Wednesday, December 30, 2015

Tips Posting untuk Half Time Bloggers

Dulu sewaktu masih duduk di bangku kuliah, nggak sulit untuk saya mengatur dan menyisihkan waktu untuk blogging. Yang sulit malah mungkin di koneksinya. Diawal-awal blogging saya harus compose posting di applikasi notepad dulu terus ke warnet, zona wifi kampus atau ke warung berwifi untuk di copy-paste ke blog. Sebelum kemudian bantingan pasang wifi yang makin lama makin mahal dan makin lemot dan akhirnya saya beli modem yang alhamdulillahnya lancar banget sampai rusak sekitar dua tahun kemudian.

Setelah kerja makin lama makin sulit menyisihkan waktu untuk blogging yang nyaman dan layak, tapi saya berhasil juga nyuri-nyuri waktu akhirnya. Beberapa teman ada yang nanyain karena mereka sibuk banget dengan semua pekerjaan rutin mereka sampai nggak punya waktu update, dan saya juga nggak kalah sibuknya dari mereka tapi masih bisa posting. Oke ini tips ala saya :

1. Download aplikasi mobile blogging
Saya sih pakai aplikasi Blogger di ponsel. Aplikasi ini enaknya semudah buka medsoc lain kita bisa ngetik draft disitu, pas lagi ada ide atau pas kapanpun kita punya waktu bisa di save dulu belom di publish. Gambar bisa juga langsung dimasukkan tapi bakal agak lama loadnya yah namanya juga ponsel. Nah kalau sudah di publish kita bisa browsing via ponsel lihat tampilan posting blog kita seperti apa via browser ponsel, kalau penempatan gambar kurang pas atau apa bisa diedit dan dipost ulang via browser, bukan via applikasi.

2. Ketik Draft di email
Setting saja alamat email blog kita ini biar kalau kita kirim email ke alamat tersebut otomatis jadi update blog kita. Ini buat yang kurang nyaman download applikasi atau ponselnya kurang support ke applikasi blogger, entah karena memori terbatas atau yang lain.

Kelebihan dari pakai email ini kalau buat saya soalnya bisa otomatis save gitu dibanding aplikasi yang harus dipencet dulu tombol save-nya.

3. Ketik ide dan draft sewaktu-waktu
Saya biasanya iseng-iseng ngetik draft nggak langsung selesai, paling sekitar satu-dua paragraf setiap buka, jadi bisa sambil ngerjain yang lain. Kalau idenya kurang buat bikin postingan ya dianggurin dulu draftnya, nanti juga ketemu kok dilanjutin jadi posting yang seperti apa. Saya juga memanfaatkan jam istirahat dan overtime working (yang non tariff lembur :p hahaha) untuk finishing postingnya.

4. Sempatkan blogwalking
Blogwalking selain membalas komentar tapi juga membuat saya belajar. Iya... coba kurang enak gimana lagi kalau pengalaman yang semahal itu pahit manisnya bisa kita pahami tanpa harus menjalani sendiri. Sering saya jalan-jalan ke blog teman yang sudah mampir kesini dan kemudian bisa tahu beragam sudut pandang dari masalah yang sama.

Blogwalking adalah esensi dari blogging itu sendiri tapi makin lama makin sedikit blogger yang mengerti bahwa yang menjadikan blogging sangat istimewa adalah pertemanannya yang lebih real dan jujur dibandingkan social media. Kopdar blogger selalu lebih seru karena kita merasa sudah mengenal orang tersebut bahkan sebelum ketemu. Jadi yang biasanya cuma ngendon di blognya atau buka-buka blognya famous person, coba deh keliling blog-blog orang 'biasa', bahkan yang disampaikan seringkali lebih bisa kita petik pelajarannya :) Terus terang itu salah satu hal yang bikin saya betah di blog dibanding sosial media apapun.

Yah sebagai orang yang sudah mulai ngeblog dari jaman dulu, sempet pindah dari blog friendster, blog apa gitu, sampai akhirnya di blogspot - dulu blog pertama saya namanya apa saya lupa hehehe... blog ini dulu namanya Delicious Word, sampingan dari blog utama. Isinya dulu prosa-prosa dan puisi aja sebelum saya ngeh kalau tulisan saya banyak yang copas :D Kemudian lebih sering posting disini dan malah jadi blog utama selama 6 tahun lebih. Saya merasa dari sepanjang lebih dari 6 tahun itu, banyak hal berubah... yang paling jelas adalah teman-teman blogging yang dulunya aktif mulai berkurang postnya sampai akhirnya berhenti posting sama sekali. Yang baru bermunculan direntang tahun itu, hiatus juga.

Sekarang pada Blogger yang baru konsisten merawat halaman blognya, selamat datang dan semoga tidak bosan :))

Oh ya... untuk follback, saya biasanya selalu follback teman blogger yang kunjungan balik dan interaksinya sama saya lumayan sering. Jadi nggak usah minta di follback juga saya follback kok :)

.


12 comments:

  1. Dengan adanya smartphone, ngeblog juga jadi semakin mudah. Saya sendiri di Wordpress memakai aplikasi Wordpress for android.

    ReplyDelete
  2. Aku ga suka pake aplikasi mobile blogging, aku lebih suka buka blogger.com di browser, trus tab nya ga aku tutup. Yg aku tutup, browser nya aja, jd begitu buka lagi, tab2 itu langsung refresh sendiri.

    Kalo lewat imel juga ga bisa edit penempatan gambar, apa kekecilan atau kebesaran, center, right atau left. Trus suka kebawa iklan yang dibawah email itu loh.

    Kalo nulis draft, aku agak ga bisa nin, soale kadang bocah kalo liat emaknya sibuk nge-tab langsung mau diambilalih. Jd aku siang hari berpikir ide, malamnya baru eksekusi. Makanya banyakan posting nya pas malem tapi di schedule unt publish sebelum jam kerja. Maksudnya supaya orang2 kena macet mau ngantor sempet baca :D. Soalnya menurut survey, sebelum jam kerja itu waktu optimal diblogwalking in :p

    Huahaha non tariff lembur. I feel you, aku jg Dulu pernah begitu. Wkwkwkwk.

    Aku setuju pada paham blog walking is a must. Akupun lebih suka bw ke blog2 yg bukan celeblog, karena mereka lbh appreciate visitor yg dtg dibanding yg famous ya, apalah kita yg blogger part-time.

    Iya aku ngikutin blog dikau ini and you are more mature. Aku suka semua rangkaian kata, bahkan saat meracau. BTW buku social girlnya masih ada ga? Mau dong beli

    ReplyDelete
  3. Kalau kk biasanya nge-draft di text messages :D
    gara2 g bisa mobile blogging

    ReplyDelete
  4. Terima kasih nih mbak tipsnya , sangat bermanfaat ...
    Baca Juga postingan saya lainnya :
    Akhwat Dan Ikhwan Masuk Tentang “Mikir Cinta” Sebelum Usia 25

    ReplyDelete
  5. hahahi sama kitah. kalau pas hari kerja kadang rela ngga tidur di jam istirahat...aaakk

    ReplyDelete
  6. Dan lebih manjur kalo "udah tulis aja" buat blogger layangan sepertikuh :D

    Jadi inget waktu url blognya mb anyin masih nindalicious... eh bener apa ndak yaaa?? :D

    ReplyDelete
  7. Kalau ane pas banyak ide gitu ane post sebanyak banyak nya terus ane atur penjadwalanya gan :D biar besok besok gak keteteran ngepost.. Hehehe

    ReplyDelete
  8. Saya banget tuh, yang gak sempet ngeblog kalau kerjaan lagi numpuk...^^

    ReplyDelete
  9. Dulu aku ngeblog cuma niatnya hanya sebagai buku diare. tidak disangka, pengunjungnya sampai ribuan lebih seharinya. Malu rasanya, dengan gaya bahasa dan susunan kata yang masih acakadul, mirip anak TK yang belum bisa menulis. Dengan blogwalking ,aku jadi tahu kode-kode HTML. Sehingga sekarnag aku punya tampilan template baru. Aku lebih suka draf dengan buku kecil, masih manual. :)

    ReplyDelete
  10. Aplikasi mobile blogging... offline apa online Mbak...?
    Maklum saja pemakaian hanphone saya kurang power full... :D

    ReplyDelete
  11. wah ilmu baru lagi nih, ternyata bisa via email yaa ternyata...thanks banget, baru tau yang ini.

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...