Friday, April 1, 2016

MERAWAT KULIT KERING ALA NINDA

"Nin kok nggak pernah jerawatan?"
"Nin kok kulit mukanya bagus bener, perawatan dimana sih?"
Pertanyaan itu sering banget ditujukan kepada saya.

Pertama saya bukan nggak pernah jerawatan, saya pernah dan beneran panik karena nggak tahu harus ngapain, saya pernah cerita beberapa tahun lalu mengenai itu. Sekarang juga kadang masih muncul jerawat, namun alhamdulillah memang nggak pernah lama karena selalu langsung saya tangani.

Kedua, sejauh ini saya belum pernah perawatan rutin di klinik kecantikan. Facial saja terakhir sudah sekitar hampir empat tahu lalu kok. Dan nggak ada juga cream perawatan khusus or whatsoever.

Jarangnya saya jerawatan adalah imbas dari jenis kulit saya yang kering, karena itu minyak jarang bertandang di muka saya kalau keringetan mah teteup.

Kemarin teman saya ngajakin beli cream produk kecantikan, saya oke aja tapi terus ngakak dan batalin begitu tahu harganya. Sayang amatlah creamnya kecil banget lebih kecil dari salep pereda nyeri otot, apa nggak bakal was was dan irit-irit makenya? Lagian ya itu belum tentu cocok.

"Enggak ah, olahraga aja gue mah," saya ngomong sama si teman. Kok olahraga? Iya saya sih nggak repot selama ini merawat kulit kering. Biasanya cuma pakai cara dibawah ini:

Olahraga teratur
Sehari-hari saya memang menjadwalkan olahraga minimal 30 menit sehari setelah pulang kerja, ditambah dengan jalan kaki pulang pergi ke kantor juga naik turun tangga berhasil bikin keringetan dan kulit jadi makin halus sehat. Olahraga apa saja, jogging dan aerobik, sambil nonton tv sih biasanya biar semangat. Praktis dan hemat. Dibanding daftar fitness dengan resiko terjebak macet atau pulang malem, saya capek di jalan terus malah jadi jatuh sakit malah ribet.
Sejauh ini berkeringat karena olahraga juga membuat kulit saya merona sehat tanpa rewel, sehari-hari cuma pakai alat tempur buat wajah yang biasa aja, saya yakin mayoritas orang juga memakai perlengkapan yang serupa.

pic taken after 70 minutes jogging, when I was living in Jakarta.
masih keringetan netes-netes sebenernya, muka ala kepiting rebus


Rajin makan buah dan sayur
Saya doyan banget makan sayur, dan buah. Setiap hari diusahain konsumi buah dan sayur atau salah satu aja tergantung kondisi. Khusus buat buah saya cuma doyan makannya, nggak suka ngupasin - selama ini setiap beli saya selalu minta kupasin abang-abang yang jual.

Minum air putih (yang banyak)
Kulit kering kayak punya saya memang butuh kelembaban, salah satunya bersumber dari air jadi setiap hari saya minum air banyak meskipun nggak haus, selalu ada gelas di dekat saya kalau di rumah. Kalau keluar rumah juga susah jauh sama air mineral dan minuman lainnya yang nggak gitu manis.

Namun sejak di Surabaya, intensitas jadwal olahraga saya berkurang dari yang 30-70 menit perhari jadi drastis turun paling 10 menit aja perhari itupun udah bagus. Saya sudah keringetan heboh ketika lagi masak di dapur atau bahkan sesimple jalan sebentar keluar rumah ambil paketan *ketahuan suka belanja online. Mandi sehari bisa lebih dari dua kali, kadang 3 atau 4. Kalau sudah ngadem di kamar berAC suka males gerak dan betah banget, saya rasanya masih belum setrong menghadapi hawa gerahnya Surabaya. Bukan panasnya ya...

Tapi keseringan ngadem di kamar dan mandi beberapa kali dalam sehari bikin kulit saya jadi kering, meskipun habis berkeringat heboh. Kadang sampek mengelupas. Sedang nyari-nyari facemist praktis yang tinggal semprot setiap muka terasa kering. Sedang lihat-lihat sih di berbagai toko online, ketemu punyanya Mineral Botanica kok lucu, harganya juga relatif enteng lah ya nggak bikin kantong jebol. Biar sekalian kirim saya pengin juga masukin keranjang belanjanya sama fragrance mist buat di rumah, atauuu eye shadownya juga kali ya buat si adek yang lagi belajar pake peralatan ngelenong. Lah katalog macam apa ini bikin kalap mata, sudah harganya terjangkau masih pake diskon lagi :D
Duh duh, bahaya buat yang kumatan laper mata kayak saya deh nih.

Ada yang tergoda juga seperti saya setelah cek katalognya?



.

8 comments:

  1. cuma satu gak susah, olahraga wakakakaka... tambahin tipsnya, cepet nikah, ilang dah tu jerawat :))

    ReplyDelete
  2. Sekarang di sby yah nind? Ih lembab bgt kynya kulitnya :)

    ReplyDelete
  3. wajah Mbak Ninda emang mulus euy :)
    kalo tipe wajah saya normal cenderung berminyak Mbak, jerawatan sih nggak (kecuali waktu smp-sma) tapi pori-pori wajah saya itu besar-besar :(

    ReplyDelete
  4. Sekarang gampang jerawatan..huwaah

    ReplyDelete
  5. Asekkkkk sekarang ada poto mukanya ninda :p

    ReplyDelete
  6. Sejak nikah aku jarang bgt jerawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tu kan bener, nikah obat jerawat wakakakkaa.. Ati ayem sih hahahs

      Delete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...