Friday, March 15, 2019

BB CREAM, PERSONAL REVIEW PLUS MINUS

Di postingan sebelum, saya pernah cerita isi beauty pouch saya untuk sehari-hari. Jadi daily routine saya kalau memang ngerasa harus pakai makeup emang paling banter pakai BB cream aja. 
Alasannya cukup simple, karena BB Cream cukup natural warnanya dan masuk untuk warna kulit saya. Formulasinya yang bikin kulit cenderung 'dewy' sehingga nggak bikin kulit saya yang kering jadi makin kering aja.

Awal pake BB cream saya pakai dari Maybelline kemudian ganti ke Etude karena merasa Etude lebih awet di muka dan masuk ke tone kulit saya. Sekarang pakai BB cream kalau butuh flash make up aja biar nggak terlalu kucel karena tone-nya sesuai kulit tapi sedikit lebih cerah dan menyamarkan warna kulit yang tidak rata, sudah ada pelembab dan sunscreen di dalamnya. Untuk daily sih saya cuma pakai moisturizer dan sunscreen aja.

Sebagai referensi, setelah pemakaian BB cream sejauh ini, berikut saya detailkan plus minusnya BB cream:

Kelebihan
- Natural flawless look tapi nggak flawless banget juga
Maksudnya looks kalau pakai BB cream ini kelihatan natural dan effortless tapi wajah kelihatan lebih segar dan cerah. Biasanya BB cream punya efek dewy alias kelihatan lembab dan sehat atau bisa juga mirip efek glowing tanpa highlight tambahan.

- Lembab di kulit
BB cream seperti kita tahu adalah turunan dari super light foundation dan skincare untuk kulit yang sehat, didalamnya ada cukup kandungan moisturizer sehingga kulit kita lembab seharian tanpa tambahan moisturizer.

- All in one
Kebanyakan BB cream yang dijual dipasaran sudah memiliki tambahan sunscreen, saat ini kebanyakan dengan SPF 50 dan PA++++ sehingga ketika kita memakainya tidak perlu menambahkan sunscreen sebagai sentuhan akhir.

BB cream, menurut saya secara personal sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari, muka jadi cerah tapi tetap enteng tanpa make up yang berat. 

Kekurangan
- Gerah
Ini personal review saya ya sebagai pemakai BB cream yang sudah cukup lama juga, dan review ini berdasarkan kondisi kulit saya jadi efeknya ke orang lain bisa berbeda tergantung kulit kita masing-masing. Tapi yang selama ini saya rasakan, meskipun formulasinya ringan di kulit dan cocok untuk pemakaian sehari-hari tapi  agak bikin kulit berasa gerah dan jadi keringetan jadi BB creamnya ikutan luntur karena saya-nya keringatan.

- Waktu set up lumayan lama
Jadi nih kalau pakai BB cream setelah rata dan ter-apply di wajah kita, nggak lantas ter-set up dengan oke gitu. Butuh waktu bagi BB cream untuk ter set-up di wajah kita. Nunggu-nya juga lama dan bikin wajah jadi basah dan kelihatan cemong-cemong. Meskipun udah dikasih bedak tabur pun. Setelah ke set-up juga sering masih cemong-cemong kayak nggak rata di wajah gitu. Biasanya setelah pakai BB cream, bedak tabur transparan, saya selalu wudhuin. Sekalian agar siap sholat dan airnya yang dibasuh ke muka bikin BB cream ter set-up di muka dengan baik. Nggak cemong-cemong dan nggak over. Jadi kalau ada temen kamu yang bilangnya dandan pakai air wudhu, bukan berarti becanda biar dianggap cantiq alami dari lahir... tapi bisa jadi dia memang serius :))

- Low coverage
BB cream meskipun hasil akhirnya memberikan kesan flawless, tapi nggak terlalu flawless juga. Flawless but not perfectly flawless *halah gimana sih blibet :))
Karena coverage BB cream tentu saja nggak full. Bekas jerawat, bekas digigit nyamuk akan tetap kelihatan dengan indahnya dipermukaan kulit wajah kita meskipun sedikit tersamarkan. Samar tapi nggak full ketutup gitu loh.
Jadi untuk yang belum pernah pakai BB cream dan pengin pakai, ekspektasinya jangan ketinggian, jangan mikir kalau habis pakai BB cream langsung muka sekinclong girlband member yak... ;p Butuh BB cream special atau bahkan lebih dari sekadar BB cream untuk membuat looks kita seflawless itu. Tapi sayangnya tentu saja saya belum bisa review BB cream merk lain karena so far cuma pernah pakai 2 brand itu aja. Lain kali kalau sudah nyoba yang lain akan saya update ya :)

Kalau teman-teman daily routine make up-nya pakai apa? Ada yang suka pakai BB cream juga kayak saya? Sharing dong! :D

1 comment:

  1. Aku sehari-hari pake daycream aja sekarang, kalau pengen rada dandan baru pakai BB cushion sama bedak.

    Yang gak ku suka dari BB cream itu biasanya rata-rata warnanya lebih ke pinkish gitu, gak masuk ke kulitku yang kuning.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home