Thursday, September 23, 2021

REVIEW: SCARLETT BODY CARE PEMAKAIAN PERTAMA DAN SETELAH 3 MINGGU, PENTINGNYA PERAWATAN TUBUH SAAT HARUS DI RUMAH AJA

Dalam situasi saat harus banyak-banyak menahan diri untuk keluar rumah tanpa alasan penting seperti saat ini, ketika kebanyakan dari kita terbiasa work from home dan sekolah online, tanpa sadar kebutuhan kita juga sudah banyak berubah.

Contoh termudah yang berasa banget adalah kebutuhan belanja baju keluar rumah yang jauh berkurang dan meningkatnya anggaran belanja baju rumahan seperti homedress dan piyama. Budget makeup yang menipis dan budget skincare yang lebih gendut. 

Di posting-posting blog saya sebelumnya, saya sudah sering cerita tentang ketidak-aware-an dan keterlambatan saya dalam merawat kulit wajah di saat awal merintis karir sebagai self employed. Mentang-mentang di rumah aja jadi kurang ngerawat diri sendiri. I take my healthy skin for granted, merasa nggak perlu dirawat dan diapa-apain kalau di rumah aja sampai akhirnya baru ngerasa ketika kulit wajah saya yang tadinya normal malah berubah jadi kombinasi. Untungnya setelah konsisten merawat kulit wajah selama sekian tahun ini dan menyesali keterlambatan saya dalam menghargai kulit sehat yang saya miliki dengan merawatnya dengan baik, kulit saya sudah balik normal lagi. Fiuh...

Di masa pandemi ini sering banget ada teman dan kenalan yang mengeluh bahwa pandemi ini bikin mereka less-glowing, lebih kucel, lebih nggak terawat nggak seperti sebelum pandemi. Keluhan serupa saya temukan pada teman-teman dan kenalan yang memang sebelum pandemi bekerja di kantor. Saya hafal banget kebiasaan company worker yang all out saat ngantor tapi jadi super pemalas saat liburan kalau nggak kemana-mana, bahkan ngerawat diri juga malas, ya karena saya juga pernah jadi salah satunya. Kebiasaan ngantor di rumah yang tidak perlu baju yang super rapi dan penampilan yang super presentable ini memang sangat nyaman, tapi tanpa sadar bikin kita jadi lupa dan malas merawat diri sendiri.

Yah saya memang nggak mengalami hal yang sama terkait perawatan wajah, namun saya akui saya jadi malas merawat kulit tubuh. Sudah malas, lama juga insafnya, hehe... Karena saya termasuk sangat suka minum air, jadi meskipun tipe kulit saya normal cenderung kering, tapi keringnya nggak pernah yang sampai bersisik. Saya anggap kulit terhidrasi dengan baik ya.

Padahal pandemi mengharuskan kita untuk sering bebersih badan, ya bentar-bentar cuci tangan, tiap habis keluar rumah meskipun bentar juga harus banget mandi. Frekuensi bebersih badan yang meningkat seperti aktivitas mandi dan cuci tangan ini padahal sangat berpotensi bikin kulit kering kalau nggak rajin dirawat. Mungkin dulu pakai body lotion setelah mandi pagi dan sore sudah jadi rutinitas wajib, tapi ya siapa sih yang bakalan selalu ingat dan rajin untuk pakai lotion setiap kali habis mandi dan cuci tangan?

Oh mungkin ada ya yang begitu, tapi bukan saya *sedih*.

Karena frekuensi mandi dan cuci tangan yang sering ini, kulit saya jadi kering banget dan rada bersisik, cukup kasar juga. Apalagi bagian tangan dan kuku parah banget sampai sering kulit area kuku berasa panas dan terkelupas saking seringnya cuci tangan.

Diperparah oleh cuaca saat ini yang bikin siang dan malam sama-sama super panas, saya jadi lebih banyak menyalakan AC. Ini bikin kulit saya makin kering banget. Minum air putih doang nggak cukup. Saya bukannya nggak pernah pakai lotion, tapi saya akui pakainya memang on-off nggak rutin. Sering lupa atau malas. Kalau kulit ngerasa kering ya pakai, kalau pas enggak ya nggak pakai, kalau kering bangetnya udah beres ya besokannya saya biasa malas pakai lotion lagi. Urusan body lotion saya selalu beli yang kecil karena jarang pakai, kalau beli yang gede bukannya hemat malah jadi boros karena kelamaan nggak dipakai kadang udah kedaluarsa duluan sebelum isinya habis. Soalnya pakai body lotion setiap waktu tuh menurut saya kurang nyaman karena berasa lengket-lengket gimana gitu.

Kebeneran pas kulit saya sedang kering kerontang gini kok ya body lotion saya lagi habis. Karena saya bukan tipe yang susah pindah hati untuk body lotion, jadi sekalian dong nyobain brand baru biar bisa ditulis disini juga review-nya kan =p

Sudah lama saya tertarik sama serangkaian bodycare-nya Scarlett, terutama body lotionnya yang best seller diantara jajaran produk Scarlett lainnya.

Ketika produk-produk body care Scarlett akhirnya sampai kepada saya, saya senang sekali pada packagingnya yang aman dan anti tumpah. Ada varian body scrub dan body shower terbaru dari Scarlett, yaitu coffee. Untuk body lotionnya ada varian Jolly dengan warna lotionnya yang soft pink, bikin keingat kembang gula yang dijual di taman hiburan. Untuk teman-teman yang konsen tentang aspek keamanan dan etics, jangan khawatir karena produk Scarlett teregistrasi di BPOM, halal MUI dan tidak melakukan uji coba produk terhadap hewan. Scarlett body care dapat digunakan untuk semua jenis kulit dan merupakan salah satu brand lokal yang aman dipakai ibu hamil dan ibu menyusui. Packaging Scarlett juga bisa di recycle, yang penting jangan lupa habis dipakai benar-benar dikosongin dan dicuci ya sebelum ditaruh dropbox atau dikirim ke pengelola sampah kosmetik...

Nggak sabar banget cobain semua body care ini.

Pengalaman pemakaian 

Pemakaian pertama

Body Scrub - Coffee

Bodu scrub Scarlett mengandung glutathione dan vitamin E. Keduanya bermanfaat untuk membantu mengangkat sel kulit mati, mengembalikan kelembaban kulit, mencerahkan, melancarkan peredaran darah, meregenerasi kulit setelah eksfoliasi, meningkatkan kadar hidrasi dan sarana relaksasi yang menyenangkan. 

Untuk packaging nggak beda dengan body scrub brand yang lain sih, teksturnya juga. Yang bikin beda dan berkesan itu aromanya yang mirip seperti es kopi caramel, jadi ada wangi kopi berpadu manis caramel yang yummy, nggak pure wangi kopi. Saya pernah coba beberapa body scrub lokal lain dengan varian kopi dan wanginya ya plain coffee aja. Jadi yang saya simpulkan varian body scrub baru Scarlett ini memang unik aromanya diantara varian body scrub coffee brand lokal lain.

Pemakaian pertama saya senang dengan aromanya, setelah pemakaian dan dibilas juga kulit jadi terasa lebih halus. Nah setelah pakai scrub disarankan untuk mandi pakai body washnya yang varian coffee juga.

Brightening Shower Scrub - Coffee

Shower scrub varian coffee-nya Scarlett ini aromanya lebih caramel daripada body scrubnya, aromanya manis kopi banget. Memang agak susah mendeskripsikan aroma yang kecium manis, kayak nyeberang jobdesk-nya panca indera ya, tapi memang bener itu yang saya rasakan. Jadi kesan pas mandi tuh berasa nyium aroma kafein kopi yang berpadu caramel. Sensasi yang saya rasakan ketika habis pesan es kopi karamel dan gelas kopinya sudah ada di hadapan saya sehingga aromanya nyampek ke hidung dan bikin ngiler untuk segera minum. Yah kayak gitu lah. 

Tekstur shower scrub Scarlett lembut seperti gel dengan butiran-butiran scrub warna-warni yang eye catching agak mirip glitter, warnanya transparan juga seperti gel.

Ternyata shower scrub ini mengandung vitamin E, gluthatione, beads dan collagen yang mempengaruhi tekstur dan pengalaman pemakaiannya.

Kesan pemakaian pertama saya suka banget aroma kopi di shower scrub Scarlett, relaxing dan bikin kalem setelah seharian penuh emosi urusin kerjaan. Pantas saja rekomendasinya habis pakai body scrub kudu pakai shower scrub Scarlett dengan varian yang sama. Rupanya agar lebih nampol wanginya dan untuk pengalaman mandi yang lebih maksimal karena shower scrub ini akan membantu memaksimalkan pembersihan tubuh setelah memakai body scrub, membantu mengangkat sel kulit mati, membuat kulit terasa lebih halus, mengembalikan kelembaban dan membantu mencerahkan kulit.

Shower scrub Scarlett selain terasa soft di kulit untuk ukuran shower scrub juga nggak bikin kulit saya terasa kesat dan kering setelah mandi. Tetep lembut.

Setelah mandi dengan body scrub dan shower scrub varian kopi ini sukses bikin saya order kopi dari aplikasi biar mood-nya makin happy hehe.

Fragrance Brightening Body Lotion - Jolly

Seperti yang sudah saya sampaikan kalau saya paling penasaran dengan body lotionnya Scarlett saking hitsnya dan banyak yang suka. Saat terbaik pakai body lotion adalah setelah mandi dimana biasanya setelah mandi kulit kita jadi agak kering karena sabun.

Packagingnya menurut saya keren dan fungsional, ada semacam holder yang menahan pump-nya agar tetap stay. Ini juga bikin botol si Jolly body lotion ini bakalan aman dari nyiprat dan tumpah kalau kita bawa-bawa kemana-mana. Kagum karena nggak nyangka bahwa packaging si body lotion ini bakalan dipikirin sedetail itu untuk memudahkan pengguna.

Kesan pertama pegang teksturnya jujur ngga ada yang istimewa sih, lembut dan tidak terlalu creamy. Tapi ternyata pas dipakai ngga bikin efek lengket di kulit dong, cukup nyaman dipakai untuk orang yang ngerasa kalau body lotion lengket itu ganggu dan nggak nyaman di kulit kayak saya. Apalagi tinggal di Surabaya yang hawa sehari-harinya panas, nggak enak banget kalau keringetan udah gitu body lotionnya lengket, eww. 

Yang special lagi dari body lotion Jolly ini saat pemakaian pertama, menurut saya aromanya yang menyenangkan banget dihirup. Wangi kalem yang nggak mengganggu hidung ini rupanya terinspirasi dari YSL Black Opium, hmm pantes aja wanginya nyenengin. Si adek sampe minta beberapa pump karena ikutan terkesan sama wanginya pas saya pakai.

Kandungan body lotion ini terdapat glutathione dan niacinamide yang belakangan sedang sangat diburu  karena efeknya pada kulit. Mungkin bikin teman-teman bertanya-tanya memang apa sih si glutathione ini sampai-sampai semua produk body care Scarlett mengandung glutathione?

Glutathione mengandung antioksidan kuat, mencegah kerusakan sel tubuh dan menghambat melanin. Nah kalau niacinamide berfungsi mengurangi peradangan, mengatasi jerawat, mengatasi bekas luka dan jerawat pada kulit dan mencerahkan kulit. Semuanya serba brightening untuk membantu kulit kita cerah selalu dan nggak belang-belang.

Fungsi brighteningnya ini perlu banget diingat bahwa maksudnya mencerahkan, bukan memutihkan. Standar maksimalnya adalah warna tercerah kulit alami kita. Saya senang banget produk-produk yang fungsinya brightening karena biasanya bikin kulit bersih dan cerah tanpa belang-belang karena sinar matahari. Apapun warna kulit kita akan tampak cantik kalau terawat dengan baik bukan?

Pemakaian 3 minggu

Setelah pemakaian 3 minggu berikut ini review sekaligus kesimpulan saya:

Body Scrub - Coffee

Sesuai anjuran pemakaian, saya pakai produk ini maksimal hanya 2x seminggu. 

Plus + Setelah pemakaian 3 minggu batas belang di pergelangan tangan saya cukup memudar meskipun nggak hilang. Jadi semangat sih melanjutkan pemakaian sampai habis semoga aja nggak sering malas dan kelupaan.

Minus - Jujur belum nemu sih

Brightening Shower Scrub - Coffee

Pemakaian setiap mandi sesuai saran pemakaian.

Plus + aromanya bikin mandi happy, apalagi saya suka banget aroma kopi. Beadsnya yang gemas dan teksturnya bikin pengalaman mandi jadi beda. Setelah dibilas nggak bikin kulit kesat dan kering, justru lembut banget.

Minus - aromanya cuma pas mandi aja, pas mandi udah kelar nggak kecium lagi aroma kopinya.

Fragrance Brightening Body Lotion - Jolly

Pemakaian setiap hari sehabis mandi, kadang suka lupa sih pas kelar mandi pagi karena buru-buru mau aktivitas...

Plus

+ Packagingnya sangat aman buat dibawa kemana-mana

+ Aromanya juara dan cukup tahan lama untuk ukuran body lotion

+ Nggak lengket setelah diaplikasikan di kulit

+ Bikin kulit beneran terasa stay hydrated dan lebih halus

+ Berperan serta dalam memudarnya belang batas pergelangan tangan saya, oke banget sih ini. Menurut saya scrub nggak bekerja sendiri, tapi ada peranan si body lotion ini juga. Meskipun saya jarang banget keluar rumah tapi tetap ada belang di area non aurat, makanya saya suka pakai produk yang fungsinya untuk meratakan warna kulit.

Minus

- Nggak bisa buru-buru makainya, harus sabar dioles dan diratakan karena lotionnya meskipun ringan di kulit dan nggak lengket tapi cukup creamy. Kalau buru-buru pakai lotionnya jadi ada semacam white cast gitu loh, kayak pakai bedak yang nggak rata.

Price

Body scrub 75,000

Brightening Shower Scrub 75,000

Fragrance Brightening Body Lotion 75,000

Worth the price dan bisa dibeli langsung di Shopee-nya Scarlett.

Ada yang sudah nyobain produk body care dari Scarlett juga? Kalau udah sharing dong pengalaman pemakaiannya di kotak komentar =D

No comments:

Post a Comment

Next Page Home