluaran buat bebeliannya agar nggak over dan justru ngembat budget makanan buat Gofood, kelangsungan pulsa dan kuota untuk Gopulsa apalagi untuk kelangsungan bisnis jual beli kita yang biasa dianter pakai Gosend ya...

Nah biar bebelian game makin hemat, masukin juga kode promo Gopay yang terbaru disini http://gjk.id/googleplay

Buat kamu yang #SeriusMain, ayo daftarkan squad mabarmu di GoPay Arena Championship - Festival Esports Online Terbesar di Indonesia untuk OPEN QUALIFIER. Turnamen ini mempertandingkan game Mobile Legends,

PUBG Mobile, dan Free Fire dengan total hadiah senilai Rp1 Miliar dan puluhan juta saldo GoPay. Jadilah juara untuk pertama kalinya di GoPay Arena Championship.
Periode pendaftaran mulai dari tanggal 16-29 Juni 2020.
Info lebih lanjut cek www.gopayarena.id.

1 comment:

  1. Aku ngelakuin semua dong
    kecuali journaling

    Ohh, I miss that old days when I have so much free time to do journaling.
    Sekarang mah nyatet udah jarang
    Paling lewat hape hihii

    Stay safe and clean ya Kak Nyinn~

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home