Saturday, December 23, 2017

BUAH-BUAHAN BERIKUT INI BAIK UNTUK PENDERITA DIABETES

pic source: pixabay.com
Kita tentunya sudah sering mendengar bahwa pengidap diabetes harus sangat memperhatikan makanannya agar kondisi tubuhnya tetap terjaga dengan baik. Makanan bagi penderita diabetes tentunya tidak boleh asal-asalan, apalagi bila makanan tersebut merupakan makanan cepat saji dan memiliki rasa yang manis.

Bagi kamu yang saat ini dalam kondisi sehat dan tidak mengidap diabetes, meskipun bahkan tidak memiliki satupun anggota keluarga yang memiliki penyakit diabetes namun bukan berarti tidak mungkin kamu akan terkena diabetes suatu hari. Tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah memakan makanan sehat dengan pola yang seimbang. Kurangi makanan dan minuman yang memiliki cita rasa manis, kurangi asupan gula dan turunkan standar manismu jika biasanya kamu adalah penyuka segala sesuatu yang manis seperti dessert, cokelat, sirup dan lain-lain. Kurangi konsumsi nasi putih atau gantilah dengan nasi merah, nasi merah lebih banyak mengandung serat sehingga lebih mengenyangkan meskipun secara rasa nasi putih lebih enak di lidah. Ini karena nasi putih lebih banyak memiliki kandungan gula daripada nasi merah.

Hati-hati ya, jangan remehkan nasi putih. Seseorang yang saya kenal menderita penyakit diabetes dikarenakan kegemarannya makan nasi putih dalam jumlah banyak setiap kali makan besar, meskipun porsi makanan dan minumanmanis yang dia konsumsi sehari-hari tidak banyak. Jika kamu juga memiliki kebiasaan atau kegemaran yang sama seperti itu maka kamu bisa sangat beresiko mengidap penyakit diabates.

Demikian juga jika kamu memiliki orang tua yang salah satu atau keduanya mengidap diabetes, karena pengaruh keturunan dapat membuat kamu berkemungkinan untuk mengidap diabetes juga sama seperti orang tua. Jika sudah ada potensi seperti itu, tentu bagus sekali kalau saat ini kamu masih belum memiliki ciri-ciri penderita diabetes pada umumnya. Namun tetap jangan lengan. Harus tetap berhati-hati untuk memilih makanan, mungkin kamu bisa mencoba mengkonsumsi makanan untuk penderita diabetes karena dengan mengkonsumsi makanan tersebut, maka gula darah kita akan stabil dan tidak berlebih.

Sekalipun banyak memiliki pantangan makanan, tapi jangan salah... masih tetap banyak kok makanan yang dapat dikonsumsi pengidap diabetes, salah satunya adalah buah-buahan. Kita tentu tahu bahwa buah sangat bagus untuk kesehatan. Tapi siapa kira bahwa tidak semua buah baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes lho! Berikut ini akan saya akan paparkan beberapa buah-buahan yang baik dikonsumsi pengidap diabetes:

#1 Buah Blueberry
Buah beri merupakan buah yang mirip anggur namun dengan ukuran yang lebih kecil. Buah ini sangat enak apabila dikonsumsi dan ternyata buah ini bisa menjadi solusi sebagai makanan untuk diabetes, terutama buah blueberry. Bagi siapapun yang pengidap diabetes, bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah yang satu ini sebagai variasi snack diantara jeda waktu makan. Buah ini sangat kaya akan kandungannya terutama serat yang berperan sangat penting untuk mengontrol lemak pada tubuh serta dapat meningkatkan kondisi tubuh secara lebih baik. Disisi lain buah ini juga mengandung hormon adipneki yang berperan sebagai pengatur gula darah pada tubuh agar tetap stabil.

#2 Buah Mengkudu
Selain dari buah blueberry, buah lain yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah buah mengkudu. Sama halnya seperti buah blueberry, mengkudu juga sangat bagus untuk dijadikan sebagai makanan untuk pengidap diabetes. Apabila kamu mengkonsumsi buah mengkudu ini dengan teratur maka kandungan dari buah mengkudu ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah yang berlebih dalam tubuh secara efekstif. Maka baik sekali jika penderita diabetes mengkonsumsi buah mengkudu ini secara berkala agar kadar gula dalam tubuh mereka dapat menurun sehingga bisa menjadi lebih stabil dari sebelumnya.

Hmm... itu baru dua buah yang dapat saya sampaikan yang jika dikonsumsi penderita diabetes dapat membantu dalam memperbaiki kondisi tubuh serta bisa membantu menurunkan kadar gula yang berlebih pada tubuh penderita. Semoga tulisan ini dapat diambil manfaatnya dan yuk tetep jaga kesehatan kita dengan pola makan yang lebih sehat! :D

No comments:

Post a Comment

Previous Page Next Page Home