Thursday, September 29, 2011

A CUP OF MILK THEN EVERYTHING GONNA BE OKAY

from elcamiinooreal's mim

Kemarin itu semacam launching saya sebagai jobseeker di jobfair. Setelah kelulusan dan yah saya sempat mengambil jeda sampai seusai lebaran untuk liburan. Diam-diam semester akhir kemarin menggerogoti badan saya dan yah juga ketenangan.

Saya masuk pada fase dimana saya malu banget kalau harus minta uang pada 'yang berwenang', pasalnya saya tidak lagi kuliah. Misalnya saya mau tenang-tenang nunggu tahun depan buat sekolah lagi... ya mau ngapain lagi  saya setahun ini. Kayaknya wasting time aja, menghabiskan waktu buat mengurangi persediaan beras dan ngga punya kesibukan. Dalam masa ini saya merasakan kalau sibuk banget itu ngga enak dan capek luar biasa, namun nganggur tanpa melakukan sesuatu yang berarti itu jauuuuh lebih ngga menyenangkan lagi.

Saya harap akan berkurang pengangguran di Indonesia yang bernama Anindya Rahadi. Kemarin saya ketawa sewaktu teman saya nyeplos kalau dia sempat disindir dosen, "Ah kamu lulusan kampus ini kok jadi jobseeker, jobmaker dooong."
si teman komentar dengan kalem setengah mendung, "Yah bapak jadi jobmaker sih butuh modal. Kalau orang tua saya kaya sih langsung deh saya jadi jobmaker. Lha modal ngga ada, jadi mesti mulai dari bawah buat dape modalnya dong pak.. jadi jobseeker dulu, baru jobmaker,"
"Jadi jobseeker aja susah, banyak yang mau pengalaman bertahun-tahun gitu. Nah kayak kita siapa yang mau nerima, fresh graduatessss gini," omelnya menambahkan (tapi yang ini ngga dia omongkan ke bapak dosen).

Yah, jalan yang susah ini semoga jadi lebih mudah. Ngga hanya nyari kerja yang susah jaman sekarang, yang mesti korban dana dan kesehatan badan sendiri... capek lo kesana-kesini setiap waktu kan. Nyari sekolah juga sudah susah, lihat saja lulusan SMA sebanyak itu yang sepertinya adalah korban empuk semua universitas terkemuka melalui ujian mandiri. Kok sepertinya kampus negeri jadi matre ya. Coba saja hitung-hitung perbandingan mahasiswa yang diterima lewat jalur reguler atau prestasi dengan jalur tersendiri yang uang kuliahnya lebih mahal dan mungkin anda akan takjub dengan hasilnya. Yah hidup... hidup... 

Ada yang bilang kalau jobseeker seperti kami ini jual diri karena naruh data diri, nomer hape, alamat, foto buat dihubungi. Saya ketawa, ya jual diri tapi kan yang dijual potensi, karena potensi itu pula nanti kita dibayar. Namun analogi si teman ini boleh juga :P

Jadi besok saya berangkat ke luar kota lagi demi jobfair. Kamu jobseeker juga?
Sampai ketemu besok di jobfair Gramedia Expo Surabaya ya :)

24 comments:

Asop said...

Lah, biaya kuliah dan sekolah itu memang mahal! :D

Makanya hidup di jaman sekarang itu para orang tua memang harus sudah bersiap sedia sejak lama. Harus udah menginvestasikan uang sebagai biaya hidup dan sekolah anak2nya di masa depan kelak.

Kalau sudah jelas kuliah (dan sekolah) mahal, ya mau gimana lagi, mau gak mau tetap harus menyekolahkan anak, dong. :)

non inge said...

wah mau ke Sby ya... pengen rasanya ketemuan... :)

semoga dapat yang terbaik ya Dek, nggak mudah memang hehe dulu sempat mengalami juga... sampe akhirnya terjang aja semua lowongan dan yg dipanggil nggak sesuai... baik dari segi pendidikan yg dulu didapet sampe nggak sesuai dengan hati :)) #eh jadi curhat :p

ati2 dijalan ya...

Arr Rian said...

Semangat!!!!!...
Jalani aja dulu,

Rawins said...

coba alihkan perhatian dari pulau jawa kalo memang pengen berkarir bagus dan pendapatan tinggi. di jawa terlalu banyak saingan dan peluang terbatas...

meilya dwiyanti said...

semoga berhasil Ninda..

betul, sibuk bikin kita pengen berhenti, tapi ketika enggak ada kerjaan, bingung juga ya???

Della said...

Jobseeker n sebar kuping ke alumni juga, Nin. Saya 4x ganti kerjaan, empat-empatnya nggak ada yang dari ngelamar dari koran atau dari internet loh. Semuanya info dari temen sejurusan/beda jurusan/alumni ^_^
Semangat yaa..
Man jadda wa jadda kata Ahmad Fuadi.. :D

Nop said...

wish you luck ninda!

Dwi Wahyu Arif N said...

smangat nyiin, smoga mjd jobmaker xp

Elsa said...

semoga sukses ya Nindaaaa.....

di jobfair tuh, naruh 10 map lamara kerja, seminggu kemudian... dapat 10 telpon... semuanya diterima!!
amiiiiiiiiin amiiiiiiiiiiin

Itik Bali said...

Selamat mencari kerja ya mbak
semoga sukses dan dapet kerjaan yang bagus :D

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

eh kan lo udah jadi jobsmaker dengan jadi blogger? lu bisa ngasilin duit sendiri via blog (salah satunya lewat adsense ato IBN).. lu juga bisa mencoba nerbitin buku via blog lo ini. :D

agussupria said...

pekerjaan apapun harus dilakukan dengan ikhlas yang penting enjoy saja

fb said...

Hidup memang penuh perjuangan.. semoga bis amendapat pekerjaan yang baik

JUN said...

Waduh, jadi... hnn, gimana ya? takut mungkin ntar saat aku jadi fresh graduate :))

well, semoga harapan kak Ninda bisa terkabul. Amin :)

Amy said...

terserah orang bilang apa, semua kan butuh proses gak langsung jadi. tetap semangan Nindaaa

al kahfi said...

bener banget yg di jual kan potensi dan kemampuan diri,, salam kenal ,skalian izin follow y kalo berkenan di follw balik

Unknown said...

Semoga sukses ya Mba.

Salam
Ejawantah's Blog

catatan kecilku said...

Ternyata udah lulus kuliah to? (maaf baru tahu nih)
Semoga jobfairnya sukses... dan segera dapat pekerjaan spt yg diinginkan ya.. Amin.

Annesya said...

Dalam masa ini saya merasakan kalau sibuk banget itu ngga enak dan capek luar biasa, namun nganggur tanpa melakukan sesuatu yang berarti itu jauuuuh lebih ngga menyenangkan lagi. --> bener banget nak, saya merasakannya waktu nganggur setahun karna saya ditolak spmb dan ga ada duit buat masuk jalur pmdk dan lain2... :"(

tapi jangan sedih nak, kalau udah kerja nanti kamu pasti akan jauh bisa menikmati "kenikmatannya" karna adanya fase pengangguran itu. --> berlaku pada diri saya sendiri juga nih yg mau lulus.

mari kita cemungud kakaaaakkk

bajumuslimbagus said...

sukses selalu yahh,,

Irma Senja said...

dijamin setelah naruh map lamaran semuanya diterima, amien. anin pasti bisa !

apa kabar anin ? rindu rasanya membaca tulisanmu :)

PT. USAHA SAUDARA MANDIRI said...

gunakan waktu dan pengalaman di tempat kerja nanti kelak, untuk mendapatkan ilmu yg lebih bermanfaat....

al kahfi said...

knapa gak bisa di komen ya postingan saya,, koneksinya berat kah,,trims ya sdh saling berkunjung

Unknown said...

sabar..pasti dpt kerjaan kok. saya dulu juga nganggur lama lho begitu lulus

Previous Page Next Page Home