Monday, March 28, 2016

CAT CAT COPYCAT

Belum lama ini saya memang nengokin ulang blog lama saya, saya ketemu tulisan lama yang masih disana, dulunya menang lomba giveaway tapi lupa hadiahnya kalau nggak salah buku. Saking lamanya sudah saya tulis ketika tahun 2011, pas saya masih jobseeker lugu . Err... sekarang juga jobseeker tapi nggak yang selugu waktu itu sih ;p yang mau rekrut saya bisa cek CV via Linkedin.




Iseng-iseng saya guling-guling di mesin pencari, dan nemu copy-annya.
Mau tahu siapa yang punya tulisan ini sebenarnya? Cek tanggal postingnya saja. Tulisan saya di copas, buat blog pribadi dengan tujuan menggombali cowoknya. Lengkap dengan foto berdua nan mesra. Ada komentar dari cowoknya juga, yang terharu biru karena kata-kata indah yang dirangkai dengan susah payah oleh ceweknya, dan mereka berbalas komentar mesra.
Duh bang, abang digombalin pake tulisan saya lho :D


Saya tergoda untuk menelusuri posting-posting lain di blog ini, ternyata bukan cuma ini tulisan saya yang di copas di blog ini, tapi juga tulisan-tulisan lain. Selain blog saya pun juga ada posting dari blog milik teman blog saya Icha - (http://bloomingedelweiss.blogspot.co.id/).

Kalau boleh jujur ini alasan saya mengapa jarang menulis puisi dan prosa di blog ini lagi, tidak seperti dulu saat blog ini pertama kali saya buat untuk menampung racikan kata yang membebani kepala setiap harinya. Saya memilih menulis dan menyimpan dalam draft tulisan-tulisan itu, mungkin suatu hari saya nggak akan malas untuk menjahitnya menjadi cerita seperti dulu.
Tulisan yang ada disini banyak yang saya tulis dan dedikasikan untuk sosial, atau pelajaran pribadi... salah satunya yang saya tulis dalam tag #lifelearning. Masih suka sih memenuhi halaman saya disini dengan puisi atau prosa, terkadang saja, tidak sesering dulu.

Satu sisi seringnya tulisan kita di copas membuat kita tahu bahwa tulisan kita banyak disukai, kita juga tahu bahwa tulisan di dunia maya ini begitu rawan pencurian, bahkan juga pencurian ide. Jadi kalau nggak ingin karya kita contohnya cerpen atau novel tidak diakui oleh orang lain, jangan copas lengkap sebelum publish ya.
Terinspirasi sih sah-sah saja, tapi namanya terinspirasi kan nggak plek ketiplek sama ya? Kita terlalu ngarep kalau pengin nama kita atau alamat blog kita dicantumkan di copasan sebagai sumber. Mungkin yang copas lupa atau bagaimana, bisa saja sih. Jadi cukuplah puas dengan jika yang copas mengakui kalau tulisan copasannya itu diambil dari sembarang google.

"Nulis curcol sehari-hari aja ah, pasti nggak ada yang copas,"
Eh siapa bilang? Beberapa tahun lalu ada lho orang yang copas tulisan keseharian saya yang biasa banget. Lah tapi dia jadi banyak terima pujian karena orang-orang yang datang ke blognya dan baca tulisan itu merasa dia orang yang unik dan edgy *mendadak pengin ngakak padahal cerita sehari-hari saya ala abg galau.

Yang bikin saya marah banget sama dia yang sebenarnya adalah ada satu tulisan dimana dia copas postingan saya, dengan diselipi komentar yang bikin saya gondok. Dia komentar bahwa tulisan itu diambil dari novel ecek-ecek yang nggak bakalan nampang di rak best seller toko buku. Sudah copas menghina lagi. Hih! Kalau akun instagram sudah saya report kali yah waktu itu haha.

Tapi copycat juga ada yang lucu dan bikin kita nyengir, contohnya blog yang saya tampilkan screen shoot-nya diatas. Jadi yo wes ben sakbahagiamu lah mbak ;p
Bisa macam-macam gitu ya jenis orang yang suka copas :D

Punya pengalaman soal blog yang di copy-paste juga?

.

21 comments:

  1. Hahahaha... Copy paste malah sepertinya mulai dianggap wajar dengan alasan "kalo gak mau di copy ya jangan share di socmed". Kok isi blog... Wong status di buku muka aja ada yang dicopas... Dan yang pasti yg copas tuh berteman ama aku, kan jadi lucu... :))

    ReplyDelete
  2. belum punya Nin *belum?*
    tapi, yang ini lucu banget lho :D

    ReplyDelete
  3. Huaaaa, udah copas knapa pake komen bgitu yaaa dia nind, sabar yaah, bighug dari siniii.
    Moga dia sadar yaa klo di copas tanpa ngasih sumber rasanyaaaaa :$:):728&-&!-
    Ayu yaa dari screenshotnya si embak inihhh (ngga penting komenku yg inii yaaa)

    ReplyDelete
  4. Eh, kalau kecerita harian ada yang masih copy2n juga, kebangetan Mbak #hadeuh
    mungkin ada baiknya mencantumkan sumber referensi. ah kasian si abangnya, digombalin pakai tulisan orang lain

    ReplyDelete
  5. Saya pernah. Padahal itu cuma curhatan :v Tapi kok yo ada ya yang mau copas bgitu :v

    ReplyDelete
  6. Itu gimna mba guling2 dimesin pencari? Apa sama kayak guling2 dikasur?
    Kalo saya sih blom mba

    ReplyDelete
  7. Wakakaka... bukan cuma isinya malah, senama-namanya nyaris di copy, coba bisa, pasti udah di copy jadi 2 wakakakka liat joembloku.blogspot.com, sampe About Me aja di copas wkwkwkw.. Parah, tak pikir gak due pendirian blas, gak due identitas dewek

    ReplyDelete
  8. Kalau puisi aku taruh di tumblr..jadi udahlah mungkin udah dikopi kopi

    ReplyDelete
  9. Iiihhh... kok pede banget sih tu orang *gregetan* :(

    ReplyDelete
  10. bener bgt ya dunia maya ini amat sangat rawan pencurian. blm pernah iseng nyari kalimat2 yg saya tulis di blog sih mba. merasa blognya ngga ada yg tertarik copast

    ReplyDelete
  11. sampai saat ini belum ngalamin.. dan jangan sampai terjadi. mungkin mereka para copycat kurang perhatian dari ibunya kali ya.. haha

    ReplyDelete
  12. ckckck, PD banget yah meng-copy paste tulisan orang dan mengakui sebagai tulisan sendiri?? saya ajah yang membacanya jadi gregetan Mbak Ninda :(

    ReplyDelete
  13. sabar ya kak Ninda :") memang harus hati-hati nih kalau masukin hasil karya, hehe

    ReplyDelete
  14. Jadi kangen tulisan-tulisan di label "mungkin puisi" nih :p

    ReplyDelete
  15. Bukan blog sih, Mbak. Maksudnya aku belum cek, tapi kalau buku pernah :(

    ReplyDelete
  16. Wah Mbak Nin, jadi pingin nelusurin juga apa juga ada yang copas tulisanku :/

    ReplyDelete
  17. wakakakakaka aku pernah bangetttt! cerita tentang lamaraku dicopas, cuman diganti tokoh-tokoh di dalamnya.. yaduhh. emez!

    Anyway, salam kenal :) www.pupututami.com

    ReplyDelete
  18. Soal konten blog, bbrp kali foto-fotonya beauty blogger juga dicatut tanpa izin. Dijadiin foto testimoni before after produk yg sama skali ngga dipake ^^;

    Trus yg pernah aku alami, hmm hmmm udh bukan copy-paste lg. Pernah artikelku dr tahun 2011-2014 disedot sama autoblog T.T sak tanggal publishnya persis. Dongkol bgt waktu itu, sampe speechless. Btw, copas2 gitu bisa kok direport ke Google :D

    ReplyDelete
  19. sebel banget deh mbak pokoknya sama copycat. status sosmedku juga pernah dicopas nggak pake sumber. emang sepele sih. tapi ya itu hasil pemikiran sendiri kayak nggak dihargain gitu -_-

    ReplyDelete
  20. dulu sih tulisanku yang kamus bahasa brebes dicopas. mana berseri itu tulisannya. udah ditegur kayanya nggak ada respon.

    untung tulisan di blogku selain itu nggak mutu semua, jadi semoga nggak dicopas :D

    ReplyDelete
  21. ya ampun :O
    innalillahi
    bahkan cerita kehidupan sehari-hari dicopas juga? :O

    makasih sharing dan sarannya ya mba :)

    ReplyDelete

Previous Page Next Page Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...