Friday, September 9, 2011

SEJENIS NASI CAMPUR

Masih belum ada warung yang buka setelah saya balik jadi anak kos pasca-mudik, saya pikir kalau menggantungkan yang terdekat, McD yang sekitar seratus meter jauhnya dari kos saya ya ngga mungkin juga kan (sayang uangnya haha :P)... kepingin masak juga terbatas dengan tidak adanya kompor dan peralatannya. Saya cuma punya magicom, kemarin... saya mencoba nekat belanja bumbu-bumbu dapur seperlunya untuk memasak pakai magicom setelah sebelumnya mencari referensi dari gugel dan menemukan bahwa magicom bisa digunakan untuk menggoreng, steam dan berbagai keperluan memasak yang lain.
Saya ngga ngerti nama makanan yang saya masak ini apa namanya, tapi ini bisa dimakan, ngga bikin keracunan dan rasanya lumayan. Mungkin namanya nasi campur atau nasi bakso ya? 

Jadi cara bikinnya begini : sebelum memasak bahan inti saya tumis bawang putih pakai magarin terlebih dahulu sampai sedikit cokelat, ditambahkan bawang merah sampai wangi. Kemudian saya masukkan beras yang sudah dicuci bersih berikut air untuk menanak nasinya, irisan cabe rawit hijau, bakso sapi, sedikit merica hitam, garam, kaldu blok dan kecap (mestinya pakai seledri juga biar ada warna hijaunya, tapi saya lupa beli... hhh) dimasak dengan diaduk sesekali agar bagian bawahnya ngga jadi gosong dan menghitam.

Ini hasil masakan pertama saya yang 'maksa' memanfaatkan yang ada saja, iya... ini masakan pertama saya yang dimasak menggunakan magicom selain nasi putih biasa, air hangat dan mie instan. Setelah nasi masak, saya taburi lagi dengan irisan telur rebus yang dibekali tante saya sewaktu saya mau balik ke perantauan. Agak mirip nasi goreng dengan tekstur yang lebih lembut, karena airnya lebih banyak bedanya lagi nasi goreng menggunakan nasi yang sudah matang sementara nasi yang ini menggunakan beras yang dicampur semua bahan kemudian dimasak berbarengan. Semalam sudah saya makan dan saya sehat-sehat saja sampai sekarang :D saya kira-kira semua bahan untuk membuat makanan ini bisa dihargai sekitar Rp. 7.000 dan bisa untuk dua kali makan, bikinnya juga gampang. Nanti-nanti mungkin akan masak-masak 'maksa' lagi pakai magicom kecil milik saya :)

24 comments:

Enny Law said...

wahh, enak tuhh,hehe

ammie said...

WAH,,,BIKIN NGILER NI KAK ...:D ... kirim ke sini y kak,,,yg pedes...hehhehee

Rizkyzone.com said...

wah kebetulan banget nih td abis nganterin adek sekolah aq mampir ke warung beli nasi campur, tapi kok agak sedikit beda yh dengan gambar hehheheh

Damar said...

assalamu'alaikum
wah bisa jadi salah satu ikon wisata kuliner malang nih masakannya.

“Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum .
Ja’alanallaahu Minal Aidin wal Faidzin”

Dwi Wahyu Arif N said...

hmmmm
kykna ku ga mau coba nyiin xp

umiabie said...

wah kayaknya enak tuh, bikinya juga simple bgt.. terima kasih..

Hennyyarica said...

jadi kayak nasi kuning tuh nin..waktu aku baca "cuma ada magicom" udah komen dalam hati, kan "masak juga bisa pake magicom" ternyata kamu emang beneran masak pake magicom. hahahaha. besok-besok jangan bikin satu masakan doang ya, kan bisa tumis sayuran atau bikin sop juga disana. happy cooking :)

Meshaditya Wannabee said...

salut, inovatif..kenapa gak coba ikut master chef nin?

Unknown said...

kayaknya sih enak tuh, nin. jadi laper nih. makan dulu akh.

Ninda Rahadi said...

@ammie, wah jadi basi dong mie.. :D


@rizky, haha aku ngga tau ini namanya apa.. asal bisa dimakan

@pak ies, wa'alaikum salam bapak.. iya pak icon makanan anak kos

@mas dwi, wah ya terserah sih :p

@umieabie, iya bikinnya gampang umi

@mbak henny, oke mbak.. hah need more receipe

@mas mes, weh bisa diketawain aku disana.. aku kan cuma bisa yg gampang dibikin aja

@mbak fanny, selamat mkan mbaak :D

Annesya said...

nin... berbeda dari yang lainnya, aku malah WEDI sama masakanmu. yak apa ini??? kok aku ngerasa itu masakannya beracun dan bisa membunuhku??? --> histeris

misfah said...

emang kalo kepepet jadi kreatif

Ninda Rahadi said...

@depong, sudah dites dan ngga mengandung racun *jitak

Rawins said...

itu sih nasi kuning...

Ninda Rahadi said...

@mas rawins, bukan mas... nasi kuning itu dapat warna kuningnya dari kunyit... ini cuma kelihatannya saja kuning.. sebenernya ngga sekuning itu, ini pengaruh cahaya lampu dan cahayanya hp soner

@mbak lady, demi perut lapar mbak :)

Ajeng Sari Rahayu said...

murahnya mbak, saya mau dong :p
baru tau kalo mejikom bisa buat goreng juga? eh tapi lucu juga ya serasa nggoreng di panci... mejikom yang ada bisanya buat nanak nasi doang mbak2....hhhhhh

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

aaah kenapa gw apes mulu sih.. tiap kali buka blog yang ngupload foto2 makanan, gw selalu dalam keadaan blom makan. :(

Meriskapw said...

huwaa, mbak enaknya masih punya magic com.. aq gak punya!! bela2in beli mkan McD terus,, tapi makannya jd sekali sehari.. itupun beli yg menu 5ribuan,, wkwkwk *melas.com*

OEN-OEN said...

bungkus satu ya, ^^

catatan kecilku said...

Anak kost yg kreatif nih... Lumayan jadi ngirit kan? hehehe
Aku tunggu resep2 yg lain deh.

Fahrizi Noer Fajar Azman said...

kayak nya enak tuh :D

omman's said...

Woww ... asikkk ... masak sendiri ... jadi ikur laperr ... hmm ...

iam said...

Wuiih kereen mbak, pake magicom aja udah bisa jadi makanan :D
Btw, bisa diantar ke Bogor gak, mbak? :D
*ditampar*

Asop said...

Wow. Apapun namanya, dari fotonya sih masih layak makan. Tampilannya gak jelek, bagus malahan. Kayak nasi tim gitu. :)

Previous Page Next Page Home